Cara Mengganti Oli Pada Toyota Avanza Matic, Mudah Begini Caranya!

 on Selasa, 22 Maret 2022  

Cara Mengganti Oli Pada Toyota Avanza Matic


 

Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.



Oli Mobil


Oli mesin adalah salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan khususnya mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin mobil dan merawat seluruh komponen dalam mesin dan juga menambah usia pakai mesin. Oleh karena itu penting untuk mengganti oli mesin secara berkala.


Salah memilih jenis oli akan menyebabkan mobil terasa tidak bertenaga dan bisa membahayakan mesin dalam jangka panjang. Oli mesin memiliki beberapa fungsi lain selain sebagai pelumas pada mesin. Lantas apa saja fungsi oli pada mesin mobil? Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasan dibawah ini.


Fungsi Oli Mobil


1. Sebagai Pendingin Mesin


Komponen mesin yang bekerja saling bersinggungan pasti akan cepat mengalami panas. Dengan keberadaan oli mesin, maka panas yang timbul dari singgungan antar komponen mesin dapat dikurangi. Lantas bagaimana oli bisa menjadi pendingin mesin?


Oli mendinginkan komponen mesin dengan cara bersirkulasi melalui setiap bagian dan menyerap panas untuk dikeluarkan dari mesin. Perlu diketahui bahwa panas yang timbul tidak hanya dari komponen yang saling bergesekan. Bisa juga dari panas yang diakibatkan oleh proses pembakaran dalam sistem kerja mesin mobil.


2. Sebagai Peredam 


Ada beberapa komponen mesin yang selalu mengalami gaya tekan cukup besar. Antara lain ball bearing, roda gigi, dan roda bearing. Tekanan yang diterima komponen tersebut termasuk sering dan mampu menciptakan kerusakan dan keausan.


Namun karena adanya oli pada mesin, maka tekanan akan disebarkan dan getaran akan terserap secara otomatis. Sehingga kondisi ball bearing, roda gigi, dan roda bearing pada mobil kalian bisa tetap prima sepanjang pemakaian mobil.


3. Mencegah Karat 


Gesekan yang sering terjadi beserta panas akan membuat komponen mobil lebih cepat berkarat jika tidak mendapatkan pelumasan oli sempurna. Karat juga dapat juga muncul karena komponen yang terbuat dari logam terkena air dan udara.


Jika proses pelumasan berjalan maksimal, maka permukaan mobil yang terbuat dari logam dapat terjaga dari karat atau korosi.


4. Sebagai Pembersih 


Oli yang melumasi berbagai komponen mesin dapat berfungsi sebagai pembersih. Sirkulasi oli juga membersihkan saluran-saluran agar tidak akan oleh butiran logam atau kotoran lainnya yang sudah terlanjur masuk kedalam mesin. Sehingga  tidak ada kotoran yang terus menerus mengendap didalam mesin.  



Cara Mengganti Oli Pada Toyota Avanza Matic


1. Langkah pertama buak baut pembuangan oli yang  ada dibagian bawah mobil kalian dengan menggunakan kunci ukuran 14.




2. Kemudian siapkan wadah untuk menampung oli bekas yang keluar dari bagian bawah mesin. 




3. Setelah itu buka bagian kap mesin mobil kalian lalu buka penutup oli mesin, jangan lupa pasang kembali baut penutup oli pada bagian bawah mesin mobil kalian terlebih dahulu.




4. Langkah selanjutnya bersihkan tempat filter oli pada mobil kalian kemudian pasang filter oli dengan cara memutar  ke arah kanan sampai terpasang dengan kuat.




5. Langkah selanjutnya tuangkan oli ke mesin mobil kalian, jika oli sudah di tuangkan semua kemudian tutup kembali tutup oli mesin kalian.




Oke sekian pembahasan kita kali ini tentang cara mengganti oli pada Toyota Avanza. Cara ini dapat juga digunakan untuk mengganti oli pada Daihatsu Xenia, Cara ini dapat kalian lakukan sendiri dirumah tanpa harus membawa mobil kalian ke bengkel tentunya bisa menghemat pengeluaran kalian dalam merawat mobil. 


Semoga bermanfaat.






 



      
 


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme