Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Toyota Avanza Dan Toyota Veloz

 on Kamis, 17 Februari 2022  

 Perbedaan Toyota Avanza Dan Toyota Veloz



Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Beda Toyota Avanza Dan Toyota Veloz Terbaru


Eksterior Toyota Avanza

Interior Toyota Avanza



Eksterior Toyota Veloz


Interior Toyota Veloz





All new Toyota Avanza telah resmi meluncur pada tanggal 10 November 2021. Saudaranya, All new Toyota Veloz juga meluncur pada tanggal yang sama. Meskipun mirip, segmentasi dan target pasar keduanya berbeda. Pabrikan sudah memisahkannya menjadi dua identitas yang berbeda.


Pada Toyota Veloz sudah tidak ada lagi embel-embel Avanza. Juga produksinya sudah tak lagi sama, Avanza tetap diproduksi oleh Daihatsu sedangkan Veloz diproduksi oleh Toyota.


Maka dari itu pabrikan membuat dua mobil itu memiliki perbedaan yang signifikan diantara keduanya. satu model tetap mempertahankan konsep sebagai Low MPV, sedangkan yang satunya lagi dibuat berpenampilan crossover tapi tetap masuk sebagai mobil multiguna. 


Jika melihat dari bentuk bodi nya, maka khusus untuk Toyota Veloz terbaru bukan lagi mencerminkan kesan sporty, melainkan sangat kental mencerminkan DNA crossover. Tampak dari penggunaan roof rail, serta bumper baru yang dilengkapi dengan underguard silver. Secara umum dibuat lebih mewah seperti corolla cross.


Adapun untuk All new Avanza terbaru ini memadukan kesan elegan, dan minimalis namun tetap memiliki kesan futuristik dari desain fascia. Serta tampilannya juga lebih segar untuk dilihat. 


Untuk segi ukuran dan dimensi Toyota Avanza dan Toyota Veloz tidak terlalu memperlihatkan perbedaan yang signifikan. Keduanya memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dari model sebelumnya dengan ground clearence 205 mm.


Dari tampilan depan, keduanya memiliki tampang yang berbeda. Untuk Avanza menggunakan grill trapisium berukuran besar yang mirip dengan Toyota Raize. Sedangkan untuk Veloz lebih mirip dengan Toyota Corolla cross.


Kemudian pada sisi samping bodi kanan  dan kiri dibuat sama persis. Namun untuk ukuran kaki-kaki sedikit ada perbedaan. Untuk Avanza menggunakan velg ukuran 16 inci dan untuk Veloz sedikit lebih besar yaitu menggunakan velg ukuran 17 inci. Dan keduanya sudah menggunakan platform baru, penggerak roda depan, dan pilihan transmisi CVT.


Pada sektor interior, Avanza baru memiliki perubahan yang cukup banyak mulai dari dashboard dan juga panel instrumen baru. Selain  itu terdapart Illuminating Start/Stop Button. Untuk segi hiburan juga sudah disematkan head unit berukuran 9 inci (Avanza tipe G).


Bagian kemudi juga sudah menggunakan fitur Tilt Telescpic Steering with Audio & MID Switch  (Avanza tipe G) fungsinya untuk memudahkan pengaturan posisi pengemudi, audio, MID melalui sentuhan pada sisi setir.


Kemudian untuk segi keamanan, mobil ini sudah dibekali fitur Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist sebagai standar baru pada Toyota Avanza. Kemudian untuk sistem pengereman sudah menggunakan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic fitur Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).


Sedangkan untuk tipe tertinggi pada Toyota Avanza sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Fitur TSS pada Avanza terdiri dari, Pre-Collission Warning and  Pre-Collission Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, dan Front Departure Alert.


Sementara fitur pada Toyota Veloz, apa yang ada pada Toyota Avanza juga tersedia pada Toyota Veloz, plus tambahan wireless charger di konsol tengah sebagai fitur premium bersama dengan Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem tangan konvensional.


Untuk harganya, Toyota Avanza di banderol dengan harga mulai Rp206,2 juta sampai Rp264,4 juta rupiah. Sedangkan untuk Toyota Veloz di banderol dengan harga mulai dari Rp251,2 juta sampai Rp291,5 juta rupiah.


Spesifikasi Toyota Avanza Dan Toyota Veloz



Secara teknis spesifikasi Avanza dan Veloz terbaru menyajikan spesifikasi yang berbeda. Ubahan mendasar datang pada platform baru yang membuat dimensinya menjadi lebih besar dari model sebelumya. 


Toyota Avanza dan Toyota Veloz terbaru memiliki ukuran panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm. 


Adapun untuk model sebelumnya, panjang 4. 190mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm dan jarak sumbu roda 2.655 mm. 


Untuk sektor mesin, Toyota Avanza dan Toyota Veloz terbaru mengusung mesin 2NR-VE 1500 cc yang menghasilkan tenaga 106 ps atau 104 hp dan torsi 14 kgn atau setara dengan 137 nm. 


Untuk sektor mesin ini mengalami peningkatan yang signifika, sebelumnya 104 ps atau 102 hp dan torsi 13,9 atau setara dengan 136 nm


Sedangkan untuk Avanza yang bermesin 1 NR-VE 1.300 cc menghasilkan tenaga sebesar 98 ps atau 96 hp serta torsinya mencapai 12,4 kgm atau setara dengan 121 nm. 


Tenaga yang dihasilkan mesin baru ini juga mengalami peningkatan yang sebelumnya hanya 97 ps atau 95 hp serta torsinya mencapai 12,3 kgm atau setara dengan 120 nm


Plus Dan Minus Toyota Avanza Dan Toyota Veloz


Setelah kita membahas spesifikasi singkat Toyota Avanza dan Toyota Veloz terbaru, sekarang kita bahas kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kelebihan Avanza dan Veloz terbaru? Untuk mengetahuinya simak penjelasannya di bawah ini. 


Kelebihan Toyota Avanza Terbaru


  • Speedometer tak lagi monoton dan sudah dilengkapi MID atraktif. 
  • interior sudah menggunakan desain baru. 
  • dilengkapi cup holder disisi kanan kisi-kisi AC. 
  • sudah dilengkapi spion day/night.
  • tutup konsol boks di tengah lebih panjang dan bisa dijadikan armrest bagi pengemudi. 
  • kabin lebih luas dari generasi sebelumnya. 
  • memiliki penyimpanan terbuka di dashboard


Kekurangan Toyota Avanza Terbaru


  • Pilar A terlalu lebar dan landai sehingga menyulitkan pandangan ketika ingin berbelok. 
  • Ruang konsol boks tengah terlalu kecil. 
  • Material plastik keras (belum soft touch) dan masih menggunakan tuas rem konvensional tidak seperti Veloz. 
  • Masih banyak tombol dummy di pengaturan AC. 
  • Posisi lutut kurang nyaman karena mepet ke dashboard walaupun posisi duduk diatur rendah.


Kelebihan Toyota Veloz Terbaru

  • Speedometer layar TFT bisa di ubah desainnya sesuai keinginan kita.
  • Lampu kabin sudah LED.
  • Jok terasa lebih empuk jika dibandingkan dengan Avanza.
  • Rem parkir sudah elektrik dengan auto hold.
  • Ruang konsol boks lebih besar.
  • Cup holder model pop up dan lipat, cukup ditekan.
  • Gagang pintu bagian dalam menyerupai handle pada mobil SUV.
  • Mode berkendara eco dan sport. 


Kekurangan Toyota Veloz Terbaru


  • Tidak memiliki slot penyimpanan terbuka seperti Toyota Avanza.
  • Posisi wireless charger memakan tempat.
  • Pilar A lebar dan relatif landai mengurangi pandanga ketika berbelok.
  • Sebagai low MPV termahal belum dilengkapi cruise control.
  • Tambahan warna putih pada interior nya cepat kotor.


Oke seperti itu lah perbedaan Toyota Avanza dan Toyota Veloz terbaru. Jika kalian bertanya manakah yang lebih baik? Jawabannya pasti Toyota Veloz karena dari segi fitur lebih lengkap daripada Toyota Avanza. 


Tapi kembali lagi pada pilihan kalian mana yang cocok untuk kebutuhan dan menyesuaikan dengan dana yang kalian miliki. Oke sekian penjelasan dari Dunia Oto, Semoga bermanfaat.





 


























 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme