Ternyata Mudah! Ini Cara Memasang Talang Air Pada Toyota Avanza

 on Selasa, 01 Februari 2022  

Tutorial Cara Memasang Talang Air Pada Toyota Avanza




 

Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.


Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.


Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci.


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


 

Fungsi Talang Air



Talang air mobil saat ini banyak digunakan dengan berbagai fungsi nya. Fungsi tersebut tentu sangat bermanfaat dan tidak hanya untuk hiasan saja. Door visor atau yang lebih kita kenal dengan talang air pada mobil memiliki banyak fungsi penting.


Mungkin bagi sebagian orang mengira bahwa fungsi talang air hanya sebagai hiasan atau hanya sebagai aksesoris tambahan saja. Lalu tahukah kalian letak dimana talang air itu?


Letaknya berada dibagian atas jendela yang kemudian direkatkan dengan bracket yang ada diatas pintu mobil. Pemasangan talang air ini termasuk dalam standar pembuatan mobil karena fungsinya. 


Keberadaannya pun menjadi suatu keharusan dalam sebuah mobil. Lantas apa saja fungsi talang air atau door visor pada mobil? UUntuk mengetahui jawabannya simak penjelasannya berikut ini.


 

Daftar Fungsi Talang Air Pada Mobil


1. Mencegah air hujan masuk ke dalam kabin


Talang air pada mobil sangat berguna untuk mobil yang kalian miliki, terutama saat musim hujan. Talang air dapat mencegah masuknya air hujan ke dalam kabin untuk sementara waktu. Hal ini sangat berguna saat kalian berkendara dan tiba-tiba turun hujan, sedangkan kalian belum sempat menutup kaca jendela mobil.

Keberadaan talang air ini juga sangat berguna ketika AC mobil kalian mengalami masalah saat hujan. Kalian dapat membuka  sedikit kaca jendela mobil untuk mengurangi embun pada kaca mobil.  Atau saat mengambil tiket dan membayar pakir, talang air ini mencegah masuknya air hujan ke dalam kabin.  

2. Melindungi komponen pada kabin

Selain untuk mencegah air hujan masuk ke dalam kabin, talang air juga berfungsi mencegah kerusakan komponen yang ada pada dalam kabin kendaraan. 

Karena seperti yang sudah kalian ketahui semua komponen atau peralatan yang mengandung listrik dapat bereaksi dengan air. Komponen pada kabin mobil hampir semua akan cepat rusak jika terkena air. 

Komponen yang rawan terkena cipratan air hujan salah satunya ialah power window. Komponen ini terletak pada sisi door trim. Power window berfungsi untuk mengatur setelan terbuka dan tertutup nya kaca mobil. 

Jika air hujan masuk ke dalam mobil kalian dan mengenai panel power window, maka akan menyebabkan kerusakan. 

Tanpa talang air atau door visor air hujan akan masuk ke dalam mobil meskipun kaca hanya terbuka sedikit. Sehingga dapat menyebabkan korsleting listrik yang membahayakan. 


3. Mengurangi embun

Selain dapat mencegah masuknya air hujan, talang air juga dapat mengurangi embun pada kaca depan mobil. 

Hal ini tentunya sangat membantu pengelihatan kalian karena embun pada kaca depan dapat mengganggu jarak pandang. 

Jika embun pada kaca depan berkurang, kalian dapat berkendara dengan lebih nyaman. Selain itu, embun tidak akan menempel pada kaca bagian samping mobil. 


4. Membantu sirkulasi udara dalam kabin

Tidak hanya berfungsi untuk musim hujan. Talang air juga dapat membantu sirkulasi udara dalam kabin saat mobil diparkir. 

Cuaca terik akan terasa semakin panas jika mobil diparkir di luar ruangan. Karena udara terperangkap di dalam mobil yang rapat akan menjadi semakin panas. 

Dengan adanya talang air pada mobil, kalian dapat membuka sedikit kaca jendela mobil. Tentunya tidak melebihi batas talang air, hal ini membantu keluar masuknya udara. 

Sehingga suhu pada mobil tetap pada batas wajar. Dan anda tidak perlu khawatir orang lain melihat interior kabin mobil kalian karena sudah terhalang oleh talang air tersebut. 


5. Mempercantik tampilan mobil

Sebagai aksesoris pada mobil talang air atau door visor berfungsi sebagai penambah estetika pada kendaraan. Dengan adanya talang air atau door visor mobil kalian terlihat lebih menarik. 

Tetapi sayangnya talang air ini tidak otomatis terpasang pada semua jenis mobil. Beberapa jenis mobil baru sudah memasang talang air sesuai standar mereka. 

Sedangkan sebagian besar jenis mobil harus membeli dan memasangnya sendiri secara terpisah. Hal ini memang membuat mobil kalian terlihat lebih menarik, namun tentunya harus mempertimbangkan fungsinya. 


Tips memilih talang air pada mobil


Jika kalian berencana memasang talang air pada mobil kalian, pastikan mendapatkan produk dengan kualitas yang terbaik. 

Maka sebelum membeli dan memasang talang air untuk mobil kalian perlu memperhatikan tips dibawah ini. 


1. Kualitas bahan

Mengingat posisi talang air yang letaknya berada di luar mobil, tentu akan terpapar panas, hujan, dan angin. Oleh karena itu, kualitas bahan akan sangat menentukan keawetannya. 

Bahan yang tebal dipilih agar talang air tidak mudah pecah atau menjadi pipih jika terkena terpaan angin kencang. Selain itu, kalian harus memilih bahan yang tidak terlalu kaku dan mempertimbangkan elastisitas bahan. 

Karena bahan yang terlalu kaku dikhawatirkan dapat cepat retak dan pecah jika terkena panas terik matahari. 


2. Warna

Pemilihan warna merupakan selera setiap orang. Namun demikian pemilihan warna harus tetap kalian pertimbangkan karena jika tidak warna akan cepat pudar. 

Faktor cuaca adalah penyebab utama yang mempengaruhi perubahan warna asli pada talang air mobil. Tidak masalah jika warna yang pudar terjadi secara merata. 

Tetapi jika warna yang pudar terjadi secara belang-belang atau tidak merata hal ini dapat mengurangi nilai estetika mobil kalian. Maka, pilih lah warna yang sesuai dengan pilihan dan pastikan warnanya tahan lama. 


3. Komponen pelengkap

Tentunya kalian memerlukan perekat dua sisi atau double tape untuk menempelkan talang air ke mobil. Kalian harus cermat dalam memilih perekat ini karena mengingat talang air rentan terhadap terpaan angin. 

Biasanya bagian depan lebih banyak menahan beban angin sehingga mudah terlepas. Lain halnya apabila kalian menggunakan talang air injeksi, yaitu talang air yang lebih tebal dan berat. 

Kalian harus menambahkan klip atau baut untuk mendukung double tape. Dan memastikan bahwa talang air mobil kalian terpasang kokoh sehingga tahan terhadap cuaca dan terpaan angin. 


4. Bentuk fisik

Ukuran talang air mobil terdapat beberapa pilihan, yaitu jumbo, semi jumbo, dan ulta slim. Memilih ukuran talang air mobil hendaknya disesuaikan dengan fisik dan kebutuhan mobil kalian. 

Untuk ukuran ultra slim dapat dipasang untuk mobil yang berukuran kecil seperti contohnya mobil sedan. Dan untuk ukuran jumbo atau semi jumbo biasanya dipasang untuk mobil bertipe SUV. 

Jika mobil kecil menggunakan ukuran jumbo atau semi jumbo maka akan terlihat kurang estetis. Sedangkan jika mobil besar menggunakan ukuran ultra slim maka talang air kehilangan fungsinya itu sendiri. 


Cara memasang talang air pada Toyota Avanza


1. Langkah pertama yaitu bersihkan terlebih dahulu permukaan pintu dan talang air agar tidak ada debu atau kotoran lainnya. Untuk membersihkannya gunakan air sabun atau bensin agar permukaannya menjadi keset. Kemudian keringkan dengan kain lap. 



2. Langkah berikutnya pemasangan double tape pada permukaan talang air yang nantinya ditempelkan ke pintu mobil. Perlu di ingat yang diberi double tape hanya permukaan talang air saja, dan bukan permukaan pintu mobil. 


3. Kemudian langkah terakhir yaitu pemasangan talang air pada pintu mobil. Lakukan langkah ini dengan hati-hati serta presisi. Setelah talang air terpasang tekan-tekan kembali talang air agar melekat secara sempurna. 


Mudah bukan? Itulah cara pemasangan talang air pada Toyota Avanza dan bisa kalian lakukan sendiri dirumah tanpa harus ke bengkel sehingga menghemat biaya pengeluaran. Semoga bermanfaat dan bisa membantu 😁



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme