Ternyata Mudah! Ini Lah Cara Memasang GPS Pada Toyota Avanza

 on Sabtu, 15 Januari 2022  

Cara Memasang GPS Di Mobil Avanza, Ternyata Cukup Mudah




Halo sob, balik lagi dengan dunia oto kali ini kita akan membahas cara Memasang GPS di mobil Avanza sob, sebelum kita membahas cara memasangnya kita akan membahas apa yang dimaksud GPS itu sob.


Pengertian GPS (Global positioning system)


GPS adalah sistem navigasi yang menggunakan satelit didesain agar dapat menyediakan posisi secara instan, kecepatan dan informasi waktu di hampir semua tempat di muka bumi, setiap saat dan dalam kondisi cuaca apapun. Dengan menggunakan alat ini maka dimungkinkan user dapat melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time.




Fungsi GPS (Global positioning system)


Fungsi GPS adalah untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi, sehingga dapat digunakan untuk menentukan kecepatan, arah, letak, dan waktu.
 
Di bidang transportasi fungsi GPS sangatlah penting untuk melacak kendaraan dapat digunakan untuk mendukung optimalisasi rute, efisiensi bahan bakar, keselamatan dan kepatuhan pengemudi.



Jenis-jenis GPS



1. GPS untuk sistem navigasi


Dalam kebutuhan berkendara sistem GPS pun sangat membantu, dengan adanya GPS Tracker terpasang pada kendaraan maka akan membuat perjalanan semakin nyaman karena arah dan tujuan jalan bisa diketahui setelah GPS mengirim posisi kendaraan kita yang diterjemahkan ke dalam bentuk peta digital.


2. GPS untuk sistem pelacakan kendaraan


Digunakan untuk kebutuhan sistem pelacakan yaitu alat penampil dan penerima sinyal yang berbeda lokasi. Contohnya kita bisa mengetahui lokasi kendaraan yang hilang dengan melihat titik kordinat yang dihasilkan dari alat yang terpasang dalam kendaraan tersebut, untuk melihatnya bisa melalui media smartphone atau alat-alat khusus lainnya.



3. GPS untuk militer


GPS dapat dimanfaatkan untuk mendukung sistem pertahanan militer. Lebih jauh dari itu bisa memantau pergerakan musuh saat terjadi peperangan, juga bisa menjadi penuntun arah jatuhnya bom sehingga bisa lebih tertarget.

Sekarang kita akan bahas GPS yg akan dipasang pada Toyota Avanza sob, sebelum kita bahas cara memasangnya alangkah baiknya jika kita pahami fitur-fitur terlebih dahulu. 





1. Real time tracking
Fitur ini berfungsi untuk melacak lokasi unit kendaraan secara real time kapan dan dimanapun.


2. Wire tapping

Fitur ini berfungsi untuk menyadap atau mendengar suara yang ada di sekitar unit kendaraan.


3. Relay control

Fitur ini berfungsi untuk memutus arus kelistrikan pada unit kendaraan untuk mematikan kinerja mesin.


4. SOS button

SOS button adalah tombol untuk mengirimkan pesan darurat kepada pemilik kendaraan.


5. Sabotage alert

Yaitu berupa sms peringatan apabila terjadi pemutusan daya pada alat (GPS) apabila di sabotase. 

6. Speeding alert

Merupakan sms peringatan atau pelanggaran batas kecepatan kendaraan yang telah di tentukan.



7. Setting GPS tracker

Fitur ini berfungsi untuk cut engine (mematikan/memutus daya mesin) bisa menggunakan aplikasi dan bisa juga menggunakan sms.

Oke sekarang kita akan lihat isi kelengkapan GPS ini sob.






(Kartu dijual terpisah tidak termasuk dalam paket pembelian) pastikan jika kalian membeli GPS harus membeli kartunya juga sob.



Langkah memasang GPS


1. Pertama kita pasang SIM card kedalam GPS cara nya sama seperti kita memasang SIM card pada handphone tetapi cara memasang sim card pada GPS cukup geser penutup sim card ke arah kiri saja dan langsung masukan sob.



2. Langkah selanjutnya kita buka cover atau penutup bagian bawah dibawah stir terlebih dahulu sob sebelum kita memasang langsung GPS nya supaya kita tahu kabel mana saja yang harus kita sambungkan dan yang harus kita putus karena nanti kita akan memutus kabel bensin agar fungsi cut off bekerja dengan baik yang bisa di fungsikan dari jarak jauh. 



3. Langkah selanjutnya kita akan putus kabel bensin (fuel pump) kemudian kabel fuel pump disambungkan ke kabel relay yang berwarna hijau ini sob, jadi salah satu sisi kabel fuel pump disambungkan ke kabel yang sudah di putus tadi sob.

 


4. Setelah sudah mengetahui kabel hijau akan disambungkan, sekarang tersisa 2 kabel lg sob yang berwarna kuning dan putih. Dan kabel putih merupakan kabel acc dan akan kita sambungkan ke kabel acc pada kendaraan yang ada kunci kontak kendaraan. Kemudian kabel berwarna kuning merupakan control relay dan kemudian kita sambungkan pada kabel data yang berwarna kuning juga sob.  



5. Untuk kabel yang ada di dalam mobil kita ambil soket dari flasher Kemudian kita lepas terlebih dahulu kabel dari soket kemudian kelupas kabel hijau strip hitam dan merah bintik-bintik.




6. Kemudian kita tes kabel acc on dan kabel yang selalu standby posisikan kunci starter pada posisi off kemudian tes kabel dengan menggunakan tes pen dan jika kontak pada posisi off seharusnya ada kabel yang selalu standby tanpa kontak diposisi on dan kabel yang berwarna merah harus selalu on.





7. Kemudian posisikan kunci mobil pada posisi on dan seharusnya jika kunci di posisi on kabel hijau strip hitam memiliki arus listrik positif kemudian sambungkan kabel hijau ke kabel data yang berwarna putih.





8. Langkah selanjutnya adalah menyambungkan kabel data ke kabel relay tadi kemudian sambungkan kabel relay yang ada dibawah dan sambungkan sesuai warna kabel.





9. Kemudian sambungkan kabel hijau pada relay ke kabel fuel pump yang berwarna merah dan sambungkan kabel putih ke acc, sambungkan kabel merah ke standby.

 


10. Langkah selanjutnya sambungkan soket ke unit GPS dan seharusnya unit GPS langsung menyala karena mendapat arus listrik dari accu (aki) mobil dan pastikan lampu pada GPS hidup. 



11. Pastikan lampu GPS hidup, lampu hijau kelap-kelip merupakan pertanda sinyal GSM jika lampu sudah berkedip lambat berarti sudah menerima sinyal GSM, lampu merah yang ada di tengah adalah indikator batrai jika berwarna merah berarti GPS sedang mengisi daya, jika lampu berwarna merah berkedip lambat berarti batrai dalam kondisi penuh, jika berkedip cepat batrai sudah mulai melemah. Dan lampu biru jika berkedip cepat berarti sedang menari sinyal GPS ketika lampu biru sudah tidak berkedip berarti GPS sudah mendapatkan sinyal dengan baik dan sudah dipastikan GPS sudah aktif.



12. Sekarang langkah selanjutnya adalah penyambungan kabel mikrofon dan SOS, pemasangannya cukup mudah hanya menyambungkan konektornya saja dan tidak akan tertukar karena bentuknya berbeda.



13. Langkah selanjutnya adalah hanya tinggal meletakkan posisi GPS yang kalian inginkan kemudian rapikan kabel mikrofon serta kabel SOS, jika sudah tertata dengan rapi tutup kembali cover mobil kalian sob.



 

Demikian tutorial cara pemasangan GPS pada mobil Toyota Avanza versi lawas, semoga bermanfaat sob.😁 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme