Jangan Asal Pilih! Antara Avanza dan Terios Ini Kekurangan dan Kelebihannya

 on Minggu, 12 Desember 2021  

 MENDING AVANZA ATAU TERIOS

INI LAH PERBANDINGANNYA


Halo balik lagi dengan dunia oto sob, banyak sekali orang yang masih bingung memilih mobil impiannya soalnya saat ini mobil sudh banyak jenisnya mulai dari MPV (Multi Purpose Vehicle) yaitu mobil yang identik sebagai mobil keluarga sob salah satunya Toyota Avanza, kemudian SUV (Sport Utility Vehicle).


Yaitu mobil yang memiliki tampang tangguh serta bisa diajak melintasi segala medan sob salah satunya Daihatsu Terios, Kemudian mobil berjenis Hatcback, City car, LCGC, dan lain sebagainya lain waktu kita bahas lebih detail perbedaannya sob.


 All New Avanza 












Toyota Avanza adalah salah satu mobil berjenis MPV yang paling laris penjualannya di Indonesia, karena mobil terkenal bandel dan handal serta irit bahan bakar serta biaya perawatannya cukup murah oleh karena itu mobil ini menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia.


Bicara soal spesifikasi mesin Toyota Avanza, ini ditenagai dua pilihan mesin bensin berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc 4 silinder dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 98 ps (1.300 cc) dan 102 ps (1.500 cc) serta torsi puncaknya mencapai 12.4 kgm (1.300 cc) dan 14 kgm (1.500cc).


Dan tersedia dengan transmisi manual dan otomatis tergantung dengan variannya sob, konsumsi bahan bakar Avanza mencapai `14.8 km perliter tapi tergantung varian mesinnya.`Avanza merupakan MPV 7 tempat duduk dengan panjang body mencapai 4.190 mm, lebar 1.660 mm, wheelbase 2.655 mm. Serta ground clearence 200 mm.


Ketangguhan mobil ini tidak perlu diragukan lagi, baik dari sisi mesin maupun platform nya. Bukti kalau mobil dengan mobil dengan ladder frame memang kuat dan panjang umurnya.


Dan All new Avanza saat ini melakukan transformasi yang sebelumnya menggunakan penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) kini menggunakan penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Dan sudah menggunakan New comfortable suspension yang mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang.


Penambahan karakteristik kecepatan damper dan spring rate membuat mobil ini menjadi jauh lebih nyaman. Dan kalian dapat merasakan stabilitas pengendalian dan kenyamanan berkendara.



Jenis/tipe Avanza


1. Avanza tipe E 1.3 M/T

Avanza tipe E adalah tipr terendah dari Avanza dan masih menggunakan transmisi manual bisa kalian dapatkan dengan harga 206 jutaan sob. Meskipun begitu tampilan dan fitur yang ada di mobil ini sudah lumayan lengkap dan sudah menggunakan head unit 7 inci yang sudah dilengkapi fitur multimedia, serta bagian eksterior terlihat mewah dengan adanya desain baru berupa New Fascinating Led Rear Combination Lamp.


2. Avanza tipe G 1.5 M/T


Avaza tipe ini satu tingkat diatas tipe E, tipe yang satu ini masih menggunakan transmisi manual, harga Avanza dengan tipe ini sendiri adalah 228 jutaan sob.


Dan hadir dengan fitur tambahan serta desain yang lebih mewah dari tipe E membuat mobil ini menjadi tipe yang paling diminati oleh konsumen.


3. Avanza tipe G 1.5 CVT TSS


Tipe ini merupakan tipe tertinggi dari Avanza pada generasi baru saat ini. Dan hal yang paling dominan tersematnya fitur TSS (Toyota Safety Sense) adalah fitur keselamatan terbaru milik Toyota.


Selain itu ditipe ini seluruh fitur tambahan yang menunjang mobilitas dan tampilan sudah terpasang untuk tipe tertinggi ini harga Toyota All new Avanza dibanderol dengan harga 264 jutaan.


All new Daihatsu Terios













Daihatsu Terios diperkenalkan hampir bersamaan dengan All new Toyota Rush yang dikembangkan menggunakan basis mesin yang sama. Maka tak heran jika body nya hampir sama persis dan juga tenaga dan torsi mobil ini persis sama dengan Toyota Rush. Harga Daihatsu Terios lebih murah sob dibandingkan dengan Toyota Rush.


All new Terios memiliki fitur sangat lengkap yang akan menjaga keselamatan semua penumpang yang ada didalam nya. Total mobil ini bisa menampung hingga 7 orang penumpang, sehingga cocok dijadikan sebagai mobil keluarga.


Daihatsu merubah seluruh tampilan pada All new Terios menjadi lebih modern dan mewah dibandingan generasi Terios sebelumnya. Dan ukuran panjang mobil ini 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm.


Sedangkan untuk jarak suhu rodanya mencapai 2.685 mm. Nah yang paling menarik, All new Terios memiliki jarak ketinggian dari tanah mencapai 220 mm, sehingga lebih kuat menerjang banjir dan melewati medan berat.


Lanjut kita bahas sektor mesin nya sob, All new Terios menggendong mesin 1.500 cc 4 silinder DOHC dual VVTI yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 104 ps pada 6.000 rpm dan torsinya mencapai 13.9 kgm pada 4.200 rpm.


Daihatsu Terios ini dilengkapi dengan kamera parkir 360 derajad dan GPS yang jarang dimiliki mobil keluarga sekelasnya. Namun perlu diketahui sob, All new Terios tersedia dalam banyak tipe yang berbeda, sehingga setiap tipe memiliki fitur berbeda-beda.


Jenis/tipe Terios 

1. Terios tipe X


Terios tipe X hadir dengan kelengkapan yang paling minim. Dilihat dari sisi eksterior dapat dicirikan dari penggunaan grille, skid plate dan velg warna hitam dan menggunakan ban berukuran 215/65 R15.


Kemudian fitur yang tersemat dibagian luar ini berupa sistem pencahayaan LED hemat daya dan menggunakan antena berbentuk sirip hiu serta lampu belakang sudah menggunakan LED. Beralih ke interior sob, AC sudah digital, MID (Multi Instrumen Display) jok masih menggunakan 2 kombinasi warna.


Kita beralih ke kabinnya sob ditunjang dengan ac double blower, head unit layar sentuh double din yang terkoneksi DVD, USB, Aux in dan radio, speaker hingga baris kedua dan charger smartphone di baris pertama. Kemudian dilengkapi 6 headrest  tersedia, dua untuk masing-masing baris.


Untuk sistem keselamatan sudah dilengkapi dendan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) untuk mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak, serta dual SRS Air Bag. Keamanan kendaraan, ditunjang lewat Immobilizer dan alarm. 

 

2. Terios tipe X Deluxe 


Untuk tipe ini hampir sama seperti tipe X yang membedakan yaitu adanya emblem bertuliskan "Deluxe" pada bagian belakang. Serta bagian knalpot terdapat aksesoris agar terlihat lebih gagah dan terdapat cover untuk ban cadangan.


Serta sektor interior terlihat sedikit perbedaan yaitu adanya konsol box pada bagian tengah. Kemudian untuk sektor hiburan disematkan head unit double din dan ditambah mirroring yang memudahkan terkoneksi dengan smartphone. Dan fitur kenyamanan semakin baik serta ditambahkan sensor untuk parkir mundur.


3. Terios tipe R

Varian tipe R ini memiliki perbedaan yang mencolok dengan tipe yang telah kita bahas tadi sob. Karena tampilannya lebih elegan karena grille dan velg berbalut krom.


Kemudian pada tipe ini sudah ada lampu kabut dengan cover krom untuk penerangan yang lebih baik serta bagian belakang juga dilengkapin aksen krom yang menambah kesan mewah dan elegan serta ukuran ban pada tipe R lebih besar yaitu menggunakan  ban 215/60 R17.


Kemudian masuk kebagian interiornya, lingkar kemudi dibalut kulit dan jok memakai kualitas kain yang diklaim lebih baik dari varian X serta tersedia lampu untuk penerangan baris kedua dan bagasi.


Fitur kenyamanan ditingkatkan lewat start stop button, audio steering switch, kaca spion lipat otomatis, ac digital, speaker hingga baris ketiga dan head unit layar sentuh double din dengan kamera parkir yang persis seperti varian X deluxe. Dihadirkan pula peredam kap mesin dan sensor parkir depan.


4. Terios tipe R Deluxe


Semua perangkat di tipe R ditambahkan aero kit depan, side stone guard ornamen dan stiker bertuliskan "Deluxe". Perbedaan di interior, semua pintu mendapat ornamen scuff plate atau  door still. Fitur istimewa khusus tipe R Deluxe yaitu kamera parkir 360 derajat.


Mending mana All new Avanza atau All new Terios

Oke sob tadi kita sudah membahas spesifikasi hingga seluruh tipe All new Avanza dan All new Terios sekarang kita akan kupas tuntas kekurangan serta kelebihannya sob.


Kekurangan All new Terios 


Mesin kurang bertenaga, pengaturan ac masih manual, belum menggunakan transmisi CVT, relatif lebih boros bbm dibandingkan All new Avanza, letak bagasi tinggi sehingga sulit memindahkan barang bawaan.


Kelebihan All new Terios


Eksterior kekinian dan lebih stylish, fitur keselamatan mempuni, memiliki berbagai tipe sehingga konsumen memiliki banyak pilihan, handling lebih baik karena menggunakan penggerak roda belakang, dealer dan bengkel resmi mudah ditemukan.



Kekurangan All new Avanza 


Lampu kabin belum LED, pilar A cukup lebar dan tebal sehingga sedikit mengganggu ketika berbelok, cup holder lipat sisi penumpang depan bukan model pop up (tekan), ruang konsol box tengah kecil, material plastik keras dan masih mengandalkan tuas rem konvesional, rem tangan masih model tarik belum ada auto hold, masih banyak tombol dummy di pengaturan ac maupun dashboard.


Kelebihan All new Avanza 


Speedometer tak lagi monoton, sudah ada spion day/night, tutup konsol box lebih panjang sebagai armrest pengemudi, kabin lebih lega dibandingkan pendahulunya, dashboard punya ruang penyimpanan terbuka tambahan.


Oke sob kita sudah membahas semuanya tentang kedua mobil ini sekarang tergantung pilihan kalian sob, tapi menurut pertimbangan dari dunia oto All new Terios lah yang patut kalian pilih.


Alasannya adalah yang pertama All new Terios memiliki ground clearence yang tinggi jika dibandingkan dengan All new Avanza dan cocokuntuk melewati segala medan terlebih lagi masih banyak daerah di Indonesia yang belum memiliki akses jalan yang layak, yang kedua desainny lebih gagah (tergantung selera), dan yang ketiga handling lebih baik karena menggunakan penggerak roda belakang tapi sedikit lebih boros bbm jika dibandingkan dengan All new Avanza.


Demikian lah pembahasan tentang mending mana All new Avanza atau All new Terios. Semoga kalian dapat terbantu untuk menentukan mobil mana yang cocok untuk kalian miliki sob, sampai ketemu dipembahasan berikutnyašŸ˜ 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme