Kekurangan Dan Kelebihan Toyota Veloz Yang Perlu Kalian Ketahui, Simak Sebelum Membelinya!

 on Minggu, 29 Mei 2022  

Kekurangan Dan Kelebihan Toyota Veloz Terbaru

 

All New Veloz kini hadir dalam generasi terbaru dengan mengusung desain yang juga baru, tetapi sekilas  mirip dengan All new Avanza. Kalau dulu Veloz masih mengusung nama Avanza didepan namanya. Saat ini berdiri sendiri dan menyajikan beragam fitur satu tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan toyota Avanza. All New Veloz hadir dalam tiga tipe yang berbeda yaitu Veloz M/T, Veloz Q  CVT, dan Veloz Q TSS (Toyota Safety Sense).
 
 

Perbedaan Toyota Avanza Dan Toyota Veloz


Baik Veloz maupun Avanza hadir dengan bentuk wajah yang baru. Nah, bentuk wajah inilah yang menjadi pembeda antara Avanza dan Veloz. Toyota Avanza hadir dengan bentuk grille trapesium layaknya Raize sedangkan Toyota Veloz hadir dengan bentuk grille depan honeycomb. 
 
 
Perbedaan juga terlihat pada sektor interior. Interior Avanza terlihat terlalu biasa jika dibandingkan interior pada Toyota Veloz.Terlihat dari jok Avanza yang masih menggunakan bahan fabric sedangkan Veloz sudah menggunakan kombinasi kulit pada bagian jok nya tetapi tidak heran karena perbedaan harga keduanya cukup jauh.
 
 
Selain itu Avanza dan Veloz memiliki dimensi yang berbeda. All New Avanza memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730, serta tinggi 1.700 mm (tipe 1.3 M/T 1.665 mm). Sedangkan All New Veloz memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Jarak sumbu roda keduanya sama yaitu 2.750 mm.
 
 
Veloz tidak hanya memisahkan diri dengan Avanza, melainkan juga memisahkan diri dengan Xenia. Karena Veloz tidak di produksi lagi oleh PT Astra Daihatsu Motor melainkan di produksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Meski demikian, keduanya sama-sama dikembangkan dengan sistem penggerak FWD atau berpenggerak roda depan dan dipadukan suspensi baru sehingga menambah kenyamanan.
 
 

Kelebihan All New Veloz


Sebagai produk terbaru dari Toyota, wajib hukumnya bagi kalian untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan All New Veloz agar tidak menyesal dikemudian hari. Kelebihan dan kekurangan All New Veloz setidaknya akan memberikan kalian gambaran apakah All New Veloz cocok untuk keperluan kalian dan apakah Low MPV ini bisa diandalkan untuk dikendarai sehari-hari.
 
 

1. Desain ala SUV

 

Meski sudah berpisah dengan Avanza, All New Veloz akan mengisi segmen Low MPV untuk bersaing dengan Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, hingga Wuling Confero. veloz terlihat tampil lebih gagah dan terkesan menjadi mirip SUV. Eksteriornya serba baru berkat kehadiran lampu depan yang sudah menggunakan LED sequential turnlamp, fog lamp, hingga grille honeycomb.
 
 

2. Interior lebih premium



Jika dibandingkan dengan All New Avanza, kabin All New Veloz tampak lebih premium. Terlebih diperkuat dengan hadirnya New Integrated 9 Inch Head Unit yang disematkan pada Veloz. Sehingga para penumpang dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan berkat fitur hiburan yang lengkap.
 
 
Selain itu All New Veloz sudah dilengkapi dengan fitur wireless charging di konsol tengah sebagai fitur premium bersama dengan fitur Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir atau handbrake. Selain fitur tersebut terdapat pula Engine start/stop button dan fitur New auto AC yang dapat mendinginkan suhu kabin secara otomatis.
 
 

3. Handling lebih baik

 

All New Veloz mampu memberikan stabilitas pengendalian yang prima dan memberikan kenyamanan berkendara yang diperkuat dengan dengan desain bodi yang lebar dan jarak sumbu roda yang panjang. Selain itu All New Veloz punya suspensi  yang lebih nyaman dibandingkan dengan All Avanza, hal tersebut dikarenakan Toyota mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik spring rate dan damper.
 
 

4. Dibekali fitur TSS (Toyota Safety Sense)

 

TSS pada All New Veloz terdiri dari empat fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk mengurangi resiko tabrakan dengan kendaraan lain yang ada di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan. 
 
 
Lalu fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat. Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tiba-tiba dengan memberikan suara alarm.
 
 
Dan tidak kalah penting fitur selanjutnya adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil yang ada di depan tiba-tiba bergerak. Selain itu All New Veloz dibekali beragam fitur keselamatan terkini seperti Electronic Brake Distribution, Braking Assist, dan 6 Airbag, kamera 360 derajat, Rear Crosing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring. Sebagai catatan bagi kalian menginginkan fitur yang tewlah disebutkan tadi ada pada Veloz tipe tertinggi.
 
 

Kekurangan All New Veloz

 

1. Head unit sering eror

 

Head unit Veloz berukuran 9 inci pada bagian interior Veloz membuatnya tampak premium. Tetapi head unit tersebut kerap eror jika dihubungkan dengan bluetooth, hal tersebut tentunya cukup membuat rasa  yang kurang nyaman ketika berkendara ke tempat yang cukup jauh serta dalam waktu yang lama.
 
 

2. Tidak ada cruise control

 

Sayangnya, walaupun sudah dibekali fitur TSS yang biasanya tersemat pada mobil Toyota 500 jutaan ke atas nyatanya fitur cruise control masih belum tersemat pada All New Veloz. Padahal fitur cruise control memungkinkan kendaraan melaju tanpa harus menginjak pedal gas. Mobil akan melaju pada kecepatan konstan secara terus menerus saat fitur ini diaktifkan. Sehingga diharapkan dapat menghemat BBM karena berkendara pada kecepatan kendaraan yang konstan, selain itu fitur ini sangat berguna saat bepergian dalam jarak yang jauh karena dapat mengurangi pegal karena terus menerus menginjak pedal gas.
 
 

Harga All New Veloz

 

All New Veloz ditawarkan dalam tiga tipe yang berbeda. Kalian bisa menyesuaikan harga All New Veloz dengan fitur yang dibutuhkan. Berikut daftar harganya.
1. Veloz M/T : Rp 251.200.000
2. Veloz Q CVT : Rp 272.100.000
2. Veloz Q CVT TSS : Rp 291.500.000
 
 
Sekian pembahasan kita tentang kekurangan dan kelebihan All New Veloz. Semoga bermanfaat.              
 

 

     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme