Arti Lampu Indikator Pada Speedometer Avanza Lengkap!

 on Kamis, 02 Juni 2022  

Arti Lampu Indikator Pada Speedometer Toyota Avanza

 

 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.
 
 

Lampu Indikator


 
Fungsi utama lampu indikator adalah sebagai sinyal  yang menandakan adanya permasalahan pada beberapa bagian atau komponen pada mobil. Apabila lampu indikator telah menyala sebaiknya segera membawa mobil kalian ke bengkel. Di dalam mobil terdapat sensor pada sistem elektroniknya. 
 
 
Sensor inilah yang dinamakan dengan lampu indikator dan akan memberitahu hal yang tidak wajar pada mobil. Namun begitu perlu kalian ingat tidak semua notifikasi  yang tampil pada speedometer menandakan hal buruk  yang terjadi pafa mobil, namun tetap harus waspada.
 
 
Ada 2 jenis lampu indikator yang harus kalian ketahui diantaranya:
 
1. Merah, mengindikasikan ada masalah dan harus diantisipasi dengan cepat seperti masalah sistem pengereman, rendahnya tekanan oli atau overheat.
 
2. Orange, mengindikasikan adanya hal yang tidak wajar pada mobil. Pada kondisi ini kalian tetap bisa mengendarai mobil tapi perlu diingat, segera periksa kan mobil kalian ke bengkel terdekat.
 
 

Arti Lampu Indikator Pada Toyota Avanza/Daihatsu Xenia 
 
 
1. Lampu Indikator Oli Mesin
 

Jika lampu indikator ini menyala, itu artinya tekanan oli mobil Avanza kalian rendah sehingga mengakibatkan performa mesin menjadi tidak optimal. Bahkan jika kalian mengabaikan isyarat dari lampu indikator ini bisa berakibat fatal karena dapat mempengaruhi kesehatan mesin.
 
 
2. Lampu Indikator Pengisian Daya Kelistrikan
 


Berikutnya pada lampu indikator yang terlihat seperti aki ini adalah lampu inikator pengisian daya kelistrikan. lampu indikator ini menunjukkan adanya masalah atau malfungsi pada sistem pengisian (charging system). Sistem pengisian ini berfungsi untuk mengisi arus listrik ke baterai dan menyuplai arus listrik ke seluruh sistem kelistrikan setelah mesin mobil dihidupkan.
 
 
3. Lampu Indikator Sistem Pengereman
 


Lampu indikator yang satu ini otomatis menyala jika level minyak rem rendah atau justru terjadi masalah pada sistem pengereman. Lampu indikator ini juga kan menyala jika rem tangan digunakan. Dan jika lampu mati pada saat melepas rem tangan, maka sistem beroperasi dengan normal.
 
 
4. Lampu Indikator Temperatur Cairan
 


Jika lampu indikator ini menyala maka itu artinya panas pada mesin Avanza kalian telah melampaui batas tertinggi (over heat). Selain itu jika lampu indikator  ini menyala secara berkedip maka artinya mesin mulai masuk ke tahap awal overheat.
 
 
5. Lampu Indikator SRS Airbag
 


Saat lampu indikator yang satu ini menyala maka ada yang tidak beres  atau terjadi masalah pada sistem srs airbag pada mobil Avanza milik kalian. Selain itu, jika lampu indikator ini menyala berarti  ada masalah pada sistem pretensioner pada sabuk pengamannya.
 
 
6. Lampu Indikator ABS
 


Sesuai dengan simbol lampu indikatornya. Jika lampu indikator ini menyala berarti sistem ABS Avanza sedang mengalami masalah. Jalan satu-satunya jika lampu indikator tersebut sudah menyala segera membawa ke bengkel. Hal tersebut mengingat sistem ABS merupakan sistem yang cukup vital lantaran berhubungan dengan sistem pengereman.
 
 
7. Lampu Indikator EPS
 


Sama dengan Lampu indikator ABS, jika lampu indikator ini menyala berarti ada masalah pada sistem power steering Toyota Avanza kalian. Jadi segera mungkin ke bengkel agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
 
 
8. Lampu Indikator Seat Belt/Sabuk Pengaman
 


Lampu indikator yang satu ini sangat sering terjadi. Lampu indikator ini akan menyala secara terus menerus jika kalian tidak memakai seat belt/sabuk pengaman. Lampu indikator ini akan menyala saat kalian menghidupkan mesin. 


Sekian pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat. 

 
 
 
 
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme