Rekomendasi 15 Mobil Bekas Harga 30 Jutaan Terbaru, Bisa Dapat Mobil Keluarga!

 on Jumat, 03 Desember 2021  

 DAFTAR MOBIL BEKAS 30 JUTAAN REKOMENDASI TERBARU BESERTA KEKURANGAN DAN KELEBIHANNYA

Halo sob, kembali lagi dengan dunia Oto kemarin  kita sudah membahas rekomendasi mobil bekas dengan harga 50 jutaan, kali ini kita akan membahas mobil yang lebih murah sob tapi bukan murahan.

Walaupun mobil yang akan kita bahas keluaran lama tetapi masih dapat melaju di jalanan dengan sangat baik sob dan sangat cocok untuk kalian yang punya budget 30 jutaan tapi gak mau kehujanan dan kepanasan.

Tapi perlu di ingat saat membeli saat membeli mobil bekas, jangan abaikan perawatan rutin. Karena semakin tua sebuah mobil, semakin banyak perhatian yang harus kalian berikan sob.


Berikut ini daftar beserta spesifikasi mobil bekas dengan harga 30 jutaan 


1. Toyota Kijang Super




Siapa yang tidak tahu mobil legendaris yang satu ini sob. Ya ini lah si Kijang Super. Mobil ini di sebut-sebut  sebagai awal evolusi Kijang dari kendaraan  komersial menjadi kendaraan penumpang.

Toyota Kijang Super sendiri adalah generasi ketiga mobil Kijang sob. Dan mobil terkenal sebagai mobil keluarga karena kabinnya cukup luas dan dapat menampung 7 sampai 8 orang  sob.

Toyota Kijang Super ini di bekali mesin tipe 5K berkapasitas 1.486 cc, 4 silinder SOHC, Advance Super Responce Engine, OHV. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 61,5 hp pada putaran mesin 5.600 rpm.

Dan torsi maksimal 110,8 nm pada putaran mesin 2.800 rpm dan menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Dan mobil ini sudah menggunakan suspensi yang handal dan mempuni, yakni suspensi Dual Wishbone pada bagian depan dan Leaf Spring  di bagian belakang.

Sekarang kita bahas kekurangan dan kelebihannya sob.

Kekurangan : AC hanya opsional (bisa dengan ac dan tidak dengan ac), fitur keselamatan hanya ada seatbelt di kursi depan, peredaman kabin cukup buruk, dan suara mesinnya cukup berisik.

Kelebihan : Tampilannya masih sedap di pandang, mesin responsif pada putaran bawah, kabinnya luas, dan irit bahan bakar walaupun masih bermesin karburator.



2. Daihatsu Zebra




Daihatsu Zebra merupakan sakah satu mobil minibus legendaris yang masih beroperasi di jalanan dan kalian bisa lihat sendiri sob di jalanan dengan bentuk body nya yang unik pasti sangat mudah di kenali.

Daihatsu Zebra hadir sebagai mobil keluarga yang mampu mengangkut hingga 7 orang penumpang. Dan pertama kali di pasarkan oleh Daihatsu Astra Motor pada tahun 1995 dan langsung  di sambut positif oleh para konsumen di Indonesia.

Daihatsu Zebra tahun 1995 menggunakan 1.298 cc dan 1.598 cc. Kedua nya berkonfigurasi  4 silinder segaris 16 katup SOHC dan dapat mengeluarkan tenaga sebesar 76 hp pada 5.600 rpm (1,3 liter) dan 87 hp pada putaran 5.400 rpm  (1,6 liter), dan torsi maksimal masing-masing 112 nm pada 4.300 rpm dan 130 nm pada putaran 3.600 rpm.

Oke sob kita lanjut bahas kekurangan dan kelebihannya.

Kekurangan : Suspensi keras, harga jual semakin menurun, mesin kurang responsif saat di tanjakan, terkadang panas mesin masuk  ke dalam kabin sob.

Kelebihan : Kabinnya luas, harga bekas sangat murah jika di bandingkan Suzuki Carry, irit bahan bakar, dan sparepart nya murah dan mudah di dapat.


3. Honda Accord Prestige 1986




Honda Accord Prestige merupakan sedan premium tahun 1980an. Mobil ini merupakan generasi ke tiga dan terakhir dengan kode CA dan masih dikategorikan sebagai sedan kompak.

Sedangkan generasi selanjutnya sudah dikategorikan sebagai sedan mid size. Mobil ini penjualannya berada satu tingkat di atas Civic LX dan Grand Civic dengan fitur yang lebih lengkap dan kapasitas mesin yang lebih besar.

Honda Accord Prestige menggendong mesin A20A1 berkapasitas 2.000 cc 4 silinder segaris 12 katup SOHC dan masih menggunakan karburator untuk transmisi manual 5 percepatan.
Tenaga yang dapat dihasilkan mesin tersebut dapat mencapai 98 hp pada putaran 5.500 rpm dan torsi nya dapat mencapai 148 nm pada 3.500 rpm.

Untuk suspensinya menggunakan double wishbone untuk bagian depan dan belakang. Sekarang kita bahas kekurangan dan kelebihannya sob.

Kekurangan : Desainnya kaku sob, konsumsi bahan bakar terbilang cukup boros, perawatan dan pajak mahal, akselerasi lemot, karburator susah disetel dan kaki-kaki nya lemah sob.

Kelebihan : Kabin dan bagasi luas, bantingannya empuk, posisi duduk nyaman, power steering ringan, dan suara mesinnya halus sob.


4. Suzuki Baleno 1997




Suzuki Baleno merupakan mobil sedan keluaran Suzuki dan banyak digunakan pada tahun 1990an. Hingga saat ini Suzuki Baleno masih banyak diminati karena ketangguhan mesin dan kenyamanan nya saat dikendarai.

Baleno menggunakan dua tipe mesin yaitu G15B 1.500 cc dan G16B 1.600 cc. Kedua mesin tersebut sama-sama menggunakan 4 silinder dengan 16 katup SOHC. Untuk Baleno tahun 1997 yang menggunakan mesin 1.600 cc dapat mengeluarkan tenaga sebesar 99 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi nya dapat mencapai 127 nm pada 3.200 rpm.

Dan untuk Baleno yang menggunakan mesin 1.500 cc dapat mengeluarkan tenaga sebesar 103 hp dan torsi nya dapat  mencapai 128 nm. Eksterior nya terlihat sporty  sob, serta terkesan kompak dan bagian handle  pintu di balut aksen krom membuat bagian samping terkesan elegan.

Tanpa banyak omong lagi kita langsung bahas kekurangan dan kelebihannya sob.


Kekurangan : Kursi bagian belakang terlalu tegak, fitur nya masih standar sob dan limbung saat kecepatan tinggi karena suspensi belakang terlalu empuk.


Kelebihan : Harganya sangat terjangkau diantara sekelas nya, sparepart mudah dn terjangkau, dan sistem pengereman sudah menggunakan ABS sob.



5. Honda Civic LX




Honda Civic LX merupakan generasi ke empat dari keluarga Civic. Mobil ini pertama di perkenalkan di Jepang pada 1988 untuk menggantikan Honda Civic Wonder. Penjualan Honda Civic LX di posisikan berada satu tingkat dibawah Honda Accord Prestige. Tapi penjualan nya terbilang sangat singkat dimulai dari tahun 1988 sampai 1991 saja sob.

Untuk urusan mesin Civic LX dibekali mesin D15B2 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 92 hp pada putaran mesin. 6.000 rpm dan torsi nya dapat mencapai 119 nm pada 4.500 rpm. 


Oke kita lanjut bahas kekurangan dan kelebihannya sob.


Kekurangan : Body mudah keropos, part kaki-kaki lebih mahal dibanding kompetitornya, kabin belakang sempit, susah mencari unit yang masih dalam kondisi sempurna.


Kelebihan : Harga jual dan beli stabil, sparepart tergolong murah dibandingkan dengan generasi selanjutnya, fitur cukup lengkap meliputi power steering dan power window, central lock , electric mirror, perawatan mesin karburator nya mudah  sob dan banyak referensi modifikasi nya.



6. Kia Sephia (sedan timor)




Sedan Timor merupakan mobil sedan yang di produksi oleh PT Timor Putera Nasional (PTN) dan pertama di perkenalkan pada tahun 90an sob. Dan penjualannya bersaing ketat dengan kompetitornya seperti Toyota Soluna, Toyota Corolla, dan Honda City EXi.


Sedan Timor ini memiliki tiga jenis mesin yaitu DOHC injeksi, mesin SOHC yang menggunakan karburator dan injeksi. Desain mobil terlihat tidak ketinggalan zaman sob bahkan tetap keren walaupun usia nya sudah tidak lagi muda.


Mobil ini membawa mesin B5 karburator 1.500 cc 8 katup dengan 4 silinder dan sanggup menghasilkan daya sebesar 80 hp pada 5.500 rpm serta torsi nya sebesar 145 nm pada 4.400 dan menggunakan transmisi manual 5 percepatan.


Untuk varian mesin DOHC menggunakan B5DE 4 silinder 16 katup dapat menghasilkan tenaga sebesar 108 hp pada 5.500 rpm serta torsi nya dapat sebesar 145 nm pada 4.400 rpm dan menggunakan transmisi manual 5 percepatan.


Sekarang kita bahas kekurangan dan kelebihannya sob.


Kekurangan : Suspensi terlalu empuk sehingga teras limbung pada kecepatan tinggi, plat body tipis sehingga mudah penyok, peredaman kabin kurang baik, dan mudah over heat.


Kelebihan : Mesin bandel, bagasinya luas, cukup nyaman dikendarai sob, perawatan mudah, sparepart mudah didapat dan harganya murah.



7. Mitsubishi Lancer DanGan




Mitsubishi Lancer DanGan pertama kali di perkenalkan pada tahun 1988 untuk menggantikan Lancer SL. Mitsubishi Lancer DanGan sendiri memiliki 3 tipe varian mesin yaitu GLX 1.5, GTi 1.6, GTi 1.8. Mobil ini sendiri bersaing ketat dengan kompetitornya yaitu Honda Grand Civic, Mazda Trendy, dan Toyota Corolla Twincam.


Lancer DanGan mempunyai tiga jenis mesin sob. Yang pertama mesin 1.500 cc SOHC 4 silinder 12 katup dengan kode mesin 4G15(GLX 1.5) yang sanggup menghasilkan daya sebesar 74 hp pada 5.500 rpm dan torsi nya bisa mencapai 118 nm pada 3.500 rpm.


Yang kedua 4G61(GTi 1.6) injeksi 1.600 cc 4 silinder 16 katup yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 123 hp pada 6.500rpm dan torsi nya dapat mencapai 144 nm pada 4.500 rpm.


Dan yang ketiga mesin 4G61(GTi 1.8) injeksi 1.800 cc 4 silinder 16 katup yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 134 hp pada 6.500 rpm sedangkan torsi nya mencapai 162 nm pada 4.500 rpm. Dan kesemua tipe mesin tersebut menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan matic 3 percepatan sob.


Oke sob sekarang kita bahas kekurangan dan kelebihannya sob.


Kekurangan : Kaki-kaki ringkih, sparepart mahal dan lumayan sulit tapi sparepart nya awet sob, jok belakang sempit, konsumsi bbm lumayan boros, dan biaya perawatan mahal sob untuk mobil tahun 80an.


Kelebihan : Tampilan sporty walaupun mobil tahun 80an, handling diatas mobil rata-rata, mesin GTi nya sangat bertenaga, posisi mengemudi nyaman, dan memiliki banyak tipe mesin sob.




8. Peugeot 306 tahun 1997








Daritadi kita sudah membahas membahas mobil dari Jepang sob kali ini kita akan bahas salah satu mobil dari Eropa tepatnya dari Prancis. Peugeot atau orang Prancis menyebutnya "Pu-Zyo" bukan pijet ya sob hehe.


Mobil ini sangat terkenal pada tahun 2000an sob tapi sekarang sepertinya sudah tidak banyak orang yang mengetahui mobil yang satu ini. Mobil bertipe sedan ini berukuran mungil dan bia jadi pusat perhatian banyak orang sob dikarenakan bentuknya yang mungil.


Mobil ini menggunakan mesin 1.800 cc dan mampu menghasilkan tenaga maksimal 115.6 ps dan torsi nya


mencapai 158 nm yang membuat nya terasa gesit dan tangguh, tapi konsumsi oli nya terasa boros sob.


Langsung kita bahas kekurangan dan kelebihannya sob.


Kekurangan : Rem cakram depannya mahal dan cepat aus sob, body mudah berkarat dan keropos tapi untuk tahun 1997 keatas jarang ditemui hal seperti itu, harga jual kembali nya rendah, sparepart mahal dan sulit untuk ditemukan.


Kelebihan : Nyaman khas mobil buatan Eropa, jok berlapis kulit dengan kualitas tinggi, desain elegan, handling lincah karena ukurannya yang kecil sob, dan coating cat body tidak mudah tergores.


9. Toyota Soluna





Toyota Soluna sudah diperkenalkan pada tahun 1997. Mobil ini memiliki banyak keunggulan sob, seperti desain body yang tidak ketinggalan zaman, sparepart murah dan melimpah, dan pastinya irit bbm.


Toyota soluna ini sudah dibekali mesin 5A-FE 1.500 cc 4 silinder 16 katup DOHC dan dapat menghasilkan daya sebesar 93 hp pada 5.600 rpm  dan torsi nya mencapai 124 nm pada 4.800 rpm dan menggunakan transmisi manual 5 percepatan.


Langsung kita bahas kekurangan dan kelebihannya sob.


Kekurangan : Kualitas interior murahan sob, kurang stabil saat kecepatan tinggi, dan ruang kabinnya sempit sob.


Kelebihan : Mesin responsif dan tangguh, suspensi empuk, desainnya tidak ketinggalan zaman sob, dan konsumsi bbm nya irit.



10. Toyota Starlet kotak (EP70)




Starlet EP70 yang dinilai spesial karena Indonesia menjadi negara pertama selain Jepang yang memproduksi hatcback ini, mobil ini menggunakan mesin 1E-C SOHC 4 silinder 1.000 cc. Dan tenaga yang dapat di hasilkan mesin ini sebesar 55 hp dan torsinya 102 nm.


OKe sob langsung kita bahas kekurangan dan kelebihannya sob.


Kekurangan : Tenaga kecil, akselerasi loyo, kabin serta bagasi sempit, belum power steering, butuh peremajaan karena sudah lumayan tua, dan harga terbilang cukup mahal jka kondisi terawat sob.


Kelebihan : Image retro/klasik, harga jual bertahan, sparepart mudah dan murah, perawatan mesin mudah, irit bbm, dan banyak aliran modifikasi nya sob.



11. Suzuki Esteem tahun 1991 




Suzuki Esteem pertama kali diluncurkan pada tahun 1991 hingga 1996. Mobil ini merupakan sedan kompak yang murah dan irit bahan bakar sehingga cocok untuk kalian yang ingin mobil dengan ukuran yang tidak terlalu besar tapi irit bahan bakar.


Suzuki Esteem menggunakan mesin 1.300 cc 4 silinde 8 katup SOHC dengan kode mesin G13A dan sanggup menghasilkan tenaga sebesar 71 hp pada 6.000 rpm dan torsi nya mencapai 102 nm pada 4.000 rpm.


Kita lanjut bahas kekurangan dan kelebihannya sob.


Kekurangan : Desainnya kuno, kaki-kaki ringkih, tenaga nya standar sob, dan ac nya kurang dingin.


Kelebihan : Body tebal dan kuat, perawatan mudah dan murah, mesinnya bandel, sparepart melimpah, serta bbm nya irit sob.



12. Nissan Sunny tahun 1997




Nissan Sunny dijual di Indonesia antara tahun 1995 sampai 1997 untuk armada taksi. Dan kembaran nya yaitu Nissan Sentra dipakai untuk pribadi. Mobil ini menggunakan mesin 1.400 cc 4 silinder 16 katup DOHC. 

Dan mobil ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 87 hp pada 6.000 rpm dan torsi nya dapat mencapai 116 nm pada 4.000 rpm.


Langsung kita bahas kekurangan dan kelebihannya sob.


Kekurangan : Sedikit limbung karena suspensi belakang terlalu empuk, sparepart cukup sulit ditemukan sob, dan gearbox nya lumyan sering bermasalah.


Kelebihan : Mesinnya cukup bandel sob, handling cukup baik dan responsif tanpa meninggalkan kenyamanan berkendara.



13. Nissan Cefiro




Mobil dari pabrikan Nissan ini termasuk sedan premium sob dan bersaing ketat dengan Toyota Corona dan Honda Accord. Mobil ini pertama diperkenalkan pada tahun 1990 sampai 1991. Mobil ini cukup canggih sob sebagai contoh suspensi nya dilengkapi sistem sonar yang secara otomatis menyesuaikan suspensi sesuai dengan jalan yang di lalui nya.


Mobil ini masih mempertahankan layout tipe FR dimana tenaga langsung disalurkan ke roda belakang. Dan membuat mobil ini stabil pada kecepatan tinggi serta minim masalah di bandingkan dengan mobil berpenggerak roda depan.


Nissan Cefiro menggunakan mesin RP20E SOHC 6 silinder mesin tersebut dapat menghasilkan daya sebesar 130 ps pada 5.600 rpm serta torsi nya dapat mencapai 181 nm pada 4.400 rpm dan menggunakan transmisi manual 5 percepatan serta matic 4 percepatan.


Kita lanjut bahas kekurangan dan kelebihannya sob.


Kekurangan : Sparepart nya sulit sob dan mahal sob, dan sebagian part canggih nya sudah tidak berfungsi karena tidak terawat, bbm nya lumayan boros.


Kelebihan : Sistem penggerak nya jarang bermasalah sob, performa mesin baik dan bertenaga, dan pajaknya murah sob.



14. Suzuki Forza




Pada awal penjualan perdana nya Suzuki Forza hadir dalam tipe GL yang minim fitur dan dijual hingga tahun 1987. Suzuki Forza menggunakan mesin G10A 1.000 cc karburator 3 silinder dan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 46 hp pada 5.600 hp serta torsi nya mencapai 77 nm pada 3.200 rpm. Dan menggunakan transmisi manual 5 percepatan.


Langsung kita bahas kekurangan dan kelebihannya sob.


Kekurangan : Mesin loyo saat ac dinyalakan, part body mulai langka, bagasi sempit, belum power streering, dan mudah overheat saat terjebak macet.


Kelebihan : bbm nya irit sob bahkan 1 liter bisa sampai 15-18 km, perawatan mudah, dan sparepart mudah dan murah sob.



15. Kia Carnival




Kia Carnival merupakan jenis MPV keluarga, Kia Carnival diproduksi untuk menyaingi Honda Odysey yang saat itu cukup bbersaing ketat karena memang keduanya memiliki body yang bongsor dan mewah sob.


Mobil ini dibekali mesin KV6 2.500 cc V6 DOHC. dan dapat menghasilkan daya sebesar 162 hp pada 6.500 rpm serta torsi nya dapat mencapai 250 nm pada 4.500 rpm dan menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.

Oke sob kita bahas kekurangan dan kelebihannya.


Kekurangan : Peredaman kabin kurang maksimal, radius putar 13 meter karena body nya yang bongsor, mesin versi bensin nya sering mengalami masalah, dan boros bbm sob.


Kelebihan : Desain mewah dan bongsor, ac sampai baris ketiga, versi diesel lebih irit, kabin sangat luas, tenaga dan torsi besar, dan harga termurah ada di 30 jutaan sob. 





 





 

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme