Cara Mengganti Bohlam Lampu Utama Pada Toyota Avanza, Mudah Begini Caranya!

 on Jumat, 18 Maret 2022  

Cara Mengganti Bohlam Lampu Depan/ Lampu Utama Pada Toyota Avanza


 

Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.



Head lamp (lampu utama)




Lampu merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan khusus nya mobil. Fungsi nya adalah untuk menerangi jalanan untuk membantu pengemudi pada malam hari atau saat cuaca sedang tidak baik.


Terdapat beberapa jenis lampu pada mobil. Dua diantaranya adalah headlamp dan foglamp yang mempunyai fungsi berbeda. Dimana letak perbedaan keduanya? Dan dimana perbedaan kedua nya? Untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut ini.


Headlamp adalah lampu utama penerang jalan. Dalam perkembangannya komponen ini terus mengalami kemajuan dan peningkatan. Saat ini headlamp sudah menggunakan teknologi multi reflektor yang membuat cahaya nya lebih terang.


Pada mobil keluaran baru, headlamp juga sudah dilengkapi dengan proyektor yang membuat sorotan cahaya tertahan dan tidak menyorot langsung ke jalan sehingga dapat mudah dilihat oleh pengemudi lain dari arah berlawanan.


Fog lamp (lampu kabut)




Selain headlamp, penerangan juga dibantu dengan adanya foglamp atau lampu kabut. Posisi lampu ini biasanya ada dibawah headlamp, lampu ini baru populer dalam satu dekade ke belakang.

Foglamp pada awalnya berfungsi memecah kabut karena intensitas nya lebih kuat dibanding dengan headlamp. Saat ini, foglamp juga mampu menembus jalan yang bercuaca ekstrem hujan deras, gelap, dan kabut tebal.

Foglamp biasanya berwarna kuning. Karena warna kuning adalah warna yang paling cocok untuk menembus kabut. Dengan demikian fungsi foglamp sangat dibutuhkan oleh beberapa jenis mobil salah satunya jenis mobil SUV yang berkarakter penjelajah.


 

Jenis-jenis headlamp pada mobil


1. Halogen




Mayoritas mobil yang ada di pasaran sekarang menggunakan halogen untuk headlamp mereka. Salah satu sebab mobil di pasaran mayoritas menggunakan headlamp halogen adalah cenderung lebih terang dan umurnya lumayan panjang.

Pada mobil, headlamp halogen dapat di gunakan untuk fungsi lampu jarak jauh, dekat, hingga lampu kabut (foglamp). Cahaya yang berasal dari headlamp halogen berasal dari bohlam dan reflektor dengan desain kompleks.

Sedangkan, untuk alternatif lampu beam (lampu dim) bisa diarahkan dengan lensa proyektor yang terdapat pada penutup headlamp. Umumnya, lampu halogen memiliki daya output 55 watt. Apabila lebih dari itu, penggunaan lampu halogen hanya di anggap membuang energi akibatnya menyebabkan lampu cepat panas. 



2. Light Emitting Diodes (LED)




Awalnya lampu led digunakan pada senter kecil, ponsel, dan televisi. Salah satu keunggulan lampu jenis ini adalah kemampuannya dalam mencapai pijar jutaan perdetik.

Saat digunakan sebagai indikator lampu rem, led dapat membantu pengemudi mobil dibelakang untuk lebih cepat bereaksi sekitar 30%. Dan jika led dijadikan headlamp memiliki ketahanan sekitar 15.000 jam.

Tidak hanya itu saja lampu led juga mampu mengonversi energi secara langsung menjadi cahaya, bukan hanya energi panas. Jadi, panas yang dihasilkan oleh lampu led hanya terdapat pada komponen elektriknya saja, bukan pada permukaan bohlam.



3. High Intensity Discharge (HID)




Headlamp jenis ini terbuat dari logam yang cukup langka dan unsur gas sehingga menghasilkan cahaya putih yang terang. Dulu, headlamp diarahkan kedepan (ke jalan), tetapi sekarang arah bohlam nya cenderung mengarah keatas.Uniknya, meskipun out pun cahayanya cukup terang tetapi ukuran watt yang dibutuhkan cukup kecil, yakni 35 watt dan dapat bertahan selama 2.000 jam.

Lampu HID juga dikenal sebagai xenon light karena terdiri dari pijaran gas xenon. Xenon inilah yang membuat lampu berkedip-kedip saat dinyalakan sekaligus menjaganya agar mendapatkan iluminasi hingga mencapai cahaya maksimum.

Namun, biasanya kedipan tersebut hanya berlangsung selama beberapa menit saja. Beberapa mobil yang menggunakan head lamp HID biasanya hanya pada low beam-nya saja sedangkan fitur high beam-nya tetap menggunakan halogen. 


Cara Mengganti Bohlam Lampu Utama 



1. Langkah pertama buka kap mesin mobil kalian.


2. Kemudian lepas soket lampu utama terlebih dahulu.




3. Setelah soket lampu terlepas kemudian lepas karet yang terletak pada bagian belakang pengunci bohlam lampu utama.




4. Kemudian lepas pengunci lampu bohlam dengan cara ditekan lalu digeser, kemudian lepaskan bohlam lampu utama mobil kalian.





5. Langkah selanjutnya ganti bohlam lampu dengan yang baru dengan cara pasang kembali bohlam yang telah diganti.




6. Lalu pasang kembali pengunci bohlam kemudian pasang kembali karet lampu bohlam dan jangan lupa pasang kembali soket bohlam lampu utama.  



Oke sekian pembahasan kita kali ini tentang cara mengganti bohlam lampu utama. Cara ini dapat juga digunakan untuk mengganti lampu utama pada Daihatsu Xenia, Cara ini dapat kalian lakukan sendiri dirumah tanpa harus membawa mobil kalian ke bengkel tentunya bisa menghemat pengeluaran kalian dalam merawat mobil. 


Semoga bermanfaat.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme