Cara Mengganti Busi Pada Toyota Avanza, Begini Caranya!

 on Minggu, 20 Maret 2022  

Cara Mengganti Busi Pada Toyota Avanza 




Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Busi Mobil 


Busi adalah komponen terpenting dalam sistem pengapian pada sebuah kendaraan khususnya mobil. Fungsi busi mobil pada umumnya agar membuat bisa menyala. Komponen ini termasuk vital karena jika sampai  bermasalah maka mobil tidak bisa dinyalakan. Oleh karena itu busi perlu dirawat secara rutin agar tidak muncul permasalahan pada mobil.


Komponen Pada Busi Mobil


1. Terminal

Letak komponen busi yang satu ini ada diujung busi, terbuat dari besi dan berfungsi sebagai penghubung busi dan sistem pengapian.


2. Insulator keramik

Letaknya ada diujung busi setelah terminal, terbuat dari keramik dan berfungsi sebagai insulator listrik sekaligus menopang mekanik inti elektroda.


3. Hex

Soket ditentukan dari ukuran hex untuk memasang busi pada mobil.


4. Insulator tip

Ujung insulator merupakan lokasi pembakaran, sehingga terbuat dari bahan tahan terhadap suhu tinggi. Ketahanannya mencapai 60.000 volt dan 650 derajat celcius.


5. Gasket

Memiliki fungsi utama supaya kompresi  yang berasal dari ruang pembakaran tidak keluar dari celah busi.


6. Metal case

Disebut juga jaket, memiliki fungsi utama untuk mengunci busi ke kepala silinder dan sebagai konduktor panas.


7. Center electrode 

Disebut juga kepala busi, terbuat dari logam nikel, besi, dan tembaga. Memiliki fungsi utama untuk menghantar energi listrik dan terhubung ke terminal.


8. Ground

Komponen ini adalah bagian busi yang bersentuhan langsung dengan mobil. 


Jenis-jenis Busi


1. Jenis busi mobil standar

Busi jenis ini pada dasarnya untuk penggunaan mobil standar atau untuk kebutuhan sehari-hari dan dirkomendasikan beberapa pabrikan mobil di Indonesia. Keunggulan jenis busi ini adalah umur pakainya yang panjang dan menghasilkan stasioner mobil yang stabil. Busi standar sangat optimal untuk putaran mesin rendah hingga sedang. 


2. Busi mobil platinum

Busi jenis ini disebut juga busi jenis semi racing karena bagian ujung elektroda ini lebih lancip apabila dibandingkan dengan jenis busi standar. Pada dasarnya busi jenis platinum tidak berbeda jauh dengan busi standar, hanya saja busi jenis ini mampu memberikan tenaga yang lebih responsif pada putaran mesin rendah namun umur pakai jenis busi ini lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis busi standar.


3. Busi mobil iridium

Busi iridium adalah jenis busi racing dan termasuk dalam jenis dingin. Keunggulan jenis busi ini adalah mampu menghasilkan tenaga mesin yang agresif dan tinggi diputaran mesin sedang hingga putaran mesin tinggi sehingga mudah untuk mencapai top speed. Busi ini tidak terlalu cocok untuk pemakaian harian karena akan membuat stasioner menjadi tidak stabil.  Apabila busi ini digunakan untuk penggunaan harian dan digunakan pada mesin standar maka umur pakainya cenderung pendek.


Cara Mengganti Busi Pada Toyota Avanza


1. Langkah pertma buka kap mesin mobil kalian.


2. Langkah kedua lepas sensor air flow, kemudian lepaskan baut filter udara  dan baut selang udara yang ada dibagian kanan mesin.




3. Setelah melepas baut filter udara dan baut selang  udara langkah selanjutnya lepaskan box filter udara mobil kalian.


4. Langkah selanjutnya lepaskan terlebih dahulu baut pengunci kowil busi setelah baut busi sudah dilepas, kemudian angkat/lepaskan keempat kowil busi. 




5. Langkah berikutnya lepaskan keempat busi dengan menggunakan kunci shock ukuran 16.




6. Langkah selanjutnya ganti busi dengan yang baru lalu pasang busi pada mesin mobil kalian dengan cara pasang busi terlebih dahulu di kowil busi lalu masukan kedalam dudukan busi yang ada di mesin.




7. Setelah busi terpasang jangan lupa pasang kembali kowil busi kemudian pasang kembali baut yang sudah dilepas tadi, setelah itu hidupkan mesin untuk mengecek mesin sudah normal atau belum normal.




Oke sekian pembahasan kita kali ini tentang cara mengganti busi pada Toyota Avanza. Cara ini dapat juga digunakan untuk mengganti busi pada Daihatsu Xenia, Cara ini dapat kalian lakukan sendiri di rumah tanpa harus membawa mobil kalian ke bengkel tentunya bisa menghemat pengeluaran kalian dalam merawat mobil.
 


Semoga bermanfaat.


     
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme