Cara Memasang Towing Hook Avanza Dan Xenia, Mudah Bisa Pasang Sendiri!

 on Jumat, 06 Mei 2022  

 Cara Memasang Towing Hook Pada Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia


 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menaraik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.


Apa Itu Towing Hook? 


Towing Hook adalah salah satu aksesoris pada kendaraan dan sudah menjadi tren mobil-mobil yang ada di Indonesia. Bentuk aksesoris satu ini, seperti batang besi yang memiliki bagian untuk di kaitkan. 


Untuk towing hook sendiri memiliki 2 jenis yang tersedia sesuai tempat pemasangannya. Salah satu jenisnya adalah triangular shaped system yang biasanya disambungkan pada bagian depan mobil. 


Fungsi Towing Hook


Towing hook tak hanya berfungsi sebagai aksesoris mobil tetapi memiliki fungsi yang lebih dari sebuah variasi serta mempunyai kegunaan yang terbilang cukup vital atau penting. Lantas apa saja fungsinya? Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasan berikut ini. 


1. Titik tumpu untuk menderek atau menarik mobil saat mogok


Fungsi towing hook pada mobil utamanya adalah sebagai titik tumpu pengait pada saat menarik kendaraan lain. Mengingat fungsinya sebagai pengait, maka titik tumpu untuk memasang towing hook harus benar-benar kuat. 


Pada beberapa kasus, towing hook mobil bisa menjadi tumpuan untuk menarik beban seberat 1 ton. Meskipun begitu, pastikan bobot mobil yang akan ditarik tidak lebih dari 85% bobot total kendaraan. 


Bentuk yang paling umum digunakan umumnya berbentuk bola untuk memudahkan peletakkan alat kait. Dilihat dari fungsinya, kesalahan pada pemasangan tidak dapat ditoleransi dan dapat menimbulkan kecelakaan.


2. Melindungi bumper dari benturan


Perlu diketahui bahwa towing hook terbuat dari baja sehingga mampu melindungi bumper dari penyok yang diakibatkan menabrak atau menghantam sesuatu dengan keras. 


Oleh karena itu, towing hook dimanfaatkan oleh pengendara mobil untuk mencegah penyok pada bumper depan dari benturan sehingga meminimalisir terjadinya penyok pada bodi kendaraan kalian. 


Jika kalian sering kesal akibat penyok pada bumper bagian depan, kalian dapat mempertimbangkan pemasangan aksesoris yang satu ini agar bagian bumper terhindar dari penyok akibat menabrak kendaraan lain atau menabrak sesuatu. 


3. Membuat tampilan mobil semakin menarik


Fungsi towing hook yang lain adalah membuat tampilan mobil kalian menjadi lebih menarik. Kebanyakan pemilik mobil akan memasang aksesoris towing strap saat pertama kali memiliki kendaraan. 


Jika saat ini kalian memiliki tipe mobil MPV, sedan, ataupun hatchback maka pemasangan towing hook dapat merubah kesan mobil kalian menjadi tidak kalah keren dan menarik dari mobil bertipe SUV. 


Dari beberapa fungsi towing hook tersebut maka kalian tidak perlu ragu untuk memasang towing pada mobil milik kalian. Bukan hanya sekedar untuk aksesoris saja tetapi sangat berguna bagi kalian yang sering menghabiskan waktu dijalan. 


Cara Memasang Towing Hook Pada Toyota Avanza/Daihatsu Xenia


1. Langkah pertama masukan towing hook kedalam dudukan towing hook yang ada didepan mobil kalian kemudian kencangkan dengan kunci Inggris jangan lupa lapisi dengan kain agar tidak lecet atau tergores. 




2. Langkah kedua pasangkan pengait towing hook lalu kencangkan dan posisikan ujung towing hook mendatar agar terlihat lebih menarik jangan lupa coba terlebih dahulu towing hook kalian, jika dirasa kurang kencang maka kencangkan kembali. 





Sekian pembahasan kita kali ini tentang cara memasang towing hook pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Semoga bermanfaat









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme