Mudah! Begini Caranya Mengganti Bohlam Lampu Belakang Avanza Dan Xenia

 on Sabtu, 14 Mei 2022  

 Cara Mengganti Bohlam Lampu Belakang Pada Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia


 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.


Lampu Belakang Mobil


Lampu pada mobil bukan hanya untuk mempercantik tampilan mobil tetapi juga memiliki makna atau menjadi isyarat untuk pengendara yang ada dibelakang kita. Mulai dari lampu depan atau headlamp sampai lampu belakang memiliki fungsinya tersendiri. 


Dari sekian banyak jenis lampu yang terdapat pada mobil setidaknya kalian harus mengenal dan mengetahui fungsi beberapa lampu tersebut sehingga nantinya tidak terjadi kesalah pahaman saat pengoperasiannya. Lantas apa saja jenis yang perlu diketahui? Untuk mengetahuinya simak penjelasannya berikut ini. 


1. Lampu mundur




Lampu yang satu ini ada pada bagian belakang mobil kalian dan otomatis akan menyala putih ketika kalian memasukkan gigi mundur, sehingga dapat digunakan untuk memberi isyarat ke pengendara lain yang ada dibelakang untuk mundur atau memberi jalan ketika mobil kalian mundur. 


2. Lampu rem




Lampu rem ini, dikenal juga dengan nama stop lamp atau brake lamp. Dimana memang ada dua bagian, diantaranya dipakai untuk memberikan isyarat kepada pengemudi yang ada dibelakang kalian. 


Bahwa tengah menurunkan kecepatan kendaraan, sehingga pengemudi yang ada di belakang kalian ikut menurunkan kecepatan kendaraannya. Umumnya lampu ini akan memancarkan cahaya warna merah terang sehingga mudah untuk dilihat meskipun dalam keadaan gelap atau berkabut. 


3. Lampu hazard




Lampu hazard atau yang dikenal lampu peringatan bahaya, seperti diantaranya adalah ketika mobil kalian berhenti mendadak atau mogok di tengah jalan. Biasanya lampu yang satu ini memancarkan warna kuning atau orange terang di keempat sisi kendaraan kalian, dua didepan dan dua di bagian belakang. 


4. Lampu sein




Lampu sein atau lampu yang digunakan untuk berbelok, fungsinya adalah untuk memberikan tanda atau isyarat untuk pengendara lain, bahwa kendaraan kalian akan berbelok ke kanan atau ke kiri sesuai dengan arah lampu sein, sehingga jangan sampai salah untuk menghidupkan lampu sein agar kalian terhindar dari hal yang tak diinginkan. 


Jenis-jenis lampu mobil


1. Halogen




Mayoritas mobil yang ada di pasaran sekarang menggunakan halogen untuk headlamp mereka. Salah satu sebab mobil di pasaran mayoritas menggunakan headlamp halogen adalah cenderung lebih terang dan umurnya lumayan panjang.


Pada mobil, headlamp halogen dapat di gunakan untuk fungsi lampu jarak jauh, dekat, hingga lampu kabut (foglamp). Cahaya yang berasal dari headlamp halogen berasal dari bohlam dan reflektor dengan desain kompleks.


Sedangkan, untuk alternatif lampu beam (lampu dim) bisa diarahkan dengan lensa proyektor yang terdapat pada penutup headlamp. Umumnya, lampu halogen memiliki daya output 55 watt. Apabila lebih dari itu, penggunaan lampu halogen hanya di anggap membuang energi akibatnya menyebabkan lampu cepat panas. 



2. Light Emitting Diodes (LED)




Awalnya lampu led digunakan pada senter kecil, ponsel, dan televisi. Salah satu keunggulan lampu jenis ini adalah kemampuannya dalam mencapai pijar jutaan perdetik.


Saat digunakan sebagai indikator lampu rem, led dapat membantu pengemudi mobil dibelakang untuk lebih cepat bereaksi sekitar 30%. Dan jika led dijadikan headlamp memiliki ketahanan sekitar 15.000 jam.


Tidak hanya itu saja lampu led juga mampu mengonversi energi secara langsung menjadi cahaya, bukan hanya energi panas. Jadi, panas yang dihasilkan oleh lampu led hanya terdapat pada komponen elektriknya saja, bukan pada permukaan bohlam.



3. High Intensity Discharge (HID)




Headlamp jenis ini terbuat dari logam yang cukup langka dan unsur gas sehingga menghasilkan cahaya putih yang terang. Dulu, headlamp diarahkan kedepan (ke jalan), tetapi sekarang arah bohlam nya cenderung mengarah keatas.Uniknya, meskipun out pun cahayanya cukup terang tetapi ukuran watt yang dibutuhkan cukup kecil, yakni 35 watt dan dapat bertahan selama 2.000 jam.


Lampu HID juga dikenal sebagai xenon light karena terdiri dari pijaran gas xenon. Xenon inilah yang membuat lampu berkedip-kedip saat dinyalakan sekaligus menjaganya agar mendapatkan iluminasi hingga mencapai cahaya maksimum. 


Namun, biasanya kedipan tersebut hanya berlangsung selama beberapa menit saja. Beberapa mobil yang menggunakan head lamp HID biasanya hanya pada low beam-nya saja sedangkan fitur high beam-nya tetap menggunakan halogen


Cara Mengganti Lampu Belakang Avanza/Xenia


1. Langkah pertama lepas cover lampu belakang dengan menggunakan kunci ukuran 10 lalu lepaskan baut cover lampu yang ada dibagian atas dan bawah cover lampu.




2. Jika cover lampu sudah terlepas, langkah selanjutnya yaitu lepas bohlam yang ingin kalian ganti  dengan yang baru. 


3. Kemudian pasang bohlam yang baru, setelah terpasang masukan kembali bohlam kedalam cover lampu belakang.




4. Langkah selanjutnya mencoba terlebih dahulu lampu bohlam yang sudah diganti apakah sudah menyala dengan semestinya atau belum. Jika sudah dirasa menyala dengan semestinya pasang kembali cover lampu belakang mobil kalian.




Sangat mudah bukan? Tentunya kalian bisa memasang lampu belakang  mobil kalian sendiri di rumah tanpa harus membawa mobil ke bengkel sehingga dapat mengurangi pengeluaran kalian untuk biaya perawatan mobil. Cara tersebut dapat juga digunakan atau diaplikasian untuk Daihatsu Xenia karena kedua mobil tersebut merupakan mobil yang sama persis.


Semoga bermanfaat.      








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme