Mudah! Ini Cara Mengganti Wiper Pada Toyota Avanza

 on Selasa, 22 Februari 2022  

Cara Mengganti Wiper Pada Toyota Avanza/Daihatsu Xenia



Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Apa Itu Wiper?



W
iper adalah sebuah mekanisme dalam sebuah kendaraan yang berfungsi untuk mengusap kaca depan dan membersihkannya dari air atau embun yang dapat mengganggu pandangan kalian.


Wiper mobil mempunyai komponen yang saling berhubungan diantaranya, baterai, fuse, relay, kabel penghubung, dan saklar kombinasi. Komponen ini sangat penting terutama saat kalian berkendara saat cuaca hujan atau saat berembun dan berkabut.


Dengan adanya wiper, pengendara bisa melihat jalan dengan jelas. Sehingga memberikan kenyamanan selama berkendara. Sekaligus meningkatkan keamanan mobil dari kondisi jalan dan sekitar yang membahayakan.


Selain fungsi yang telah disebutkan tadi wiper juga berfungsi untuk menjaga tampilan mobil  untuk tetap bersih, menarik, dan siap digunakan.


Kenali Komponen Wiper Beserta Fungsinya


Ternyata wiper mobil memiliki banyak komponen, serta komponen tersebut mempunyai fungsinya tersendiri. Lantas apa saja komponen pada wiper dan apa saja fungsinya? Untuk memahami komponen dan fungsi wiper silahkan simak penjelasannya berikut ini.


1. Wiper blade


Komponen wiper blade ini berfungsi untuk menyapu atau menebas air yang menempel pada kaca mobil. Sehingga pandangan kalian lebih jelas dan aman saat hujan atau saat cuaca berembun dab berkabut tebal.


Dalam wiper blade ini terdapat pula dua bagian yang sangat penting karet dan frame. Karet berfungsi membersihkan embun dan air yang menempel pada kaca. Sedangkan frame berfungsi sebagai tempat melekatnya karet atau rangka wiper. 


Saat mengusap air pada permukaan kaca, wiper  akan bolak-balik secara teratur dengan karet elastis pada frame tersebut.


2. Wiper arm 


Wiper mobil terbaik pasti memiliki wiper arm yang merupakan bagian yang ada dibawah wiper blade. Komponen ini berfungsi sebagai lengan yang menghubungkan bagian penggerak wiper dengan wiper blade. Sehingga frame karet dapat bergerak secara dinamis saat membersihkan air pada kaca mobil.


Komponen ini juga berfungsi untuk memastikan wiper blade menempel dengan baik pada kaca mobil kalian. Dalam komponen ini terdapat pegas yang digunakan untuk memberikan tekanan pada wiper blade. Sehingga proses pembersihan air lebih merata dan menyeluruh.


3. Wiper link mechanism 


Wiper juga membutuhkan mekanisme penggerak untuk mengubah gerakan bolak-balik. Dengan komponen ini, wiper bisa bekerja secara maksimal dan mendukung bagian di atasnya yaitu wiper blade dan wiper arm. Dalam komponen ini terdapat beberapa bagian yaitu :


a. Connecting rod

Bagian ini berfungsi untuk menghubungkan gerakan ke lengan wiper yang berasal dari crank rod. 


b. Crank rod

Crank rod merupakan bagian wiper yang berfungsi untuk mengubah gerakan putaran menjadi gerakan bolak-balik.


c. Wiper short arm

Short arm merupakan bagian lengan wiper yang pendek dalam mekanisme wiper. Dimana pada ujung lengan tersebut terdapat baut dan di ujung yang lain terdapat engsel.


d. Pivot arm

Bagian ini berfungsi sebagai poros lengan wiper sehingga, komponen lain bisa bergerak bolak-balik dan teratur.


e. Wiper link

Wiper link merupakan batang yang menghubungkan lengan pendek kanan dan kiri agar wiper bisa bergerak dengan bersama.


4. Wiper motor


Komponen ini berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Sehingga dari komponen ini sumber tenaga wiper muncul dan bekerja dengan maksimal. Wiper menggunakan motor listrik DC dengan mekanisme reduksi putaran motor yang sedikit berbeda.


Pada poros wiper terdapat worm gear yang berfungsi untuk mereduksi putaran motor agar lebih lambat. Dengan adanya komponen tersebut, wiper akan bergerak tidak terlalu cepat meski mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Karena reduksi putaran menggerakkan lengan wiper dengan teratur dan tidak terpengaruh oleh kecepatan mobil.


5. Wiper electricity control


Komponen ini merupakan komponen kelistrikan pada wiper. Tanpa adanya rangkaian listrik, wiper tidak akan bekerja dengan baik bahkan tidak bisa digunakan sama sekali atau mati. Karena energi yang digunakan mengubah energi listrik menjadi energi gerak.


Cara Mengganti Wiper Lama Dengan Yang Baru 


1. Langkah pertama naik kan lengan wiper ke atas kemudian lepas wiper dengan cara  menekan bagian belakang yang terdapat pada wiper kemudian lepas wiper yang akan kalian ganti.




2. Kemudian perhatikan saat kalian menurunkan lengan wiper jangan terlalu keras karena bisa mengakibatkan kaca mobil kalian retak bahkan pecah dan sebaiknya beri pelapis agar kaca mobil kalian tidak tergores.




3. Langkah selanjutnya yaitu pemasangan wiper, cara pemasangan nya cukup mudah hampir sama dengan cara melepasnya. Cara pemasangan nya yaitu kaitkan wiper yang baru ke lengan wiper yang berbentuk seperti kail pancing lalu tarik keatas sampai berbunyi "klik". 




4. Lakukan cara yang sama ke wiper mobil kalian yang belum diganti dengan yang baru. Tapi perlu diingat sebelum mengganti wiper pastikan terlebih dahulu ukuran wiper yang akan kalian ganti ukurannya sama dengan wiper lama mobil kalian.



Mudah bukan? cara mengganti wiper pada Toyota Avanza bisa kalian lakukan sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel dan mengeluarkan budget lebih. Dan tentunya menghemat pengeluaran kalian.


Setelah mengetahui cara mengganti wiper mobil, pasti kalian perlu tahu cara merawat wiper mobil kalian agar awet serta selalu berfungsi secara maksimal saat digunakan. Lantas bagaimana cara merawat wiper agar awet serta berfungsi secara maksimal? Untuk mengetahui caranya silahkan simak penjelasannya berikut ini.


Cara Merawat Wiper Mobil Agar Selalu Optimal


1. Jauhkan dari terik matahari


Matahari adalah penyebab menurunnya elastisitas karet wiper mobil. Paparan sinar matahari yang secara terus menerus akan menjadikan karet wiper mengeras. Alhasil wiper kurang optimal saat menyapu air saat kondisi hujan dan bisa mengakibatkan kaca mobil kalian tergores dan membuat tampilan kaca mobil menjadi tidak menarik.


2. Angkat wiper dari kaca mobil jika terpaksa parkir dalam keadaan yang lama dibawah terik matahari


Jika mobil kalian harus parkir diluar ruangan dan terpapar sinar matahari, maka sebaiknya wiper di angkat dari kaca depan mobil. Hal ini bertujuan agar karet wiper tidak dalam kondisi setres karena terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama sehingga karet wiper tidak mengeras dan cepat rusak.


3. Isi ulang cairan wiper secara rutin


Cairan wiper mempunyai komposisi kimia sedemikian rupa agar bisa membersihkan kaca dengan maksimal. Sebaiknya tabung reservoir air wiper selalu dicek dan diisi cairan wipernya agar wiper selalu dalam keadaan yang optimal.


4. Membersihkan wiper dengan sabun 


Karet wiper biasanya akan kotor karena menyapu segala jenis kotoran yang ada pada kaca mobil. Sehingga perlu dibersihkan dengan cara mengelap wiper menggunakan air yang dicampur sabun. Agar lebih optimal, gunakan air hangat untuk membersihkan sekaligus melembutkan karet wiper.


Sekian penjelasan mengenai wiper kali ini, semoga bermanfaat.  





   

    




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme