Cara Memasang Footstep Pada Toyota Avanza, Begini Caranya!

 on Kamis, 03 Februari 2022  

Tutorial Cara Memasang Footstep Pada Toyota Avanza





Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.


Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.


Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci.


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.

 


Footstep



Tidak semua jenis atau tipe mobil memiliki footstep. Salah satu  tipe mobil yang memiliki footstep adalah SUV. Karena bebeberapa jenis mobil tersebut memiliki ground clearence yang tinggi dari permukaan tanah sehingga sulit dijangkau oleh pengendara.

Selain mempermudah pengendara masuk kedalam mobil, footstep juga berfungsi agar mobil terlihat lebih gagah baik dari sisi kanan atau sisi kiri. Selain fungsi yang telah disebutkan tadi ternyata masih ada fungsi lain footstep pada mobil. 

Yaitu melindungi bagian bodi samping kendaraan jika terjadi tabrakan atau terserempet kendaraan lain agar tidak penyok dan baret. 

Footstep atau pijakan kaki pada mobil, merupakan salah satu aksesoris yang mempunyai beberapa fungsi. Fungsi utama nya yaitu sebagai pijakan kaki untuk mempermudah pengendara masuk kedalam mobil. 



Tips memilih footstep mobil


Sebelum kalian memasang footstep alangkah baiknya memilih terlebih dahulu footstep yang akan kalian pasang pada mobil. Karena tidak semua footstep cocok dipasang untuk semua mobil. 

Footstep harus memiliki kualitas yang baik dan bahan yang kuat, misalnya bahan yang terbuat dari besi. 

Bahan dari besi memiliki struktur yang lebih kuat dibandingkan dengan bahan dari plastik atau fiber. Namun saat ini banyak ditemukan footstep yang memiliki struktur bahan kombinasi. 

Seperti rangka terbuat dari besi namun pada bagian pijakan kaki terbuat dari bahan plastik maupun fiber. Mengapa demikian? 

Karena para produsen footstep tidak hanya untuk mempermudah pemilik mobil, melainkan juga mementingkan estetika penampilan kendaraan. Dari kombinasi bahan tersebut menghasilkan tampilan mobil yang  tampak kokoh dan gagah. 


Perawatan footstep mobil


Jika rangka footstep terbuat dari besi, alangkah baiknya perawatan pada footstep di semprot dengan cairan anti karat agar terhindar dari karat dan keropos. 

Kemudian untuk bagian pijakan kakinya yang terbuat dari bahan plastik, sebaiknya dilakukan perawatan rutin dengan cara mencuci bagian tersebut jika terkena kotoran atau lumpur. 

Apabila sudah dicuci bersih kemudian keringkan dengan kain lap, agar tampilan footstep lebih menarik kalian dapat menggunakan cairan pembersih dan pengkilap. 


Pemasangan footstep pada mobil


Footstep yang telah kalian beli sebelumnya sudah termasuk dengan braket dan buatnya jadi kita hanya perlu memasangkannya satu persatu. Untuk cara pemasangannya silahkan simak langkah-langkah nya dibawah ini. 

1. Langkah pertama masukan baut berbentuk "U" kedalam lubang yang ada dibagian bawah pintu mobil kalian kemudian pasang breket pada baut yang berbentuk "U" tadi kemudian masukan baut pengunci breket tersebut




2. Kemudian setelah langkah nomor satu sudah selesai lanjut ke langkah berikutnya yaitu pemasangan breket pada bagian tengah mobil langkah nomor satu adalah pemasangan breket pada bagian belakang mobil. Masukan baut kedalam breket kemudian masukan baut tersebut ke lubang bagian tengah mobil kalian serta kencangkan dengan menggunakan kunci ukuran 17.



3. Langkah berikutnya yaitu pasang besi penyangga breket kemudian hubungan besi penyangga tersebut ke lubang yang ada di chasis mobil kalian dan kencangkan dengan baut seperti langkah sebelumnya




4. Lanjut ke langkah berikutnya pemasangan breket pada bagian depan mobil, langkahnya hampir sama seperti pemasangan breket footstep pada bagian tengah dan belakang tadi. Pemasangan breket pada bagian depan mobil juga membutuhkan besi penyangga yang dihubungkan ke lubang yang terdapat pada chasis.


5. Setelah sudah terpasang semua langkah selanjutnya yaitu kita lanjut ke pemasangan footstep. Sebelum memasang footstep ke breket lepas semua baut yang terdapat pada bagian belakang footstep. 

6. Kemudian pasangan footstep ke breket dan pastikan baut masuk ke dalam breket. Setelah footstep terpasang pada bagian samping mobil kalian, jangan lupa kencangkan baut yang ada pada bagian bawah footstep. 



Selesai sudah cara pemasangan footstep pada Toyota Avanza. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terimakasih 😁



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme