Cara Mengganti Minyak Rem Pada Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia, Mudah!

 on Senin, 11 April 2022  

Cara Mengganti Minyak Rem Avanza Dan Xenia



Avanza merupakan salah satu mobil mpv terlaris dari awal di rilis sampai saat ini bahkan sampai dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 bersamaan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia.



Avanza menggunakan 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual serta 2 jenis mesin yaitu 1.300cc dan 1.500cc yang sudah menggunakan teknologi VVT-i.



Pada tahun akhir tahun 2006 Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu New Avanza 1.5 S yang merupakan versi terlengkap dengan mesin 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi sensor parkir belakang, pengereman sudah menggunakan ABS, dan velg aluminium 15 inci. 


Mesin 1.500 cc VVT-i berjenis 3SZ-VE yang digunakan oleh Toyota Avanza ini sama persis dengan mesin Toyota Rush. Avanza tipe S tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis, sedangkan untuk Avanza tipe G dan E baru diluncurkan pada tahun 2009.


Minyak  Rem Mobil



Minyak rem memiliki peranan yang penting bagi mobil kalian. Tanpa adanya minyak rem ini, rem mobil tidak bisa bekerja dengan semestinya. Minyak rem bertugas untuk melumasi komponen cakram dan kampas. Keduanya akan bergesekan ketika kalian melakukan pengereman untuk menghentikan atau mengurangi laju kecepatan mobil kalian.


Fungsi Minyak Rem Mobil


Minyak rem mungkin tidak setenar komponen mobil lainnya. Namun, minyak rem memegang peranan penting dalam mengontrol kecepatan mobil kalian saat melaju dijalanan terlebih saat dalam kecepatan tinggi.


Sebagai bagian sistem pengereman, minyak rem berfungsi untuk melumasi cakram dan kampas rem. Seperti yang diketahui bahwa cakram dan kampas yang bergesekan akan mengurangi kecepatan mobil atau menghentikannya.


Ketika kedua komponen tersebut bergesekan maka akan menghasilkan panas yang membuat kedua komponen tersebut cepat aus. Namun, dengan adanya minyak rem maka gesekan kedua komponen tersebut lebih tahan terhadap panas dan tidak kering.


Selain berfungsi sebagai pelumas komponen rem, minyak rem juga berfungsi  sebagai penyalur sistem hidrolik dikarenakan sifatnya yang sama dengan fluida.


Jenis-Jenis Minyak Rem 


1. DOT 3

Jenis minyak rem ini mengandung polyglycol ether  yang higroskopik, yang artinya minyak rem jenis ini  dapat menyatu dengan air. Apabila jenis minyak rem ini bercampur dengan air, wujud dan kinerjanya sama dan tidak terganggu. namun, apabila tercampur dengan banyak air titik didihnya akan menurun. 


2. DOT 4

Untuk mobil keluaran tahun lama, jenis minyak rem yang cocok untuk mobil tersebut adalah DOT 4. Ini dikarenakan titik didih jenis minyak rem ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis DOT 3 sehingga cocok untuk mobil tahun lama yang memiliki sistem pengereman dengan suhu tinggi.


3. DOT  5 

Minyak rem jenis berbahan silikon sehingga sulit untuk menyerap air sehingga tidak menyebabkan korosi. Selain itu minyak rem jenis ini juga lebih stabil pada sistem pengereman yang bersuhu tinggi.


Cara Kerja Minyak Rem Mobil


Minyak rem bekerja untuk mencegah agar gesekan cakram dengan kampas rem tidak kering. Cara kerja minyak rem sendiri bekerja sama dengan master silinder dan piston dimana gesekan dari minyak rem akan diberi energi mekanis sehingga menghasilkan panas. Sehingga dampaknya akan membuat laju roda dapat terhenti dengan tekanan ke tromol.


Cara Mengganti Minyak Rem Avanza Dan Xenia


1. Langkah pertama kendurkan baut roda mobil kalian lalu dongkrak mobil kalian sampai  terangkat kemudian lepaskan ban mobil terlebih dahulu.


2. Kemudian siapkan peralatan untuk mengganti minyak rem yaitu, selang air ukuran kecil kira-kira panjangnya 1 meter saja kemudian kunci ukuran 10, botol bekas untuk penampung minyak rem bekas, dan minyak rem baru.




3. Langkah selanjutnya, kendurkan baut penutup minyak rem kemudian pasang selang pada bagian tersebut gunanya untuk mengeluarkan minyak rem bekas lalu masukan ujung selang kedalam botol akan minyak rem tidak tercecer dan membuat mobil kalian kotor.




4. Langkah berikutnya buka kap mesin mobil kalian lalu buka penutup wadah minyak rem lalu isi dengan minyak rem yang baru sampai penuh.




5. Langkah berikutnya kendurkan baut wipel lalu tekan-tekan pedal rem agar minyak rem dapat keluar lalu perhatikan kondisi minyak rem tersebut jika masih tampak kotor dan ada udara yang terperangkap tekan-tekan pedal rem 3 sampai 5 kali sampai minyak rem terlihat bersih.




6. Jika dirasa sudah mendapatkan kondisi minyak  rem yang bersih kencangkan kembali baut wipel dan lepaskan selang air yang terpasang tadi. Lalu pasang kembali ban mobil kalian dan jangan lupa tutup kembali penutup minyak rem dan tutup kembali kap mesin mobil kalian.




Perlu untuk diingat untuk rutin memeriksa kondisi mobil kalian agar tidak  terlambat menyadari kerusakan atau masalah yang sudah terjadi pada mobil kalian. Demikian penjelasan dan cara mengganti minyak rem pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Semoga bermanfaat.        

   
 


  
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme