Cara Mengganti Ban Pada Toyota Avanza, Mudah Begini Caranya!

 on Sabtu, 26 Maret 2022  

Cara Mengganti Ban Pada Toyota Avanza 



Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Ban Mobil



Ban adalah material yang menutupi velg dan berfungsi untuk menyediakan bantalan pada kendaraan antara ban yang bersentuhan dengan permukaan aspal. Ban merupakan suatu wadah yang diisikan udara yang berfungsi menopong beban dari muatan kendaraan dan barang yang ada dalam kendaraan tersebut. 


Fungsi Ban 


Fungsi kegunaan dasar ban adalah memiliki daya cengkram yang kuat, kemudahan untuk dikendalikan oleh pengendara dan banatalan ban berfungsi sebagai peredam getaran pada kendaraan. Tujuannya untuk menjaga keselamatan, kenyamanan dan ketahanan komponen ban mobil saat berkendara.


Fungsi Dasar Ban 


1. Untuk menahan beban

Pada dasarnya ban berfungsi untuk beban muatan kendaraan beserta penumpangnya. Selain itu ban terpengaruh oleh tekanan angin yang ada di dalam ban, tekanan angin yang ada di dalam ban berfungsi untuk menahan beban dan muatan kendaraan. Oleh karena itu disarankan agar memeriksa tekanan angin saat kalian ingin berkendara dalam jarak jauh.


2. Daya Pengereman yang kuat  

Ban memiliki jenis yang berbeda-beda pada kembangan/motifnya. Hal itu berkaitan dengan kinerja pengereman pada ban yang berasal dari mesin. Ketika ban berjalan atau mengerem ban harus memiliki daya cengkeraman yang kuat untuk pengereman kendaraan. Karena ban adalah bagian kendaraan yang bersentuhan dengan jalan. 


3. Mudah dikendalikan 

Ban harus mudah dikontrol oleh pengendara. Dalam mengontrol mobil saat berkendara, ban merupakan komponen yang sangat penting karena kemampuan untuk kestabilan dalam berkendara sangat ditentukan dari performa ban itu sendiri.


Jika performa ban kurang baik, maka kestabilan dalam berkendara berkurang sehingga meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. Jika performa ban dalam kondisi yang baik maka kestabilan dalam berkendara tentunya akan menjadi lebih baik sehingga meningkatkan kenyamanan dan keamanan dan meminimalisir terjadinya kecelakaan. 


4. Peredam Getaran Kendaraan 

Fungsi dasar ban yang terakhir adalah untuk meredam getaran atau guncangan pada kendaraan. Pada umumnya ban memiliki tipe yang berbeda yaitu tipe radial dan bias. Kedua tipe ini memiliki perbedaan dan berpengaruh pada peredam/guncangan dijalan yang tidak rata atai dijalan yang rusak sebelum akhirnya diredam lagi oleh suspensi.


Karena ban dibuat dari bahan 50% karet elastis dengan tekanan angin di dalamnya. Fungsi angin tersebut juga sebagai peredam guncangan atau getaran saat kendaraan melaju dijalan. Tipe radial cenderung lebih baik untuk meredam getaran atau guncangan jika dibandingkan dengan tipe bias.


Cara Mengganti Ban Pada Toyota Avanza


1. Langkah pertama siapkan dongkrak mobil kalian pada posisi yang tepat agar tidak selip dan membahayakan diri sendiri kemudian putar dongkrak mobil kalian secara perlahan ke arah kanan hingga ban terangkat.




2. Langkah kedua lepaskan keempat baut ban mobil kalian, dengan memutar baut ke arah kiri.




3. Setelah buat terlepas semua kemudian lepaskan ban mobil kalian.




4. Langkah selanjutnya pasang ban mobil yang ingin kalian ganti jangan lupa pasang dan kencangkan kembali keempat baut ban yang telah dilepas tadi dengan memutar baut kearah kanan.




5. Langkah terakhir turunkan dongkrak secara perlahan dengan cara memutarnya  ke arah kiri sampai ban mobil kalian menyentuh tanah kembali.




Oke sekian pembahasan kita kali ini tentang cara mengganti ban pada Toyota Avanza. Semoga bermanfaat.      


 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme