Cara Membersihkan Injektor Pada toyota Avanza, Sangat Mudah Begini Caranya!

 on Senin, 28 Maret 2022  

Cara Membersihkan Injektor Pada toyota Avanza



Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Injektor Mobil


Injektor adalah perangkat penting dalam sebuah kendaraan khususnya mobil yang mempunyai fungsi utama menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran dalam mesin. Injektor mobil yang bermasalah akan berakibat mesin mobil sulit untuk dinyalakan dan penggunaan bahan bakar menjadi boros dan menimbulkan suara mesin yang kasar.  


Hal ini terjadi karena injektor tidak dapat bekerja dengan baik sehingga Electronic Control Unit (ECU) tidak dapat mengatur frekuensi dan tekanan bahan bakar ke ruang pembakaran.


Fungsi Injektor


Fungsi injektor mobil yang utama adalah sebagai penyuplai bahan bakar dan udara ke ruang mesin atau silinder. Dimana di dalam sebuah injektor terdpat  beberapa komponen pendukung, salah satu komponen tersebut adalah sensor.  Sensor ini lah yang sangat mempengaruhi kinerja injektor.


Sensor di dalam sebuah injektor berfungsi sebagai jembatan atau penghubung antara actuator atau solenoid dengan ECU. Sensor yang terdapat pada injektor tersebut akan mengirimkan sinyal ke ECU perihal kebutuhan bahan bakar untuk ruang mesin. 


Kemudian ECU akan mengirimkan sinyal kembali ke sensor untuk memerintahkan untuk menyemprotkan bahan bakar sesuai kebutuhan dari ruang silinder. Injektor memiliki beberapa jenis, lantas apa saja jenis injektor tersebut? Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasan dibawah ini.


Jenis Injektor


a. Single point injector


Jenis ini memiliki sebuah lubang di ujung injektor, saat bahan bakar akan keluar dari lubang ini secara terpusat.


b. Multi point injector 



Untuk multi point injektor, memiliki lubang kecil di sekeliling ujung injector.  Saat solenoid bekerja, maka bahan bakar bisa keluar secara menyebar. Tipe ini digunakan untuk menghasilkan tingkat homogenitas yang baik.


c. Gasoline direct injection
 


Jenis terakhir memiliki prinsip yang sama sperti mesin diesel karena letak injektornya berada di dalam ruang bakar. Sehingga konstruksinya dibuat khusus agar bisa bertahan pada suhu yang ekstrem. Keuntungan sistem ini berada pada konsumsi bahan bakarnya yang lebih baik.


Cara Membersihkan Injektor Avanza


1. Langkah pertama buka kap mesin mobil kalian, lalu buka klip pengunci filter udara.




2. Lalu lepas dan bersihkan filter udara terlebih dahulu sebelum membersihkan injektor mobil.




3. Langkah selanjutnya membersihkan injektor mobil dengan cara menyemprotkan cairan pembersih carb cleaner ke lubang yang ada digambar dibawah ini, sembari menyemprotkan cairan pembersih tersebut injak dan lepaskan pedal gas mobil kalian agar hasilnya lebih maksimal.




Oke sekian pembahasan kita kali ini tentang cara membersihkan injektor pada Toyota Avanza. Cara ini dapat juga digunakan pada Daihatsu Xenia, Cara ini dapat kalian lakukan sendiri dirumah tanpa harus membawa mobil kalian ke bengkel tentunya bisa menghemat pengeluaran kalian dalam merawat mobil. 


Semoga bermanfaat.


            

   



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme