Jangan Asal! Begini Cara Melepas Dan Memasang Van Belt Toyota Avanza

 on Selasa, 18 Januari 2022  

Tutorial Cara Melepas Dan Memasang Van Belt Pada Toyota Avanza



Halo, kembali lagi di Dunia Oto seperti biasa kita akan membahas semua hal tentang otomotif kali ini yang akan kita bahas yaitu cara memasang fan belt. Fan belt merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan tanpa fan belt mesin bisa dipastikan tidak akan bekerja seperti biasa bahkan sama sekali tidak akan bekerja.


Pengertian Van Belt





Pada kendaraan bermotor khususnya mobil tentu istilah ini sudah tidak asing lagi sebab tanpa adanya komponen yang satu ini beberapa bagian kendaraan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Nah maka dari itulah fungsi van belt ini sangatlah penting sekali.


Fungsi Van Belt



Fungsi utama dari fan belt ini adalah untuk memindahkan tenaga, menggerakkan poros dari komponen seperti kompressor AC, poros alternator, waterpump dan lain sebagainya dengan jalan menghubungkan poros poros tersebut dengan sebuah tali khusus yang biasa disebut V-belt.


Perawatan Van Belt Agar Tidak Mudah Rusak



Untuk cara merawat v belt ini supaya tidak mudah rusak adalah dengan selalu memperhatikan ruang mesin, terutama mengatur kekencangan dari masing masing V belt yang ada, jangan terlalu kendor ataupun terlalu kencang.

Van belt yang kondisi nya sudah aus dan tidak segera di ganti tentunya akan beresiko menyebabkan masalah jika nantinya putus saat kendaraan sedang digunakan. 

Van belt memutar beberapa komponen salah satunya adalah alternator, sehingga jika karet van belt sudah getas atau aus dan putus maka akan berdampak pada suplai arus yang masuk ke accu (aki) atau batrai. 

Dampak van belt putus tidak hanya itu saja tapi dapat mengakibatkan panas berlebih pada mesin (overheat) karena ketika belt putus maka akan berpengaruh terhadap kerja pompa air yang berfungsi mengatur putaran air pada radiator untuk menjaga kondisi panas mesin.


Sekarang kita lanjut bagaimana cara melepas dan memasang van belt yang benar, simak baik-baik tata caranya sob. 


Cara Melepas Van Belt


1. Langkah pertama kita lepaskan filter udara terlebih dahulu kemudian lepaskan baut filter udara menggunakan kunci ukuran 12.



2. Kemudian lepas breket dan lepaskan kabel massa menggunakan kunci ukuran 10 setelah itu lepaskan filter udara. 




3. Sebelum melepas van belt perhatikan terlebih dahulu posisi putaran atau arah van belt ketika berputar agar tidak salah ketika memasang van belt. 



4. Kemudian untuk membuka van belt siapkan kunci ukuran 14 kemudian putar ke arah kiri lalu tarik/lepas van belt secara perlahan. 



Cara Memasang Van Belt


Setelah sudah mengetahui cara melepas van belt dengan benar kemudian kita pahami cara memasang van belt dengan benar simak langkah-langkah nya. 


1. Posisikan terlebih dahulu van belt seperti semula dan pastikan posisi van belt tidak keluar jalur



2. Kemudian tarik van belt sampai terasa kencang dan perhatikan posisi van belt agar tidak keluar jalur, kemudian tangan kiri tetap menahan posisi van belt agar tetap kencang dan tangan kanan menahan baut tensioner seperti kita melepas van belt tadi. 




3. Jika sudah terpasang cek kembali posisi van belt, jika dirasa sudah pas dan aman tidak ada yang keluar jalur, 



4. Kemudian pasang kembali filter udara dan kencangkan semua bautnya setelah baut terpasang semua,  hidupkan mesin dan pastikan van belt bekerja dengan baik. 


Demikian lah tutorial melepas dan melepas van belt dengan benar, sampai bertemu kembali di pembahasan lainnya. Semoga bermanfaat 😁



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme