Awas Jangan Salah Pilih! Ini Perbedaan Kampas Kopling Toyota Avanza Asli Dan Palsu

 on Senin, 07 Februari 2022  

Cara Membedakan Kampas Kopling Toyota Avanza Asli Dan Palsu



Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.


Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.


Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Kampas kopling mobil



Kampas kopling menjadi salah satu komponen yang paling vital pada mobil bertransmisi manual. Kampas kopling mobil merupakan bagian yang lebih dikenal dengan clutch disc. 


Komponen mobil yang satu ini berbentuk piringan dan sangat berguna dalam pemindah daya dalam mesin mobil. 


Komponen ini sangat membantu kinerja mesin dalam mentransfer tenaga dari mesin mobil menuju transmisi mobil. 


Bagian mobil satu ini juga menjadi penunjang agar mobil dapat berjalan dalam kondisi aman dan nyaman. Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, kampas kopling juga mempunyai masa pakai. 


Ciri kampas kopling yang telah habis


Kampas kopling kerap mengalami keausan hingga terbakar karena masalah-masalah tertentu. Salah satu penyebab kampas kopling atau clutch disc aus dan terbakar adalah penggunaan dalam jangka dan pemakaian yang salah. 

Lantas bagaimana cara mengetahui ciri kampas kopling yang telah habis atau aus? Dan apa saja ciri-cirinya? Untuk mengetahui jawabannya simak penjelasan dibawah ini. 


1. Akselerasi lemah

Akselerasi lemah adalah tanda pertama kampas kopling mobil yang telah habis atau aus. Kondisi ini biasanya dapat diidentifikasi saat pengendara menginjak pedal gas mobil. 

Saat akselerasi lemah, pedal gas yang diinjak tidak menyebabkan mobil melaju kencang tetapi menimbulkan suara decitan dan raungan pada mobil. 

Melemahnya akselerasi ini dapat dikatakan juga sebagai kondisi macet sehingga mobil berhenti namun mesin tetap dalam kondisi hidup. 

Kondisi ini jika dibiarkan dapat menimbulkan kecelakaan dan membahayakan diri sendiri serta pengendara lain terlebih mobil saat melaju di jalan yang menanjak. 


2. Berbau gosong

Bau gosong yang timbul ini merupakan bentuk output dari kampas kopling yang telah hangus. Kampas kopling yang gosong bau nya akan memenuhi seluruh bagian ruang kabin. 

Bau gosong yang muncul biasanya akibat dari gesekan kampas kopling yang terlalu sering sehingga kampas kopling hangus. 

Bau ini juga dapat tercium jika kalian mengendarai mobil di area tanjakan dan turunan yang curam. 


3. Putaran mesin tinggi (RPM mesin tinggi) 

Tanda kampas kopling habis atau aus berikutnya adalah putaran mesin yang tinggi. Kondisi putaran mesin yang tinggi ini biasanya dipicu oleh keadaan akselerasi mobil yang melemah serta permukaan pada kampas cenderung licin. 

Putaran pada mesin yang di luar kondisi normal ini dapat menjadikan suhu mesin mobil meningkat drastis sehingga bisa mengakibatkan overheat. 


4. Pemindah gigi mobil terasa keras

Kondisi kakunya pemindah gigi ini biasanya dari mesin, karena transmisi gigi mobil yang terus-menerus berputar. 

Kerasnya pemindahan gigi ini dapat dirasakan meskipun mobil dalam keadaan netral. Kondisi tersebut dikarenakan transmisi giginya sulit terhubung. 

Sulit terhubungnya transmisi ini diakibatkan oleh putaran mesin dan gigi yang tidak tepat. 


5. Jarak injak pedal kopling menjadi pendek 

Indikasi habisnya kampas kopling yang terakhir adalah jarak injak pedal kopling yang pendek. Memendeknya jarak injak pedal kopling ini dikarenakan menipisnya kampas kopling. 

Biasanya pedal kopling yang pendek dapat diukur karena keberadaannya sangat jauh dari pantai mobil. Kondisi kampas kopling yang normal saat di operasikan oleh pengemudi akan membuat mobil berjalan sebagaimana mestinya. 

Apabila kondisi kampas kopling tidak normal, justru akan memicu hal sebaliknya, bahkan dapat menimbulkan kerugian baik bagi diri sendiri maupun orang lain. 


Cara membedakan kampas kopling Toyota Avanza asli dan palsu


1. Perbedaan kampas kopling Avanza asli dan palsu yang pertama adalah dari segi harga. Harga kampas kopling Avanza asli sedikit lebih mahal daripada harga kampas kopling avanza palsu. 

Harga kampas kopling Avanza asli berkisar dari 500 ribu rupiah sampai dengan kisaran harga 800 ribu rupiah. 


2. Perbedaan kampas kopling Avanza asli dan palsu yang kedua adalah kualitas. Kualitas kampas Avanza asli pastinya sangat baik sedangkan untuk kampas kopling palsu cenderung buruk. 

Fungsi kampas kopling Avanza asli akan lebih maksimal dan usia pakai nya panjang. Sedangkan fungsi kampas kopling Avanza palsu tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan banyak kendala. Bahkan kampas kopling Avanza palsu bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen Avanza kalian. 


3. Perbedaan ketiga yaitu umur kampas kopling Avanza asli lebih awet dan tahan lama. Sedangkan kampas kopling Avanza palsu umurnya tidak tahan lama dan pemakaiannya tidak awet. Terbukti bahwa durabilitas kampas Avanza asli terjamin dan awet. 


4. Perbedaan kampas kopling Avanza asli dan palsu yang keempat adalah garansi. Kampas kopling Avanza asli biasanya bergaransi sedangkan kampas Avanza palsu bisa dipastikan tidak bergaransi. 


5. Perbedaan kampas kopling Avanza asli dan palsu yang kelima adalah kondisi fisik. Kondisi fisik kampas kopling Avanza asli harus sesuai jika tidak bisa dipastikan itu salah satu ciri kampas kopling Avanza palsu. 


6. Perbedaan kampas kopling Avanza asli dan palsu yang keenam adalah bahan. Bahan kampas kopling Avanza asli berbeda dengan kampas kopling Avanza palsu. Biasanya kampas kopling Avanza palsu hanya menggunakan bahan dari besi biasa. 


7. Perbedaan kampas kopling Avanza asli dan palsu yang ketujuh adalah nomor seri. Nomor seri pada kampas kopling Avanza asli biasanya tercantum pada kemasan. Sedangkan pada kampas kopling Avanza palsu tidak memiliki nomor seri pada kemasannya. 


8. Perbedaan kampas kopling Avanza asli dan palsu yang kedelapan adalah kemasannya. Kemasan kampas kopling Avanza asli rapi dan tidak rusak. 

Sedangkan kemasan pada kampas kopling Avanza palsu sangat tidak rapi dan mudah rusak. Kardus kemasan kampas kopling Avanza asli terbuat dari bahan yang tebal dan halus serta warna kardus kemasan berwarna terang dan tidak kusam. 

Biasanya ada label stiker hologram pada kemasan kampas Avanza asli kemudian label stiker hologram tersebut tidak mudah lepas dan logo kampas kopling Avanza asli tercetak dengan jelas. 

Itulah perbedaan antara kampas kopling Avanza asli dan palsu. Pastikan kalian memilih kampas kopling Avanza yang asli agar kondisi mobil kalian tetap dalam keadaan yang prima serta agar terhindar dari hal yang tak di inginkan. Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme