Cara Mengganti Lampu Belakang Pada Toyota Avanza, Begini Caranya!

 on Kamis, 24 Maret 2022  

 Cara Mengganti Lampu Belakang Pada Toyota Avanza



Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Lampu Belakang Mobil


Setiap kendaraan khususnya mobil standar pabrikan pasti dilengkapi dengan lampu belakang atau stop lamp. Lampu ini memiliki cahaya berwarna merah dam sejumlah orang menyebutnya dengan lampu kota belakang. Lantas apa fungsi dari lampu tersebut? 


Meski terlihat simpel, namum perlu diketahui fungsi lampu belakang atau stop lamp sangatlah penting bagi sebuah mobil karena lampu tersebut sebagai penanda kita saat berkendara dalam kondisi gelap.


Dengan lampu belakang yang berwarna merah pengendara yang ada dibelakang kita akan mengetaui  jika ada pengendara lain yang ada di depannya. Sehingga ketika pengendara lain yang ada dibelakang kita ingin mendahului dengan kecepatan tinggi mereka bisa menghindar dan tidak menabrak pengendara lain di depannya. 


Berbeda ketika tidak ada lampu belakang atau lampu belakang dalam kondisi mati, jika dilihat dari kejauhan dan dalam keadaan gelap pengendara yang ada dibelakang tidak bisa melihat jika ada pengendara lain yang ada di depannya. Sehingga bisa berakibat fatal bagi diri sendiri dan orang lain.


Oleh karena itu bagi kalian yang ingin berkendara pada malam hari, sebaiknya periksa dahulu lampu belakang kalian agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


Jenis Lampu Belakang


1. Lampu Mundur


Lampu yang satu ini terdapat pada bagian belakang kendaraan dan otomatis akan menyala dan mengeluarkan sinar berwarna putih ketika mobil dijalankan mundur. Sehingga dapat memberikan isyarat pada pengendara yang ada dibelakang agar waspada ketika mobil kalian berjalan mundur.


2. Lampu Rem


Lampu rem atau yang lebih dikenal dengan stop lamp. Lampu ini berfungsi sebagai pemberi isyarat kepada pengendara lain yang ada dibelakang kalian bahwa kalian sedang menurunkan kecepatan kendaraan, sehingga mereka ikut menurunkan kecepatan. Umumnya lampu rem berwarna merah terang agar mudah untuk dikenali. 


3. Lampu Hazard 


Lampu hazard dikenal juga sebagai lampu peringatan bahaya, seperti diantaranya adalah saat kendaraan kalian mendadak mogok ditengah jalan. Biasanya lampu ini akan menyala kuning/oranye terang yang ada di 4 sudut, dua dibagian belakang kiri dan kanan dan sisa nya ada di depan kiri dan kanan.


4. Lampu Sein


Lampu sen atau lampu yang digunakan untuk berbelok, fungsinya untuk memberikan isyarat ke pengendara lain, bahwa kendaraan kalian akan berbelok, sesuai dengan arah yang ditunjukkan lampu sein tersebut,  jangan sampai salah menekan tombol lampu sein karena dapat membingungkan pengendara lain yang  ada disekitar kalian.


Cara Mengganti Lampu Belakang/ Lampu Rem Avanza


1. Langkah pertama lepas cover lampu belakang dengan menggunakan kunci ukuran 10 lalu lepaskan baut cover lampu yang ada dibagian atas dan bawah cover lampu.




2. Jika cover lampu sudah terlepas, langkah selanjutnya yaitu lepas bohlam lampu rem atau bohlam lain yang ingin kalian ganti  dengan yang baru. 


3. Kemudian pasang bohlam yang baru, setelah terpasang masukan kembali bohlam kedalam cover lampu belakang.




4. Langkah selanjutnya mencoba terlebih dahulu lampu bohlam yang sudah diganti apakah sudah menyala dengan semestinya atau belum. Jika sudah dirasa menyala dengan semestinya pasang kembali cover lampu belakang mobil kalian.




Sangat mudah bukan? Tentunya kalian bisa memasang lampu belakang  mobil kalian sendiri di rumah tanpa harus membawa mobil ke bengkel sehingga dapat mengurangi pengeluaran kalian untuk biaya perawatan mobil. Cara tersebut dapat juga digunakan atau diaplikasian untuk Daihatsu Xenia karena kedua mobil tersebut merupakan mobil yang sama persis.


Semoga bermanfaat.      


   

   



  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme