Cara Memasang Relay Lampu Pada Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia, Begini Caranya!

 on Kamis, 14 April 2022  

 Cara Memasang Relay Lampu Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia

 
 

Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Relay Lampu Mobil


Mungkin tidak sedikit pengendara mobil yang belum mengetahui kegunaan relay lampu pada mobil. Hal ini penting untuk diketahui, karena dengan mengetahui kegunaan relay lampu mobil kita jadi lebih  mudah untuk mengontrol kelistrikan.


Misalnya daya listrik lampu standar pabrikan umumnya berkapasitas 60/55 watt. Artinya lampu jauh (high beam) 60 watt dan lampu dekat (low beam) 50 watt. Tapi, jika kalian mengganti bohlam lampu mobil bagian depan dengan daya listrik yang lebih tinggi misalnya 100/90 watt, maka wajib memasang relay untuk menstabilkan sirkulasi listrik. 


Pengertian Relay Dan Fungsinya


Relay adalah salah satu komponen elektrik yang ada pada mobil. Fungsinya adalah untuk mengalirkan arus listrik dari saklar utama ke komponen listrik lainnya yang ada pada kendaraan, misalnya klakson dan tentunya lampu utama. 


Pada lampu mobil relay memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik bertegangan besar dengan sistem pengendalian arus listrik kecil. Fungsi lainnya dengan menggunakan relay akan membuat lampu mobil akan lebih terang  dan membuat saklar menjadi lebih awet.


Hal tersebut dikarenakan arus utama mobil tidak melalui saklar lampu mobil lagi, tetapi melalui relay lampu mobil. Keuntungan menggunakan relay lampu mobil kita bisa menghemat biaya perawatan lampu beserta saklarnya karena relay membuat saklar lebih awet.


Fungsi lain dari relay pada mobil adalah meminimalisir hambatan yang terjadi pada arus. Karena arus listrik yang menghambat bisa membuat lampu mobil tidak bisa menyala dengan terang dan mengakibatkan klakson tidak bisa berbunyi nyaring.


Fungsi lain dari relay berikutnya adalah melindungi saklar. Dalam menjalankan fungsinya, relay akan membuat saklar kombinasi didalam mobil agar tidak panas.  Dampak dari perlindungan relay ini adalah saklar lampu mobil tidak akan meleleh karena panas tersebut.


Cara Memasang Relay Avanza Dan Xenia


1. Langkah pertama buka kabel aki terlebih dahulu agar saat pemasangan relay tidak berbahaya.




2. Langkah kedua lepas soket lampu utama sebelah kanan dan kiri.




3. Langkah ketiga pasang relay pada dudukan diatas aki mobil lalu di baut agar terpasang dengan kuat.




4. Lalu sambungkan soket relay ke soket  bawaan mobil kalian dan sambungkan juga soket relay ke soket lampu mobil kalian.





5. Langkah selanjutnya kemudian sambungkan kabel berwarna hitam ke arus aki negatif (-) 




6. Langkah selanjutnya sambungkan kabel berwarna hitam pada relay ke arus negatif pada mobil (grounding).




7. Kemudian sambungkan kabel berwarna merah ke arus positif (+) aki mobil.




8. Langkah terakhir rapikan kabel relay tadi kemudian ikat dengan kabel ties agar tidak berbahaya.




Oke sekian pembahasan kita kali ini tentang cara memasang relay lampu pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Cara ini dapat kalian lakukan sendiri dirumah tanpa harus membawa mobil kalian ke bengkel tentunya bisa menghemat pengeluaran kalian dalam merawat mobil. 


Semoga bermanfaat.


    


   





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme