Mudah! Begini Cara Mengganti Foglamp Toyota Avanza

 on Selasa, 15 Februari 2022  

Cara Mengganti Foglamp Toyota Avanza


Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Foglamp (Lampu kabut) 



Sesuai dengan namanya, foglamp mobil adalah lampu kabut yang ada di depan mobil. Kegunaannya untuk membantu pengemudi untuk memberikan pencahayaan dan memecah kabut atau hujan lebat di depan mobil.


Biasanya foglamp mobil memiliki jangkauan sekitar 10 meter serta pancaran cahayanya menyebar. Foglamp mobil efektif untuk membantu pengelihatan jarak dekat sehingga kalian bisa lebih waspada pada kondisi jalan, seperti berlubang, bahu atau marka jalan.


Dengan begitu foglamp mobil ini bisa disebut sebagai fitur keselamatan dalam sebuah mobil. Kemudian, foglamp juga biasanya diletakan di bawah, guna mencegah agar pengendara lain yang berpapasan tidak silau.


Oleh sebab itu, maksimalkan fungsi foglamp mobil dengan menghidupkannya saat dibutuhkan.


Perbedaan Foglamp dengan Headlamp


Masih banyak orang yang kurang paham kegunaan foglamp. Beberapa bahkan tidak menggunakannya karena merasa fungsi foglamp sama seperti headlamp. Namun perlu dipahami baik foglamp atau headlamp memiliki fungsi yang berbeda. 


Foglamp mobil hanya dinyalakan pada saat cuaca berkabut atau hujan deras. Karena sorotan foglamp mobil lebih fokus ke satu arah untuk dapat menembus kabut atau hujan deras. Sementara sorotan headlamp lebih menyebar yang berfungsi sebagai penerang utama jalan.


Namun karena kurangnya pemahaman pada sebagian orang, sering kali mereka menyalakan foglamp mobil bersamaan dengan lampu utama daytime running light (DRL). Hal itu selain berbahaya untuk pengendara yang berlawanan arah karena silau, aki (accu) mobil menjadi lebih boros.


DRL sendiri merupakan fitur penunjang keselamatan berkendara pada lampu utama yang pada awalnya diterapkan pada mobil-mobil Eropa dan Amerika. Sementara, headlamp lebih ke sistem pencahayaan lampu utama. 


Jenis headlamp ada banyak yaitu bohlam, halogen, High Intensity Discharge (HID) dan LED (Light Emitting Diodes). Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak penjelasannya pada artikel lain di blog ini.


Jangan Asal Menghidupkan Foglamp


Foglamp kini sudah banyak pada mobil-mobil keluaran terbaru. Hal ini terkadang kurang dipahami sebagian pemilik mobil dan bisa menjadi masalah. Para pemilik mobil tersebut masih banyak yang belum memahami fungsi dan kegunaan foglamp.


Pasti kalian pernah menemui pengendara mobil yang menghidupkan foglamp pada malam hari, padahal hal ini salah kaprah. Beberapa belum paham bahwa menyalakan foglamp sebaiknya dalam kondisi cuaca yang berkabut atau saat terjadi hujan lebat.


Jika dinyalakan secara sesuka hati atau dinyalakan secara asal dampaknya akan mencelakai pengendara lain. Karena sorot foglamp dapat membuat silau pengendara lain yang berpapasan dengan kalian.


Untuk itu ada baiknya kalian memahami kegunaan yang benar fungsi foglamp. Lampu kabut ini bukan hanya sekedar aksesoris pada mobil saja melainkan mempunyai fungsi tersendiri. 


Namun bagi kalian yang tidak memiliki foglamp mobil, sebaiknya memasang foglamp dari aksesoris resmi pabrikan mobil. 


Hal ini tentunya untuk mencegah pemasangan yang tidak presisi, atau malah mengganggu pengendara dari lain yang berpapasan dengan kalian karena sorot lampu kabut terlalu tajam.




Jenis fog lamp berdasarkan warna cahaya yang di pancarkan


Sama seperti headlamp, ternyata foglamp juga memiliki beberapa jenis. Salah satunya jenis cahaya yang dipancarkan. Foglamp ada yang berjenis memancarkan cahaya putih, dan ada juga foglamp yang memancarkan cahaya kuning.


Keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Lantas apa saja apa saja kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jenis foglamp tersebut? Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.


1. Foglamp yang memancarkan cahaya putih


Kelebihan foglamp yang berwarna putih adalah memancarkan cahaya yang lebih kuat. Tetapi kekurangannya jika dihadapkan pada kondisi cuaca hujan lebat, berkabut tebal, dan salju. Cahaya putih sulit untuk diterima oleh pengelihatan manusia sehingga malah menyilaukan pandangan kita.
 


2. Foglamp yang memancarkan cahaya kuning


Foglamp berwarna kuning lebih bisa diterima oleh pengelihatan manusia sehingga sangat berguna untuk visibilitas pengendara terutama saat cuaca sedang hujan lebat, berkabut tebal, bahkan bersalju. Tapi kekurangan foglamp jenis ini adalah cahaya yang dipancarkan tidak sekuat foglamp yang memancarkan cahaya putih. 




Tips Memilih Foglamp


Jika kalian sudah memahami fungsi dan kegunaan foglamp. Bagi kalian yang ingin membeli dan memasang foglamp berikut ada beberapa tips yang perlu kalian pahami sebelum membeli foglamp.  


Pilih kualitas yang terbaik


Foglamp yang memiliki kualitas terbaik tentunya harus sudah memiliki sertifikat ISO sebagai penjamin mutunya. Kemudian selain ISO juga foglamp berkualitas biasanya mempunyai E-mark. 


Tentu akan banyak manfaatnya jika kalian memilih foglamp dengan kualitas terbaik. Selain itu pastinya foglamp akan awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak


Memilih foglamp berkualitas juga jadi salah satu upaya dalam menghemat budget, sehingga tidak perlu mengeluarkan ongkos tambahan untuk biaya servis lampu mobil kalian atau membeli foglamp lagi karena tidak tahan lama. 


Pilih Yang Mudah Dipasang


Selanjutnya, untuk memilih foglamp yang terbaik pilihlah yang mudah untuk dipasang. Hal ini akan memudahkan kalian jika terjadi kerusakan pada foglamp mobil kalian ketika menggantinya. 


Jika kalian memilih foglamp yang mudah dipasang.Maka akan mudah kalian pasang sendiri dirumah tanpa harus ke bengkel. Selain itu, pilih foglamp yang hadir dalam satu set komplit dengan kabel, baut, switch, dan relay. 


Kedua hal ini tentunya memiliki kelebihan dalam hal menghemat biaya. Oleh karena itu sebelum membeli foglamp pastikan kalian pilih yang mudah dipasang serta dijual dengan komplit. 


Pilih Foglamp Yang Tahan Air


Selain harus memilih foglamp yang mudah dipasang, pilih juga foglamp yang kuat dan tahan air. Hal ini karena foglamp digunakan saat kondisi hujan lebat untuk membantu penerangan dan visibilitas pengendara. 


Karena hal itulah kalian harus memilih foglamp yang tahan air. Sehingga saat digunakan foglamp tidak kemasukan air yang biasanya menjadi penyebab foglamp mobil mati. 


Cara Mengganti Foglamp Pada Toyota Avanza


Untuk mengganti foglamp pada Avanza ada 2 cara yang dapat kalian pilih. Cara pertama yaitu melepas bohlam foglamp melalui depan ban atau kolong fender dan cara lainnya yaitu dari atas atau melalui kap mesin.


Cara 1 (Melalui depan ban atau kolong fender)



Buka inner fendernya atau plastik yang ada diatas ban, dengan cara melepas beberapa penguncinya. Lepas bagian depannya saja atau dibelakang rumah foglamp saja.


Langkah selanjutnya tarik inner fender agar terlihat rumah foglampnya. Lalu putar bohlam foglamp ke arah kiri agar bohlam terlepas dari rumah foglamp. Kumudian tarik bohlam dari rumahnya.


Lalu lepaskan bohlam dengan melepas pengaitnya, kemudian ganti bohlam foglamp dengan yang baru. Setelah itu pasang kembali dengan cara kebalikan dari langkah membukanya tadi.



Cara 2 (Melalui atas kap mesin)




Buka kap mesin kalian kemudian dan tahan  dengan pengait yang ada pada kap mesin. Kemudian raih dengan tangan dibagian bohlam foglamp nya. Setelah itu, putar berlawanan dengan arah jarum jam untuk membukanya.


Kemudian tarik dan angkat bohlam foglamp lalu lepaskan kunci pengaitnya dan ganti dengan bohlam foglamp dengan yang baru. Setelah itu pasang pasang kembali dengan cara kebalikan dari langkah membukanya tadi.



Oke begitu cara mengganti foglamp pada Toyota Avanza dan cara ini bisa juga untuk Daihatsu Xenia. Untuk Avanza dan Xenia tipe lama (2004-2011) menggunakan kode soket H11. Dan untuk All new Avanza dan Xenia (2012-2015) menggunakan kode soket H16.


Jika salah kode, soket tidak masuk. Perhatikan juga dalam memilih watt bohlam foglamp, ada beberapa macam besaran watt yang terdapat di pasaran. Diantaranya 19W, 35W, 55W, dan 100W.


Range aman ada dibawah 50W. Jika watt lampu terlalu besar dari spesifikasi normal bisa membahayakan dan bisa membuat kaca lampu foglamp meleleh. Oleh karena itu, berhati-hati lah dalam memilih watt untuk foglamp mobil kalian.


Demikian tutorial cara mengganti foglamp pada Avanza. Cara ini juga bisa untuk Xenia.


Semoga bermanfaat.




  










 






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme