Begini! Cara Tune Up Pada Toyota Avanza

 on Jumat, 28 Januari 2022  

Cara Melakukan Tune Up Pada Toyota Avanza



Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.


Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Tune up mobil adalah kegiatan perawatan yang dilakukan tidak sesering dengan servis mobil. Oleh karena itu kegiatan ini sering terlupakan oleh beberapa pengguna kendaraan roda empat.


Agar kalian mengetahui kedua jenis perawatan kendaraan ini dan tidak melewatkannya kenali pengertian dan perbedaan tune up dan servis berkala pada penjelasan ini simak baik-baik.

 

Pengertian tune up




Pengertian tune up pada mobil adalah penyetelan semua komponen mobil. Istilah ini berasal dari kata tune dan up yang artinya mengatur kembali. Karena semua mobil perlu penyetingan komponennya setelah lama digunakan.


 

Manfaat tune up pada mobil



1. Mengoptimalkan performa mesin mobil


Performa pada mesin dapat terjaga dengan baik jika rutin melakukan tune up. Selain menjaga performa mesin, tune up dapat meningkatkan tenaga yang di hasilkan oleh mesin kendaraan.


Perlu untuk diketahui, tune up ini hanya berfokus pada bagian mesin saja, seperti oli gardan, tutup distributor, oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, bukan kelistrikan, pemindahan daya, bahkan chassis kendaraan.


Dikarenakan hanya berfokus pada sektor dapur pacu, maka proses yang dilakukan harus benar-benar optimal.

 


2. Mengoptimalkan fungsi filter udara dan celah katup


Tune up pada mobil juga bermanfaat dalam memastikan komponen filter udara tetap berfungsi dengan baik. Seperti yang kita ketahui kurangnya perawatan pada filter udara dapat mengakibatkan filter udara tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.


Fiter udara yang bermasalah dapat menganggu kinerja mesin dan untuk mobil injeksi perlu dilakukan pemeriksaan dan pembersihan throttle body sebagai salah satu jenis perawatan mobil yang paling penting.


Selain filter udara, tune up juga berguna untuk pengecekan celah busi harus dibersihkan sehingga menjaga besaran api yang keluar. Interaksi busi dengan tekanan kompresi dapat menimbulkan ukuran celah busi berubah.

 


3. Memperpanjang usia pakai pada mobil


Tune up adalah solusi memperpanjang usia pakai mobil kalian. Hal ini dikarenakan tune up bisa menjaga performa mesin mobil agar seperti baru. Meski mobil kalian keluaran tahun lama, namun saat digunakan tenaganya tetap terjaga dengan baik jika rajin mengecek mesin melalui tune up

 


4. Meningkatkan kenyamanan saat berkendara


Mobil yang sering tune up sudah pasti nyaman saat dikendarai. Hal ini dikarenakan tune up memastikan performa mesinnya tetap baik. Selain nyaman mengendarai mobil yang sering di tune up terbukti aman. Bukan karena performa mesinnya saja yang baik tetapi juga tidak ada kerusakan komponen di bagian mesinnya dan pastikan bahwa mobil kalian rutin melakukan tune up agar saat berkendara kalian nyaman dan aman.



Pengertian servis berkala



Salah satu hal terpenting dalam merawat mobil adalah melakukan servis secara rutin atau servis secara berkala. Servis berkala pada umumnya dilakukan 6 bulan sekali atau kelipatan 10.000 km. 

Mengapa dilakukan maksimal 6 bulan sekali?Hal tersebut dilakukan agar mobil tetap dalam kondisi prima membuat aman dan nyaman saat dikendarai, menjaga efisiensi bahan bakar serta membuat umur kendaraan menjadi lebih panjang dan menjaga harga jual mobil kalian. 


Manfaat servis berkala pada mobil



1. Terhindar dari mogok/macet

Bagi sebagian orang mobil mogok di anggap sepele, namun jika sudah mogok pasti sangat mengesalkan. Hal ini terjadi karena beberapa fungsi komponen mobil tidak berfungsi dengan baik. 

Tapi, karena rutin melakukan servis berkala hal ini bisa dihindari.  Pengecekan elemen penting seperti oli, mesin, hingga accu (aki) tentunya dapat membuat kondisi mobil jadi lebih baik. 

Jika kalian memilih melakukan servis berkala di bengkel umum, pastikan bengkel tersebut benar-benar berkualitas. 


2. Pengeluaran lebih teratur

Ongkos atau biaya servis berkala memang tidak murah.  Hal ini kerap kali membuat pemilik mobil berfikir kembali untuk melakukan servis berkala. Tapi pada faktanya jika servis berkala tidak dilakukan justru akan membuat pengeluaran kalian bertambah. 

Pasalnya, komponen-komponen mobil bisa akan terganggu fungsinya. Jika dibiarkan terus-menerus bisa menimbulkan kerusakan yang semakin parah. Alhasil biaya pengeluaran pun semakin besar dibandingkan dengan servis berkala. 


3. Harga jual tetap tinggi

Jika suatu saat kalian ingin menjual mobil yang kalian miliki. Pemilik tidak perlu repot menentukan harga jualnya, inilah salah satu manfaat dari servis berkala. 

Karena dilakukan secara rutin pastinya keadaan komponen-komponen mobil terjaga dengan baik fungsi nya selalu dalam kondisi prima. 

Sehingga calon pembeli dapat melihat sendiri riwayat servis dan yakin akan kualitas mobil yang akan kalian jual, meskipun berstatus mobil bekas. 


4. Lebih nyaman dan aman

Keamanan dan kenyamanan tetaplah menjadi harga mati ketika sedang mengemudikan mobil. Nah, inilah manfaat dari servis berkala secara rutin.

Meski dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan, namun mengemudikan mobil tetap perlu membutuhkan rasa nyaman dan aman dari setiap komponen nya. 

Tata cara tune up pada Toyota Avanza


Inilah cara tune up pada Toyota Avanza. Sebagai pemilik mobil kalian harus tahu seluk-beluk mobil kalian sendiri. Selain penggunaannya, hal penting yang tidak boleh terlupakan adalah pemeliharaan nya. 

Jika mobil di biarkan tanpa pemeliharaan rutin, bisa dipastikan kondisi mobil tidak dalam kondisi prima dan tidak akan bertahan lama. 

Bagi kalian pemilik mobil Toyota Avanza berikut ini langkah tune up Toyota Avanza yang perlu kalian ketahui. 


1. Membersihkan filter udara



Langkah pertama adalah membuka tutup filter udara dengan cara membuka klip-klip pengikat yang ada. Jika terlalu kotor dan tidak bisa lagi dibersihkan lagi sebaiknya filter udara harus segara diganti dengan yang baru. 

Karena filter yang kotor dapat menghambat saluran dan debit udara yang masuk. Bisa mengakibatkan konsumsi bahan bakar semakin tidak ekonomis, karena mengakibatkan menginjak pedal gas semakin dalam. 


2. Membersihkan lubang throttle body



Biasanya saat tune up mobil Toyota Avanza akan terlihat jelaga hitam di seputar skep kupu-kupu nya.  Dibersihkan dengan cara di semprot dengan carburator cleaner. Guna menghilangkan jelaga yang sudah mengeras, perlu menggunakan kain yang sudah di semprot dengan carburator cleaner. 

Hasil maksimal bisa didapat dengan menggunakan engine conditioner tetapi ongkos nya sedikit lebih mahal. 


3. Mengganti atau memeriksa busi yang ada



Posisi busi terletak di tengah dan tertutup rumah saringan udara, maka harus memerlukan sedikit tenaga untuk melepas busi yang letaknya sulit. Semua baut yang mengunci rumah saringan udara tersebut perlu dibuka dengan kunci ukuran 10 mm. 

Dan terdapat tiga selang serta tiga soket sensor yang perlu di lepas, ketika melepas harap dilakukan dengan hati-hati dan waspada, begitupun saat membuka kowil. 

Kemudian pastikan kunci kontak kendaraan dalam kondisi off agar tidak ada aliran listrik. Jika sudah terlalu banyak jelaga pada ground electrode dan center electrode, lebih baik busi diganti dengan yang baru. Setelah semua proses tune up sudah dilakukan sekarang saatnya untuk merangkai dan mengetes mesin. 

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat 😁



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme