Jangan asal pilih! Ini Tips Ganti Velg Untuk Toyota Avanza

 on Minggu, 23 Januari 2022  

 Tips Mengganti Velg Pada Toyota Avanza



Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.


Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pengertian velg




Velg merupakan bagian terpenting dari kendaraan yang sangat penting karena jika tidak ada velg maka kendaraan tidak dapat berjalan. Velg memberikan bentuk sempurna sehingga ban bagian dalam dan bagian luar dapat dipasang.

Pemilihan velg didasarkan pada kekuatannya untuk menahan beban, baik beban vertikal ataupun beban horizontal. Beban tersebut meliputi beban pengendara, pengereman, serta berbagai beban yang menumpu lainnya.

Seperti beban bodi mobil dan beban berat mesin, velg dibuat dengan konsep ringan dan seimbang untuk dapat terus menurus berputar dengan baik pada kecepatan tinggi maupun kecepatan rendah. 



Sejarah velg



Pernahkah kalian berpikir tentang darimana asal muasal velg mobil pertama kalinya ditemukan hingga menjadi komponen penggerak kendaraan yang ada pada mobil diseluruh dunia hingga saat ini? Untuk mengetahui nya simak uraian dibawah ini.


Dalam sejarah nya velg memiliki sejarah yang cukup panjang. Velg diciptakan untuk memperkuat roda dengan cara menambahkan lingkaran material kuat disekelilingnya. Dimulai pada tahun 1924 dan dikenal luas pada tahun 1980an.

Saat itu velg terbuat dari baja namun, seiring perkembangan zaman velg yang awalnya terbuat dari baja berubah menggunakan aluminium dengan campuran besi dan bahan lainnya atau yang biasa disebut dengan alloy.

Tapi tidak berhenti disitu saja, selain munculnya berbagai material velg yang berbagai macam. Velg juga dibuat dengan berbagai teknik pembuatan. Teknik pembuatan velg umumnya melalui proses forging dan casting untuk membuat velg lebih kuat dan ringan. 



Jenis velg mobil berdasarkan bahan materialnya



Berbagai jenis atau bahan material velg mobil sangat akan sangat mempengaruhi ketahanan dan berat velg tersebut. Berat akan sangat berpengaruh pada performa mobil baik handling, pengereman ataupun akselerasi.


1. Velg baja (steel)




Jenis velg ini lebih dikenal dengan sebutan velg kaleng karena bentuknya mirip dengan kaleng. Padahal velg ini berbahan perpaduan material (alloy) besi dan karbon. Tapi jenis ini velg ini merupakan velg yang paling kuat daripada velg jenis lain. Velg ini memiliki kekurangan yaitu fleksibilitasnya yang minim.



2. Velg aluminium




Velg aluminium merupakan jenis velg yang populer saat ini, yang menggantikan velg jenis aja atau velg kaleng. Velg aluminium (alloy) terdiri dari bahan aluminium, magnesium serta nikel yang memungkinkan ketahanan yang lebih kuat tetapi lebih ringan.

Velg jenis ini lebih mudah dibentuk menjadi beberapa desain. Kedua faktor tersebut ketahanan dan desain menjadikan velg ini menjadi velg yang populer.



3. Velg magnesium




Velg jenis ini berbahan utama magnesium ini merupakan jenis velg yang jarang ditemui dan tidak sepopuler jenis velg lainnya. Padahal jenis velg ini lebih kuat dan lebih ringan dibandingkan dengan velg aluminium.


Velg aluminium juga lebih kuat untuk menahan guncangan dan panas yang berasal dari proses pengereman. Lantas mengapa jenis velg ini jarang dipakai dan jarang diminati?.


Alasannya karena velg magnesium karena rentan terhadap korosi. Itulah mengapa velg magnesium jarang dipakai untuk mobil kebanyakan tapi velg magnesium banyak dipakai untuk mobil balap.



4. Velg karbon




Velg karbon merupakan kasta tertinggi dari jenis velg berdasarkan bahan pembuatannya. Carbon fiber merupakan material yang terkenal ringan tetapi sangat kuat dan seringkali dipakai untuk membuat chasis dan bodi pada supercar.

Proses pembentukan carbon fiber tidak semudah proses pembentukan logam seperti aluminium dan besi serta harganya yang sangat mahal. Carbon fiber sekarang tidak hanya di gunakan untuk pembuatan bodi dan chasis mobil tetapi juga di gunakan untuk pembuatan velg.

Pabrikan koenigsegg merupakan produsen pertama yang membuat velg carbon untuk supercarnya yaitu, Regera yang kemudian di susul oleh Ford Mustang Shelby. Untuk harga velg carbon cukup mahal seharga 206 juta rupiah.



Jenis velg mobil berdasarkan produsen/pembuat



1. Velg oem

Oem merupakan singkatan dari original equipment manufactured yang artinya part yang dibuat oleh pihak produsen mobil. Kelebihan velg oem terletak pada kekuatannya yang lebih terjamin, tapi kekurangan velg oem seringkali diperuntukkan untuk mobil produksi massalah sehingga berat dan desainnya terbatas.

Meskipun beberapa produsen mobil seperti BMW velg oem nya lebih ringan dan desainnya sporty dibandingkan dengan velg oem dari pabrikan kebanyakan.

2. Velg after market

Velg after market dibuat oleh produsen yang tak terkait dengan pabrikan resmi mobil (OEM). Serta desainnya tidak meniru velg oem tetapi memiliki desain tersendiri. Sangat banyak produsen velg after market yang sangat populer seperti Enkei, BBS dan SSR.

Sesuai dengan namanya velg replika merupakan jenis velg yang meniru velg oem ataupun after market baik dari segi desain bahkan memakai merk tiruannya dan bisa dikatakan memalsukan.

Misalnya velg merk Rota berasal dari Filipina, desainnya mirip dengan velg merk work. Sedangkan merk XXR terkenal desainnya yang menyerupai merk BBS.

Dan untuk merk palsu tidak usah di tanyakan lagi contohnya BBS palsu atau Enkei palsu. Velg dengan desain, stamp , dan canter caps dengan merk palsu. 

Kelebihan velg replika yaitu untuk segi harga jauh lebih murah dibandingkan dengan velg yang telah disebutkan tadi dan kekurangannya yaitu kualitas yang sebanding dengan harga nya.

Tetapi tetap ada velg replika yang menggunakan merk tersendiri yaitu Rota asal Filipina untuk kualitasnya lebih baik jika di bandingkan dengan velg yang benar-benar palsu.

Produsen velg after market memliki kualitas yang handal dan desainnya sangat menarik ttentu berbanding untuk soal harga. Kebanyakan di bandrol dengan harga jutaan bahkan sampai dengan puluhan juta. 


3.Velg replika



Tips untuk memilih dan mengganti velg pada Toyota Avanza



Kalian pemilik Toyota Avanza yang ingin mengganti velg standar bawaan pabrik? Sebelum kalian mengganti velg simak tipsnya berikut ini.

Toyota Avanza bawaan ppabrik dibekali velg bawaan berukuran 14×5 inci dengan offset (ET) 50 mm dengan PCD 4×114,3 mm maksudnya adalah ET 50 semakin kecil angka yang tercantum maka penampang tengah velg makin kedalam dan bibir velg lebar. Sedangkan arti PCD 4×114,3 mm adalah jumlah baut pada velg terdapat 4 buah sementara jarak antar baut adalah 114,3 mm.

Ban standar yang dipakai Toyota Avanza adalah ukuran 185/70 R14. Sebaiknya diameter velg pengganti tak lebih dari 2 inci. Artinya mobil kalian maksimal menggunakan velg ukuran 16 inci.

Hal tersebut merupakan faktor keamanan agar ban tidak mentok ke shok breker dan fender, dan agar fungsi rem tetap optimal dan outside diameter atau tinggi ban tetap sama. 

Walaupun ruang spakbor cukup sempit, Toyota Avanza masih bisa menerima velg lebar maksimal 7,5 inci. Jika kalian ingin mengganti velg ukuran 15 inci bisa memilih lebarnya 6 sampai 7 inci. 


Sementara ukuran ban menjadi 195/60R16, kalau kalian ingin velg berukuran 16 inci pilihan lebar velg antara 6 sampai 7,5 inci serta ukuran ban sama dengan velg ukuran 16 inci. 



Rekomendasi velg mobil murah dan terbaik



Salah satu bagian incaran modifikasi mobil adalah bagian velg karena beberapa orang menganggap mengganti velg dapat mengubah tampilan mobil dalam sekejap.


Sayangnya, untuk membeli velg tidak bisa dibilang mudah karena kita harus memperhitungkan merk, model, keamanan, dan pastinya harganya.


Di Indonesia ada banyak berbagai merk velg yang bisa kalian jadikan pilihan. Untuk memudahkan kalian memilih untuk memilih velg yang tepat bagi kalian. Simak rekomendasi nya berikut ini!


1. OZ racing



OZ Racing merupakan salah satu merk velg yang berasal dari Italia dan sudah beredar sejak tahun 1990an. Velg ini memiliki desain yang menarik dan juga terbuat dari bahan yang kuat. Serta harganya tak terlalu mahal yakni kisaran 3,6 juta rupiah saja.


Velg OZ racing ini juga memiliki beberapa tipe dan varian model, seperti OZ Racing Formula HLT, Superturismo GT limited edition, dan Superturismo LM limited edition.

 



2. Vossen



Merk velg vossen memiliki beberapa tipe HF, VFS, CV hingga S17. Kualitasnya sudah terjamin dan sudah melewati beberapa tahap, termasuk finishing. Ukuran yang tersedia mulai dari 19 inci sampai dengan 24 inci dan velg ini dibanderol dengan harga 6,5 jutaan rupiah

 



3. Club linea



Merk yang satu ini seringkali terlihat dipakai oleh mobil-mobil kelas premium seperti Mercedes-Benz dan BMW. Velg ini dibenderol mulai harga 5 jutaan rupiah

 



4. Borbet



Merk velg ini berasal dari Jerman, velg ini tersedia mulai dari ukuran 14 inci sampai 22 inci dan terbagi menjadi beberapa tipe yaitu sport, classic, commercial, dan premium. Harga velg ini dibanderol mulai dari harga 4,6 jutaan rupiah.

 



5. Auto speed



Velg ini memiliki desain yang terlihat kokoh sehingga cocok untuk meembuat mobil kalian tampil lebih elegan. Selain itu velg merk ini memiliki bahan kualitas terbaik dan hasil finishing yang sangat rapi. Harganya sendiri berkisar antara 5,5 jutaan saja. 


Demikian pembahasan kita mengenai tips mengganti velg pada Toyota Avanza tapi tidak hanya untuk Toyota Avanza saja melainkan tips ini juga cocok untuk mobil merk lain. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat. 😁













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme