Cara Melepas Kabel Kopling Pada Toyota Avanza, Begini Caranya!

 on Minggu, 13 Maret 2022  

Cara Melepas Atau Mengganti Kabel Kopling Pada Toyota Avanza 




Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Fungsi Kopling Mobil


Perlu kalian ketahui bahwa sistem kopling pada kendaraan khususnya mobil merupakan salah satu sistem penting dari sistem pemindah tenaga kendaran atau sistem power train.


Sistem power train atau pemindah tenaga memiliki fungsi untuk memindahkan tenaga hasil proses  pembakaran yang berupa energi gerak dari mesin roda-roda penggerak kendaraan. 


Adapun fungsi kopling pada sistem power train kendaraan memiliki fungsi sebagai penghubung dan pemutus tenaga yang berupa energi gerak dari mesin menuju transmisi kendaraan. 


Untuk mengetahui fungsi kopling lebih lanjut kalian dapat simak penjelasan yang ada dibawah ini.


Kopling mobil berfungsi sebagai penghubung roda gigi taransmisi dan poros engkol. Proses tersebut yang akan membuat mobil kalian melaju dijalanan. Fungsi kopling mobil adalah untuk menciptakan perubahan tingkat kecepatan dari mesin sesuai kebutuhan dengan pengendara. Kecepatan ini lah yang mempengaruhi laju pada mobil kalian.


Adapun fungsi lain kopling mobil adalah sebagai berikut.

1. Membantu menciptakan pergerakan halus saat melakukan perpindahan gigi saat mobil sedang melaju.

2. Membantu menciptakan pergerakan mobil yang lebih halus dengan mengangkat engine.

3. Mampu mengentikan mobil tanpa mematikan mesin, hal ini sangat membantu saat berada pada jalanan yang macet.

4. Membantu performa rem jauh lebih baik ketika menghentikan mobil secara mendadak.


Gejala Kabel Kopling Mobil Putus


Kejadian kabel kopling putus dapat terjadi pada siapapun pastinya kejadian seperti ini perlu kalian hindari dan dapat kalian minimalisir dengan cara mengetahui gejalanya.


Penyebab utama kabel kopling putus adalah berkurangnya minyak kopling. Bagi kalian pengendara mobil yang sering berkendara dalam kondisi cuaca yang panas atau sering berhadapan dengan kemacetan, kalian harus rajin melakukan pengecekan minyak kopling kalian agar terhindar dari kejadian kabel kopling putus saat berkendara.


Sebab peran kabel kopling sangat penting dalam menghubungkan dan memutus putaran mesin dan juga persneling. Ketika kabel kopling putus, otomatis sistem penggerak akan tidak berfungsi secara normal sehingga proses perpindahan gigi dapat terhembat.


Ada beberapa gejala kabel kopling yang akan terputus dan perlu kalian ketahui gejala atau pertandanya. Salah satu gejala utamanya adalah diawali dengan perpindahan gigi yang agak susah atau terasa keras hal tersebut diakibatkan karema kabel kopling sudah mulai mengendur. Gejala lain yaitu saat kalian menginjak pedal kopling tidak terasa lembut, cenderung keras dan kasar.


Cara Melepas Kabel Kopling Avanza


1.  Langkah pertama yaitu buka cover penutup yang ada dibagian atas pedal kopling, jika sudah terbuka kemudian lepas kabel kopling bagian atas  dengan cara menariknya.





2. Langkah selanjutnya lepas kabel kopling bagian bawah dengan menggunakan kunci ukuran 12 lalu lepaskan kabel kopling. 




3. Setelah kabel kopling bagian bawah telah  terlepas kemudian langkah selanjutnya yaitu lepaskan kabel kopling yang ada pada bagian mesin dengan cara  menariknya kearah atas.




4. Langkah keempat yaitu memasang kabel kopling yang baru, dengan cara memasang kabel kopling bagian atas lalu masukkan melalui lubang yang terdapat pada bodi mobil tepatnya berada disamping kiri belakang dekat dengan dengan mesin.




5. Kemudian lanjut pemasangan kabel kopling ke pedal kopling dengan cara memasang terlebih dahulu karet ke bagian atas pedal kopling lalu masukkan plat pengunci ke kabel kopling kemudian masukkan kabel kopling kebagian atas pedal kopling.





6. Langkah berikutnya yaitu pemasangan kabel kopling bagian bawah perlu diingat jangan sampai terbalik memasang dudukan baut yang ada pada bagian bawah kabel kopling lalu kencangkan baut.




Sekian pembahasan kita kali ini tentang cara melepas dan memasang kabel kopling pada Toyota Avanza cara ini juga bisa dilakukan untuk Daihatsu Xenia. Cara melepas dan memasang kabel kopling pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bisa kalian lakukan sendiri dirumah tanpa harus kebengkel sehingga menghemat biaya kalian dalam melakukan perbaikan pada mobil kalian.


Semoga bermanfaat.


                   







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme