Mudah! Seperti Ini Cara Mengganti Pompa Bensin Avanza Dan Xenia

 on Kamis, 20 Januari 2022  

Cara Mengganti Pompa Bensin Pada Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia



Fuel pump atau yang disebut juga pompa bensin adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk memompa bahan bakar kendaraan dari tangki menuju mesin. Komponen ini tentu sangat penting dalam mendukung kinerja mesin.



Jika terjadi masalah pada komponen ini, maka akan mempengaruhi kinerja dari mesin, hingga bisa mati total. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi dan ciri-ciri atau tanda pompa bensin sedang bermasalah, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 


Fungsi fuel pump (pompa bensin) pada mobil



Secara umum, fungsi fuel pump dalam sebuah kendaraan bermotor seperti motor dan mobil, yaitu untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju mesin kendaraan bermotor. Bahan bakar yang ada di tangki penampungan akan dipompa menuju ruang pembakaran.


Di dalam ruang pembakaran, bahan bakar kemudian berubah menjadi energi yang bisa membuat mesin kendaraan bermotor menyala. Meski memiliki fungsi yang sama pada semua jenis kendaraan, proses pengaliran bahan bakarnya berbeda-beda. 


Pada mesin kendaraan yang menggunakan karburator, maka proses pengalirannya yaitu bahan bakar mengalir dari tangki menuju ke karburator. Oleh karena itu, fungsi fuel pump yaitu untuk memompa bahan bakar dari tangki ke karburator.



Sedangkan untuk kendaraan yang berjenis injeksi, proses pengaliran bahan bakar yaitu dimulai dari tangki menuju injektor. Dengan demikian pompa bensin berfungsi sebagai komponen yang memompa bahan bakar dari tangki menuju injektor. 


Selain dikategorikan berdasarkan fungsinya, pompa bensin juga dibedakan berdasarkan cara kerjanya. Jenis-jenisnya yaitu pompa bensin mekanis dan pompa bensin elektrik. Pompa bensin mekanis biasanya ditemukan pada mesin diesel.


Ciri-ciri fuel pump mulai bermasalah



Untuk mengetahui ciri atau tanda fuel pump mobil kalian bermasalah memang cukup sulit. karena pompa bensin mobil tidak terhubung ke indikator check engine yang ada pada mobil.



Tetapi kalian tetap perlu mengetahui ciri-ciri fuel pump yang sedang bermasalah dengan beberapa indikator umum, untuk lebih jelasnya simak ciri-ciri berikut ini. 


1. Mesin mobil sulit menyala


Ciri yang pertama yaitu mesin mobil akan susah menyala ketika terparkir dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan oleh bahan bakar yang harusnya sudah siap, tapi tidak tersedia di jalur bahan bakar atau yang disebut jalur
fuel line


2. Mesin mobil brebet


Ciri yang kedua saat pompa bensin mobil mulai bermasalah yaitu mesin mobil brebet. Hal ini dikarenakan pompa bensin tersumbat kotoran dari tangki bensin karena kualitas bahan bakar yang buruk. Jadi mesin terasa kosong meski pedal gas sudah terinjak.


3. Sekring pada fuel pump gosong


Tanda yang selanjutnya yaitu sekring pompa bensin gosong. Penyebab gosongnya sekring ini karena tersumbat endapan kotoran, sehingga kinerja sekring lebih berat. Jika sekring gosong, maka kinerja dari pompa bensin juga tidak normal.


4. Bau mesin yang menyengat dari knalpot


Ciri yang terakhir yaitu munculnya bau bensin yang menyengat pada asap knalpot mobil. Bau menyengat ini disebabkan oleh proses pembakaran pada mesin yang kurang sempurna. Maka dari itu, perhatikan jika ada bau menyengat dari asap knalpot mobil Anda mulai sekarang. 



Selain ciri-ciri tersebut, ada cara lain untuk mengecek apakah fuel pump mobil Anda sedang bermasalah atau tidak, yaitu dengan mengecek karburator.



Cara mengecek kondisi pompa bensin (fuel pump) melalui karburator



Untuk mengetahui apakah fuel pump sedang bermasalah atau tidak, Anda bisa melakukannya dengan mengecek karburator mobil. Caranya yaitu dengan membuka karburator mobil dan menyemprotnya dengan cairan carburator cleaner.



Jika setelah disemprot
carburator cleaner dan mesin hidup sementara, maka pompa bensin sedang dalam masalah. Maksud dari mesin mobil hidup sementara ini adalah menyala sebentar. Biasanya, mesin akan mati dalam waktu singkat setelah itu, bukan menyala sempurna. 


Mesin mobil yang disemprot carburator cleaner akan menyala karena carburator cleaner mengandung bensin. Jadi jika saat disemprot carburator cleaner mesin menyala sesaat, berarti ada masalah pada bagian pompa bensin mobil Anda.



Untuk memastikan hal tersebut, lakukan hal ini secara berulang sebanyak tiga kali. Jika hasilnya masih sama, berarti dapat dipastikan pompa bensin dalam keadaan bermasalah. Namun jika ternyata saat disemprot mesin mobil menyala dalam waktu yang lama, maka ada faktor lain. 



Tips untuk mencegah fuel pump mengalami masalah



1. Jangan telat isi bahan bakar


Hal ini karena bahan bakar juga memiliki fungsi sebagai pelumas dan pendingin pompa bensin. Jadi apabila tidak ada bahan bakar, maka pompa bensin akan panas dan tidak bekerja dengan baik.



Pemilik mobil disarankan untuk segera mengisi bahan bakar ketika sisa bahan bakar hanya seperempat dari volume tangki. Hal ini untuk menjaga pompa bensin agar bisa selalu bekerja dengan baik untuk memompa kebutuhan bahan bakar pada kendaraan.




2. Menguras tangki bahan bakar secara rutin


Untuk mobil baru, lakukan pengurasan tangki bahan bakar setidaknya setelah lima tahun pemakaian. Hal ini tentu berbeda dengan mobil yang telah lama dipakai.



Untuk mobil lama, setidaknya lakukan pengurasan tangki bahan bakar setiap dua tahun sekali. Menguras tangki ini bertujuan untuk membersihkan bakteri di dasar tangki dan menghilangkan kotoran pada tangki akibat bahan bakar yang kotor.



3. Mengisi bahan bakar pada waktu yang pas


Maksudnya adalah tidak mengisi bahan bakar saat pihak SPBU sedang mengisi bunker atau saat cuaca dingin.



Hal ini karena pada saat SPBU mengisi bunker atau saat SPBU sedang ramai di siang hari, ada kemungkinan bunker SPBU tidak steril 100% dari kotoran yang mengendap pada dasar bunker. Jadi, sebaiknya isilah bahan bakar saat SPBU sedang sepi. 



3. Mengisi bahan bakar pada waktu yang pas

Maksudnya adalah tidak mengisi bahan bakar saat pihak SPBU sedang mengisi bunker atau saat cuaca dingin.


Hal ini karena pada saat SPBU mengisi bunker atau saat SPBU sedang ramai di siang hari, ada kemungkinan bunker SPBU tidak steril 100% dari kotoran yang mengendap pada dasar bunker. Jadi, sebaiknya isilah bahan bakar saat SPBU sedang sepi. 


Cara mengganti fuel pump (pompa bensin)



Langkah yang harus diperhatikan cara untuk mengganti fuel pump adalah seperti berikut ini simak baik-baik langkah nya. 


1. Langkah pertama kuras terlebih dahulu bahan bakar yang ada di dalam tangki kendaraan kalian kemudian dongkrak kendaraan kalian sampai terangkat kemudian ganjal salah satu roda menggunakan kayu. 



2. Langkah kedua lepas soket fuel pump terlebih dahulu agar saat tangki bahan bakar diturunkan kabel soket tidak terputus. 



3. Langkah selanjutnya lepas pipa pengisian bahan bakar kemudian lepas juga klem selang udara yang ada di samping pipa pengisian bahan bakar.




4. Jika sudah di lepas semua kita turunkan tangki bahan bakar secara perlahan. 



5. Kemudian kita lanjut langkah selanjutnya yaitu pelepasan fuel pump atau pompa bensin pertama lepaskan selang bahan bakar terlebih dahulu dan lepas kabel yang ada di samping selang bahan bakar tadi. 




6. Setelah sudah terlepas semua langkah selanjutnya membuka baut pada tangki bahan bakar. 



7. Kemudian tarik secara perlahan fuel pump sampai terlepas dari tangki bahan bakar. 



8. Langkah selanjutnya setelah kita melepas fuel pump yaitu kita bongkar terlebih dahulu kemudian lepaskan pin pengunci yang ada pada fuel pump dengan menggunakan obeng. 




9. Jika sudah terlepas kemudian kita ganti fuel pump dengan yang baru. Langkah selanjutnya yaitu memasang bagian-bagian pada fuel pump yang baru dan perhatikan kembali bagian yang terpasang agar berfungsi dengan baik ketika saat di gunakan. 



10. Lanjut ke langkah selanjutnya yaitu memasang fuel pump ke dalam dudukan fuel pump dan pastikan semua bagian tepat pada posisinya sambil di tekan dan di putar-putarputar-putar serta jangan lupa pasang soket dinamo nya. 




11. Kemudian pasang kembali karet penutup dinamo dan pasang juga pengunci dinamo nya sampai berbunyi "klik".




12. Langkah selanjutnya kita coba terlebih dahulu fuel pump nya menyala atau tidak sebelum kita memasang nya ke dalam tangki bahan bakar, dengan cara menghubungkan soket yang ada di fuel pump ke soket yang ada di mobil. 



13. Jika sudah di coba dan berfungsi dengan baik maka langkah selanjutnya adalah memasang kembali fuel pump kedalam tangki bahan bakar. 



14. Kemudian pasang kembali selang bahan bakar dan kabel yang ada di samping selang bahan bakar jika sudah terpasang semua kemudian pasang dan kencangkan kembali baut-baut penutup yang ada di tangki bahan bakar. 



15. Setelah sudah terpasang semua langkah berikutnya adalah memasang kembali tangki bahan bakar ke mobil. 


16. Jika tangki bahan bakar sudah terpasang kemudian kita pasang kembali selang bahan bakar ke tangki bahan bakar dan pasang kembali soket yang telah kita lepas saat melepas tangki bahan bakar tadi



Oke selesai sudah semua tahapan cara melepas dan memasang fuel pump atau pompa bensin pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. 

Cara memasang dan melepas fuel pump pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sama saja langkah-langkah nya sob. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat 😁





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme