Cara Mengganti Klakson Avanza/Xenia, Begini Caranya!

 on Rabu, 27 April 2022  

Cara Mengganti Klakson Pada Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia

  

 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menaraik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.



Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.


Klakson Mobil

Klakson mobil adalah salah satu instrumen dalam mobil yang secara umum digunakan untuk memberikan syarat-syarat tertentu. Klakson juga bisa menandakan peringatan bagi mobil atau pengendara lain. 


Misalnya, mobil kalian ingin melintas persimpangan jalan yang tidak memiliki lampu lalu lintas. Tentu kalian akan spontan akan membunyikan klakson. 


Klakson juga sering digunakan untuk mengingatkan kendaraan lain yang berhenti mendadak atau saat kalian mendahului kendaraan lain. 


Jenis-Jenis Klakson


Biasanya untuk kendaraan besar seperti bus dan truk memiliki jenis klakson yang berbeda dengan mobil pribadi. Berdasarkan sumber bunyinya, klakson bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu electric horn dan air horn. 


Untuk jenis electric horn biasanya sering digunakan pada mobil pribadi, sedangkan untuk jenis air horn lebih sering digunakan pada kendaraan besar. Lalu berdasarkan tipe dan spesifikasinya klakson dibedakan menjadi tiga jenis. 


Klakson yang paling umum digunakan adalah tipe disc horn. Tipe ini berbentuk ramping dan cenderung kedap air. Klakson piringan menghasilkan bunyi dengan memanfaatkan resonansi piringan/plat.


Kemudian untuk tipe kedua adalah Fanfare atau klakson keong. Tipe ini banyak digunakan pada kendaraan Eropa yang menginginkan bunyi suara klakson yang nyaring seperti terompet. Klakson jenis memiliki ujung yang panjang seperti corong sehingga mudah kemasukan air.


Tipe yang ketiga adalah Nautilus. Tanpa memakan arus listrik yang besar, klakson ini dapat menghasilkan suara yang lantang karena memiliki tabung angin. Sebenarnya, klakson ini termasuk jenis klakson yang dipakai oleh kapal. 


Namun sudah banyak mobil yang memakai jenis klakson ini. Jika kalian ingin memakai jenis klakson ini maka sebaiknya memerhatikan kestabilan listrik mobil terlebih dahulu. 


Dan klakson ini memiliki bentuk yang cukup besar sehingga sebelum kalian memasangnya harus memikirkan posisi yang pas untuk klakson Nautilus. 


Cara mengganti klakson pada Avanza/Xenia


1. Langkah pertama buka kap mesin mobil kalian, lalu lepaskan grill mobil dengan cara melepas bautnya terlebih dahulu. 




2. Langkah kedua siapkan satu set kabel relay, sebelum memasang perlu di ingat kaki relay disambungkan ke accu (+) dan kaki relay 85, 86 disambungkan ke output klakson bawaan mobil. 




3. Pasangkan relay didekat radiator mobil kalian lalu kencangkan dengan baut. 




4. Langkah keempat sambungkan kabel warna merah dengan accu. Jika sudah tersambung kemudian sambungkan set kabel ke relay yang telah kita pasang tadi. 




5. Langkah kelima yaitu sambungkan kaki relay 85 dan 86 tadi ke output bawaan klakson mobil. 




6. Jika sudah tersambung kemudian sambungkan kaki relay 87 ke klakson mobil yang ingin kalian pasang. 




7. Selanjutnya pasang kabel ground dan klakson pada bodi mobil lalu kencangkan dengan baut agar tidak terlepas




8. Langkah terakhir coba terlebih dahulu klakson mobil kalian jika sudah berfungsi dengan baik, jgn lupa pasang kembali grill depan mobil lalu bereskan peralatan yang telah digunakan. 


Sekian pembahasan kita kali ini tentang memasang klakson pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Cara yang telah dijelaskan diatas dapat kalian coba atau kalian lakukan dirumah tanpa harus membawa mobil kalian ke bengkel sehingga dapat menghemat biaya kalian. 


Semoga bermanfaat. 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme