Serupa Tapi tak Sama, Berikut Perbedaan Avanza Dan Xenia Terbaru

 on Minggu, 03 April 2022  

 Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Terbaru





Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.


Sejarah Avanza dan Xenia


Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menaraik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.     



Perkembangan Avanza Dari Tahun Ke Tahun


Desember 2003


Diperkenalkan pada Desember 2003, Avanza resmi diluncurkan di Indonesia dan mulai dipasarkan ke konsumen pada Januari 2004. Avanza generasi pertama hadir dalam dua tipe, yaitu tipe E dan G sebagai tipe tertinggi. Keduanya mengusung mesin 1.300 cc manual (K3-DE) DOHC 16 katup. Pada Saat itu ditawarkan dengan harga 90-100 jutaan per unit.


Agustus 2004




Tujuh bulan setelah peluncuran pertama Avanza, PT Toyota Astra Motor merilis tipe terbaru, yaitu tipe S dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Dengan kapasitas mesin yang sama dengan tipe sebelumnya, hanya tipe mesinnya yang berubah menjadi K3-VE DOHC 16 katup 1.300 cc yang sudah mengusung teknologi VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent). Dan sudah dibekali sistem pengereman ABS.


Oktober 2008




Penyegaran kembali dilakukan, penyegaran kali ini berlaku untuk semua tipe Avanza misalnya perubahan foglamp pada tipe G dan S. Lalu perubahan desain bumper, center mesh bumper, adanya roof lining, penambahan ornamen krom pada pada pintu belakang untuk tipe G dan S. Serta tersedia warna baru wine red dan dark grey. 


November 2011



Pada tahun 2011 Avanza generasi kedua resmi meluncur, dan terbagi menjadi dua yaitu All New Toyota Avanza (1.3 E, 1.3 G, dan 1.5 G) dan All New Toyota  Avanza Veloz sebagai model tertinggi dengan desain sporty dan fitur yang lebih komplet. 


Agustus 2015 




Pada tahun 2015 Grand New Avanza resmi meluncur. Khusus  untuk Veloz tidak menggunakan nama Avanza lagi. Perbedaan keduanya yang paling mencolok adalah dari segi wajahnya yang kini menggunakan bahasa desain modern Toyota 'Keen Look'. Grand New Avanza terlihat lebih elegan, sedangkan Grand New Veloz terlihat lebih sporty.


Perkembangan Xenia Dari Tahun Ke Tahun


Desember 2003




Diluncurkan bersamaan dengan saudara kembarnya, Avanza. Daihatsu Xenia menyediakan tiga tipe, yaitu Mi dan Li yang mengusung mesin 1000 cc DOHC (EJ-DE) serta Xi sebagai tipe tertinggi menggunakan mesin 1300 cc (K3-DE) dan semuanya menggunakan transmisi manual.



Juli  2005 


PT Astra Daihatsu Motor memberi ubahan pada Xenia tipe Li untuk menambah kemewahan dan kenyamanan di tipe menengah bermesin 1000 cc nya. Seperti penambahan power steering, takometer, dan foglamp yang akhirnya menjadi fitur standar tipe Li.


Juli 2006 




Pada tahun tersebut Xenia mengalami minor change. Baik interior ataupun eksterior. Contoh yang mengalami minor change adalah bagian depan mobil seperti bumper, gril radiator, dan lampu baru. Sedangkan pada bagian belakang desain lampu mengalami perubahan yang membuatnya semakin terlihat menarik.


Untuk sektor mesin sudah mengadopsi VVT-i, baik 1000 cc dan 1300 cc. Khusus mesin 1300 cc tipe mesinnya berubah, dari K3-DE menjadi K3-VE.


November 2011




Pada tahun 2011 meluncur Xenia generasi kedua muncul ke publik dan haidr dengan sejumlah penyempurnaan. Dan digenerasi yang kedua ini Xenia hadir dalam beberapa jenis mesin yaitu, EJ-VE 3 silinder 12 katup 984 cc dan K3-VE 4 silinder 16 katup 1300 cc. Dan memiliki 4 tipe yaitu, 1.0 D bertransmisi manual, 1.3 X bertransmisi manual, dan 1.3 R yang bertransmisi manual dan matic.


Agustus 2015




Generasi ketiga keluarga Xenia resmi diluncurkan pada tahun 2015. Jika Avanza embel-embel grand new maka untuk Xenia menggunakan nama great new. Pada generasi ketiga ini Xenia hadir dengan improvement pada beberapa sektor.


Meliputi penyegaran eksterior, mesin baru yang bertenaga serta fitur-fitur yang mempuni. Great new Xenia menawarkan dua pilihan mesin yaitu, 1000 cc dan 1300 cc.



Perbedaan Avanza dan Xenia Terbaru



Duet mobil dengan julukan "mobil sejuta umat" ini mendapatkan pembaharuan yang membuatnya semakin mewah dan elegan di generasi ketiga nya. Berbagai fitur ditambahkan, termasuk meningkatkan desainnya yang tampil semakin menawan. Lantas apa saja perbedaan antara Avanza dan Xenia terbaru? Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasan berikut ini.


Eksterior Avanza dan Xenia


Secara keseluruhan, tampilan luar Avanza dan Xenia mendapat perubahan yang menyeluruh sehingga membuatnya tampak lebih gagah dan sporty. Serta perubahan grille yang lebih besar dan perubahan lampu depan yang lebih tipis membuatnya terlihat semakin sleek


Tapi dilihat dari bagian depan akan terlihat perbedaannya, dimana All new xenia menghadirkan kesan sporty dengan aksen berwarna merah pada fascia depan. Begitu pula untuk foglamp Xenia memiliki bentuk foglamp vertikal dan Avanza memiliki bentuk foglamp seperti bumerang.


Interior Avanza dan Xenia 




Peningkatan tidak hanya untuk eksterior kedua mobil tersebut, tapi juga sektor  interior mendapatkan peningkatan. Seperti pembaharuan tampilan dashboard memberikan kesan mewah dan meningkatkan tampilan premium pada mobil andalan Toyota dan Daihatsu ini. Tapi perbedaan dapat ditemukan di kedua model.


Yang pertama, bagian dashboard Xenia terlihat lebih sporty layaknya eksterior  dengan aksen warna merah terpampang disekujur dashboard. Begitu pula ada fitur yang dipangkas, yaitu seatbelt reminder yang sudah tidak ditemukan pada Xenia  generasi terbaru tersebut. Tetapi diganti dengan card holder untuk kepraktisan di Xenia  terbaru.


Untuk peningkatan selama berkendara, bagian setir pada Xenia hanya dilengkapi tilt steering saja. Berbeda dengan Avanza terbaru yang sudah dilengkapi tilt steering dan telescopic steering. 


Fitur Avanza dan Xenia




Avanza dan xenia  sama-sama mendapatkan head unit 9 inci yang lebih besar dari  generasi sebelumnya. Hanya saja ada perbedaan pada konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay yang belum ditemukan pada Avanza. Bahkan Xenia tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan kamera 360 derajat layaknya Toyota Veloz.


Dalam sektor keselamatan Toyota dan Daihatsu sama-sama menanamkan fitur keselamatan tercanggih dikedua  mobilnya. Jika Toyota memasang Toyota Safety Sense (TSS) maka Daihatsu membawa fitur yang bernama Advanced Safety Assist (ASA). Nmaun Avanza sudah dibekali fitur Blind Spot Monitoring Assist dan Rear Crossing Traffic Alert.


Mesin Avanza dan Xenia




Perihal mesin Avanza dan Xenia memiliki banyak kesamaan. Karena Xenia sudah tidak menggunakan mesin 1000 cc, tetapi mengganti nya  dengan pilihan mesin 1300 cc dan 1500 cc yang sama dengan Avanza. 


Mesin 1300 cc mampu menghasilkan tenaga maksimal 93 hp pada 6000 rpm dan torsi maksimalnya 121 nm pada 4300 rpm. Bandingkan dengan keluaran tenaga 103 hp pada 6000 rpm dan torsinya bisa mencapai 138 nm pada 4200 rpm pada mesin 1500 cc. Keduanya sama-sama menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan matic CVT.


Kedua mobil ini memang mendapatkan ubahan yang signifikan. Perbedaan Avanza dan Xenia terbaru ini terlihat jelas, dimana Toyota fokus memberikan fitur yang lebih lengkap, sedangkan Daihatsu membawa kepraktisan bagi penumpang. sedangkan untuk kenyamanan kedua mobil ini masih sama kenyamanannya.


Oke sekian pemabahasan kita kali ini  tentang perbedaan Avanza dan Xenia terbaru. Semoga bermanfaat. 
          


    


   






 





  









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme