Alasan Mengapa Toyota Avanza Tetap Laris Manis Hingga Saat ini, Ini Jawabannya!

 on Jumat, 17 Juni 2022  

 Mengapa Duo Avanza Dan Xenia Selalu Laris Manis Di Pasaran?

 
 
Siapa yang tak kenal dengan mobil kembar dari pabrikan yang berbeda ini. Ya, mereka adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Sejak pertama kali hadir pada tahun 2003 mereka langsung  memimpin penjualan Low MPV di Indonesia. Angka penjualannya pun cukup fantastis saat ini sudah menyentuh lebih dari 1 juta unit.
 
 
Tambahan informasi, Avanza hanya butuh waktu 9 tahun untuk menembus angka penjualan 1 juta unit. Angka penjualan yang sangat fantastis, mengingat salah satu  mobil  yang  cukup populer juga di Indonesia yaitu Toyota Kijang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menembus angka penjualan 1 juta unit yaitu selama 26 tahun.
 
 
Walaupun saat ini segmen Low MPV semakin banyak pilihannya. Tetapi Avanza tetap menjadi salah satu pilihan utama konsumen di Indonesia.
 
 

Perkembangan Avanza Dari Tahun Ke Tahun


Desember 2003


Diperkenalkan pada Desember 2003, Avanza resmi diluncurkan di Indonesia dan mulai dipasarkan ke konsumen pada Januari 2004. Avanza generasi pertama hadir dalam dua tipe, yaitu tipe E dan G sebagai tipe tertinggi. Keduanya mengusung mesin 1.300 cc manual (K3-DE) DOHC 16 katup. Pada Saat itu ditawarkan dengan harga 90-100 jutaan per unit.


Agustus 2004




Tujuh bulan setelah peluncuran pertama Avanza, PT Toyota Astra Motor merilis tipe terbaru, yaitu tipe S dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Dengan kapasitas mesin yang sama dengan tipe sebelumnya, hanya tipe mesinnya yang berubah menjadi K3-VE DOHC 16 katup 1.300 cc yang sudah mengusung teknologi VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent). Dan sudah dibekali sistem pengereman ABS.


Oktober 2008




Penyegaran kembali dilakukan, penyegaran kali ini berlaku untuk semua tipe Avanza misalnya perubahan foglamp pada tipe G dan S. Lalu perubahan desain bumper, center mesh bumper, adanya roof lining, penambahan ornamen krom pada pada pintu belakang untuk tipe G dan S. Serta tersedia warna baru wine red dan dark grey. 


November 2011



Pada tahun 2011 Avanza generasi kedua resmi meluncur, dan terbagi menjadi dua yaitu All New Toyota Avanza (1.3 E, 1.3 G, dan 1.5 G) dan All New Toyota  Avanza Veloz sebagai model tertinggi dengan desain sporty dan fitur yang lebih komplet. 


Agustus 2015 




Pada tahun 2015 Grand New Avanza resmi meluncur. Khusus  untuk Veloz tidak menggunakan nama Avanza lagi. Perbedaan keduanya yang paling mencolok adalah dari segi wajahnya yang kini menggunakan bahasa desain modern Toyota 'Keen Look'. Grand New Avanza terlihat lebih elegan, sedangkan Grand New Veloz terlihat lebih sporty.
 
 

November 2021

 

Pada tahun 2021 generasi Avanza terbaru  telah hadir di Indonesia. Pada generasi  terbaru ini Avanza membawa tampilan yang serba baru serta  berbeda dengan generasi sebelumnya, perubahan yang dibawa  meliputi tampilan yang lebih gagah dan bertambahnya fitur  yang semakin lengkap.
 
 
Untuk soal tampilan Avanza generasi  terbaru ini hadir dalam dimensi yang cukup besar yakni panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tingginya menjadi 1.700 mm. Fitur pada generasi terbaru Avanza kali ini cukup lengkap diantaranya Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, dan Seatbelt Warning.
 
 
Untuk  soal harga Avanza generasi terbaru ini dibanderol mulai dari Rp 206.200.000 sampai dengan Rp  264.600.000 (untuk tipe 1.5G CVT TSS).
 

 

Mengapa Avanza Selalu Laris Manis?

Pertanyaan ini pasti sering terlontar bagi banyak orang yang masih bingung mengapa Avanza bisa selalu laris penjualannya dari tahun ketahun. Lantas apa yang menjadi penyebab Avanza bisa laris manis di pasaran Indonesia? Untuk mengetahuinya yuk simak beberapa penjelasannya berikut ini.
 

 

1. Tahan Banting

Mengapa bisa disebut tahan banting? Bagaimana tidak disebut tahan banting, karena Toyota Avanza mampu melibas berbagai medan jalan baik jalanan aspal  yang datar, naik turun seperti di pegunungan. Bahkan jalanan berbatu  atau berlumpur sedang mampu dilibas oleh Toyota Avanza.
 
 

2. Performa mesin

Mesin Toyota Avanza dikenal cukup tangguh dan bandel. Walaupun mobil penuh dengan penumpang dan membawa beban barang yang banyak tetapi tetap  sanggup melewati medan jalanan yang cukup berat. Selain itu konsumsi bbm nya  pun sangat irit terlebih untuk varian mesin 1.300 cc nya.


3. Sparepart murah

Selain dikenal tahan banting dan performa mesinnya bisa diandalkan, harga sparepart dari mobil ini terbilang cukup murah dan tidak menguras kantong. 

Selain harga sparepart nya yang terbilang cukup murah, sparepart mobil ini juga sangat mudah untuk ditemukan mulai dari bengkel kecil hingga bengkel besar pasti menyediakan sparepart Avanza. 

Dan harga sparepart tersebut terbagi beberapa kelas tergantung kocek kalian. Mulai dari grade 1, grade 2 atau grade 3 bahkan sparepart KW nya pun ada dengan harga yang sangat murah, tetapi Dunia Oto menganjurkan tetap memakai sparepart original karena sudah bisa dipastikan kualitasnya. 


4. Nilai jual kembali menjanjikan

Selain harga beli yang cukup terjangkau, nilai jual kembali atau resell value merupakan salah satu alasan mengapa mayoritas masyarakat Indonesia memilih Toyota Avanza. 

Harapannya agar harga jual kembali cukup menguntungkan walau kendaraan sudah lama digunakan. Bermodalkan keunggulan produk yang sudah teruji sekian lama, maka tak mengherankan pasaran mobil bekas Toyota Avanza terbilang cukup stabil dan menjanjikan bagi pemiliknya jika ingin menjualnya kembali. 


Sekian pembahasan kita kali ini tentang alasan mengapa Toyota Avanza bisa sangat laris di pasaran, bagi kalian yang masih mempertimbangkan ingin membeli sebuah mobil yang murah, irit, dan performanya sudah teruji kalian bisa mempertimbangkan untuk membeli Toyota Avanza baik keadaan baru atau bekas. 


Semoga bermanfaat. 




 
 
     
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
      



1 komentar:

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme