Sering Keliru, Begini Cara Mendongkrak Mobil Avanza/Xenia Yang Benar!

 on Kamis, 31 Maret 2022  

 Cara Mendongkrak Mobil Avanza/Xenia Dengan Benar



Mendongkrak mobil adalah pekerjaan yang dilakukan untuk menaikkan posisi mobil dari bawah keatas. Mobil akan didongkrak apabila ban mobil mengalami kebocoran atau masalah pada bagian bawah mobil. Walau terkesan sederhana mendongrak mobil tidak boleh asal dan dilakukan secara sembarangan. 


Jika dilakukan secara sembarangan kesalahan meletakkan titik dongrak dapat berakibat fatal. Body mobil dapat rusak dan penyok atau dapat mencederai diri kalian akibat dongkrak yang meleset dari posisinya.


Hal yang sangat perlu diperhatikan dalam mendongkrak mobil adalah mengutamakan keselamatan. Setiap mobil sudah memiliki panduan bagaimana cara mendongkrak yang baik dan benar yang sudah diberi informasi oleh pabrikan.


Pada artikel ini, kita akan membahas cara mendongkrak mobil Avanza/Xenia yang memang sudah ditentukan oleh pabrikan. Hal ini akan memudahkan bagi kalian pemilik Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia untuk melakukan dongkrak pada mobil  tersebut. 


Selain itu, cara ini juga mengutamakan faktor keselamatan bagi pengguna dan keselamatan mobil itu sendiri. Ketika kalian mengangkat kendaraan kalian dengan dongkrak, posisikan dongkrak dengan benar. Penempatan posisi dongkrak yang tidak benar dapat membuat cidera diri sendiri dan dapat merusak kendaraan kalian.


Mendongkrak Bagian Depan Mobil Avanza/Xenia


Titik dongkrak pada Avanza/Xenia pada bagian depan terdapat 2 titik, yaitu tepat pada bagian belakang roda depan dan tepat pada bagian tengah cross member mobil Avanza/Xenia. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.


Menggunakan Dongkrak Gunting




Jika kalian menggunakan dongkrak gunting, maka titik dongkrak kalian berada tepat pada bagian belakang ban depan mobil kalian. Berikut letak posisi yang baik dan benar.


Menggunakan Dongkrak Buaya




Sedangkan kalian menggunakan dongkrak buaya, maka titik dongkrak nya tidak berada dibagian belakang roda depan mobil kalian, tetapi berada pada bagian cross member bagian tengah yang memiliki tonjolan tersendiri dan bisa dijadikan titik dongkrak yang tepat.  Perhatikan gambar berikut letak posisi yang benar dalam mendongkrak mobil Avanza/Xenia.


Mendongkrak Bagian Belakang Mobil Avanza/Xenia


Untuk mendongkrak bagian belakang, titik dongkrak Avanza/Xenia berbeda dengan mendongkrak bagian depan. Hal tersebut dipengaruhi oleh konstruksi gardan dan axle belakang yang akan semakin turun jika titik dongkraknya yang tidak sesuai. Agar lebih memahami hal tersebut silahkan perhatikan penjelasan berikut ini.  


Menggunakan dongkrak gunting




Jika kalian menggunakan dongkrak gunting, maka titik dongkraknya berada dibagian belakang tepatnya diposisi ujung gardan baik disisi kanan atau disisi kiri. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar yang ada dibawah ini.




Menggunakan dongkrak buaya




Sedangkan jika kalian menggunakan dongkrak buaya, maka titik dongkrak kalian terletak tepat pada gardan mobil. Untuk lebih memahaminya silahkan perhatikan gambar yang ada dibawah ini.


Sekian pemabahasan kita kali ini, semoga bermanfaat. 




  


  



1 komentar:

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme