Tips Agar Toyota Avanza Nyaman Saat Dikendarai, Begini Caranya!

 on Sabtu, 09 April 2022  

 Tips Agar Avanza Nyaman Saat Dikendarai


Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menaraik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Tips Membuat Avanza Senyaman Sedan Saat Dikendarai


Membuat Avanza senyaman sedan memerlukan trik tersendiri. Sebagai salah satu mobil murah buatan Toyota walaupun harganya tidak semurah LCGC. Maka tidak dapat dipungkiri kalau terkadang terdapat beberapa hal yang membuat pengendara merasa tidak nyaman saat mengendarainya. Misalnya suspensi yang terlalu keras atau peredaman kabin yang kurang senyap.  


Selain itu, bagian dalam Avanza kerap kali membuat bodi mobil terasa bergoyang ketika mobil melaju kencang dengan kecepatan tinggi. Sebenarnya hal tersebut dapat diakali dengan sedikit trik sehingga dapat membuat Avanza senyaman sedan.


Pertama-tama kita harus tahu terlebih dahulu permasalahan apa yang sering terjadi pada Avanza sehingga membuatnya kurang nyaman untuk dikendarai, serta cara mengatasinya sebagai berikut.


Suspensi Avanza Terlalu Keras


Mobil Avanza memiliki suspensi yang keras terutama untuk keluaran tahun 2008 kebawah. Sebenarnya suspensi yang keras ini dirancang untuk bisa mengangkut 7 orang penumpang agar tidak menempel ketanah atau gasruk ketika mobil dalam kondisi penuh.


Tetapi, jika jarang bepergian dan tidak membawa muatan yang banyak maka suspensi yang keras bisa membuat tidak nyaman bagi pengendara mobil. Faktor yang membuat suspensi avanza cenderung keras adalah bagian per keong atau pegas serta shockbreaker. 



Agar suspensi jadi lebih empuk, maka kalian bisa mengganti 2 komponen yang telah disebutkan tadi dengan komponen yang lebih nyaman agar suspensi Avanza kalian lebih terasa empuk. Kalian bisa mengganti per keongnya saja atau bisa diganti sekalian dengan bagian shockbreaker nya.


Kalian bisa menggunakan komponen mobil lain seperti Innova, jika kalian ingin memakai komponen aftermarket tetapi harga cukup mahal bisa mencapai jutaan rupiah. Biasanya harga komponen shockbreaker dapat mencapai 2 jutaan rupiah untuk aftermarket merk King Spring.


Jika kalian ingin lebih murah dapat menggunakan komponen second atau bekas dari kendaraan lain contohnya milik Innova. Itulah tips agar Avanza kalian bisa senyaman sedan, tidak ada salahnya kalian megganti komponen yang sudah disebutkan diatas.


Suara yang bising di mesin mobil


Keluhan kedua yang mungkin sering terjadi adalah tentang suara mesin yang terlalu berisik. Jika suara mesin Avanza milik kalian terlalu berisik maka ada cara untuk mengakalinya agar suaranya tidak terlalu berisik. Caranya yaitu dengan memakai lembaran aftermarket khusus untuk mobil.


Kalian bisa memasang peredam tersebut dibagian dinding pembatas antara kabin atau firewall dengan ruang mesin. Bagian ini adalah bagian yang sering membuat suara bising pada mesin mudah masuk ke kabin.



Dengan memasang peredam ini tidak akan membuat rusak bagian dalam kabin sehingga aman digunakan. Dan cara pemasangan peredam ini sangatlah mudah hanya ditempelkan saja karena sudah ada lem perekatnya.


Peredam ini bisa kalian dapatkan di toko komponen mobil mana saja atau dapat kalian beli di toko online. Agar dapat bekerja dengan maksimal gunakan 2 lembar peredam berbahan aspalt pada bagian firewall.


Namun, sebaiknya jangan memasang peredam terlalu banyak karena dapat membuat beban mobil menjadi bertambah berat. Pasang sesuai kebutuhan hingga suara bisingnya dapat berkurang atau tidak terlalu bising lagi.


Itulah beberapa tips yang dapat kalian gunakan agar Avanza kalian bisa senyaman sedan. Sebenarnya banyak mekanik mobil yang mengatakan Toyota Avanza tidak nyaman untuk bagian kaki-kaki nya yang memang sedikit limbung. 


Hal tersebut dikarenakan bagian suspensi yang tidak terlalu baik. Oleh karena itu sebaiknya kalian memfokuskan mengganti komponen tersebut. Semoga bermanfaat.     




    


 

 


 



 



1 komentar:

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme