Cara Memasang Kampas Rem Belakang Pada Toyota Avanza, Begini Caranya!

 on Rabu, 09 Maret 2022  

 Cara Memasang Kampas Rem Belakang Pada Toyota Avanza



Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Kampas Rem 





Kampas rem atau brake pads adalah salah satu komponen dalam rem cakram yang berfungsi untuk melakukan penekanan pada bagian piringan cakram, sehingga mampu memberikan gaya gesek menghentikan putaran dari rem cakram.


Kampas rem terdiri dari beberapa bahan jenis pembuatnya yaitu berbahan keramik, asbes, siter, dan semi metal. Pemilihan bahan kampas rem bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang ingin membeli kampas rem untuk mobil kalian.


Pada dasarnya, kerja dari kampas rem sangatlah berat karena harus melakukan gaya gesek  yang besar dan kampas rem harus bisa menghentikan putaran piringan cakram secara optimal.


Semakin mahal harga kampas rem biasanya semakin bagus kualitasnya dan tergantung dari bahan pembuatannya.


Fungsi Kampas Rem Mobil


1. Membantu mengatur pengereman


Fungsi utama dari kampas rem adalah untuk mengatur laju roda atau ban mobil. Artinya komponen yang terdapat lapisan amplas  ini berfungsi untuk mengatur fungsi pengereman.


Kampas rem juga mempengaruhi kecepatan laju mobil, agar mudah dikendalikan. Tanpa adanya kampas rem maka laju mobil sulit  untuk dikontrol sehingga bisa mengakibatkan hal yang tidak diinginkan. Maka kehadiran komponen satu ini sangat berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan berkendara. 


2. Mempermudah melintasi jalanan yang menanjak atau menurun 


Ketika berkendara tak selamanya kalian menjumpai jalanan yang mendatar, pasti kalian menemui jalanan yang tidak rata bahkan menanjak atau menurun. Selama kampas rem diperiksa secara rutin dan diganti secara berkala tidak  perlu cemas.


Sebab dengan kampas rem yang prima otomatis sistem pengereman dapat diandalkan untuk melintasi medan yang sulit sekalipun. Mengatur kecepatan mobil dijalan yang menanjak dan menurun dijamin lebih mudah dan mobil menjadi mudah untuk dikendalikan.


3. Mempermudah saat melakukan pengereman mendadak


Pernahkah kalian menghentikan laju mobil secara mendadak? Pasti kalian pernah karena suatu sebab. Misalnya  ada orang yang menyebrang secara mendadak atau kendaraan didepan kalian berhenti  secara mendadak. Jika fungsi kampas rem tidak optimal pasti akan terjadi  kecelakaan sehingga dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. 


Kampas rem memegang kendali memegang kendali pada sistem pengereman yang berarti menentukan keamanan dan kenyamanan pengendara mobil. Maka tidak berlebihan jika perhatian pada komponen ini diberikan secara lebih.


Cara Memasang Kampas Rem Belakang Pada Toyota Avanza


1. Langkah pertama kendur kan terlebih dahulu baut ban depan mobil kalian. Jika sudah dikendur kan selanjutnya dongkrak mobil sampai terangkat lalu lepaskan ban mobil.


2. Langkah kedua yaitu lepaskan tromol kemudian lepaskan pegas bagian luar dan pengunci kampas rem kanan dan kiri.



3. Langkah ketiga yaitu lepaskan pegas bagian dalam kampas rem. Perlu diperhatikan dalam melepas pegas kampas rem jika pegas dilepas maka semua part akan langsung terlepas.



4. Langkah selanjutnya putar setelan kampas rem kearah minimal agar memudahkan saat kita memasang kampas rem yang baru kemudian periksa wheel silinder apakah macet atau tidak dan periksa minyak rem. Lalu  lepaskan pengunci setelan rem tangan tanpa harus melepas kabel rem tangan.



5. Langkah kelima siapkan kampas rem yang baru kemudian cocok kan kampas rem kanan dan kiri karena berbeda dan dapat mempengaruhi leading dan trailling yang berpengaruh pada daya pengereman.



6. Buka pengunci kampas rem dengan menggunakan obeng dan tang jika sudah terlepas pasang kampas rem yang baru dan pengunci kampas rem yang baru dengan cara menekan atau menjepit dengan menggunakan tang hingga mengunci.




7. Kemudian rakit kedua kampas kanan dan kiri dengan penghubung pegas bagian bawah setelah itu pasang kembali pegas bagian dalam dan pasang penyetel celah rem tromol.



8. Langkah selanjutnya pasang pengunci setelan rem dan pasang pengunci kampas rem bagian kiri dan kanan, kemudian pasang kembali pegas bagian luar.



9. Pasang tromol kemudian lepas kembali langkah ini untuk menempatkan kampas rem pada tempatnya. Kemudian setel celah rem, penyetelan celah rem ini berfungsi untuk mengatur ketinggian rem tangan.




10. Langkah terakhir pasang tromol dan pasang kembali ban mobil kalian.



Cara Merawat Kampas rem yang benar 


1. Bersihkan kampas rem secara rutin 

Cara pertama untuk merawat kampas rem adalah dengan cara mebersihkannya secara rutin. Terlebih jika mobil kalian baru saja melintasi jalan yang tergenang air atau berkendara saat hujan. 


Untuk membersihkan komponen yang satu ini cukup mudah kalian hanya perlu membasuhnya dengan air bersih dan pastikan tidak ada debu atau  pasir yang masih menempel pada kampas rem kalian. Karena kotoran yang dibiarkan menumpuk dapat mengganggu kinerja dari kampas rem kalian.


2. Hindari pengunaan rem mendadak 

Sebaiknya kalian hindari berkendara dalam kecepatan tinggi dan kemudian melakukan pengereman mendadak. Sebab selain hal tersebut berbahaya, hal ini juga dapat membuat kampas rem cepat aus dan mengurangi usia pakainya.


3. Cek kelayakan kampas rem kalian

Jika kampas rem sudah menipis bahkan habis maka akan terjadi gesekan antara cakram dan lempengan besi kampas rem. Hal tersebut dapat mengakibatkan rem kalian menjadi tidak berfungsi alias blong dan dapat membahayakan diri sendiri serta orang  lain.


Sekian pembahasan kita kali ini tentang pemasangan kampas rem bagian belakang pada Toyota Avanza cara ini juga bisa digunakan untuk Daihatsu Xenia. Memasang kampas rem mobil bisa kalian lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bemgkel dan bisa menghemat pengeluaran kalian serta bisa mengasah pengetahuan tentang mobil kalian sendiri. 


Semoga bermanfaat. 


    



    
     





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme