Cara Menyetel Kopling Pada Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia, Mudah Begini Caranya!

 on Rabu, 15 Juni 2022  

 Cara Menyetel Kopling Pada Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia 

 

 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.
 
 

Fungsi Kopling Mobil


Perlu kalian ketahui bahwa sistem kopling pada kendaraan khususnya mobil merupakan salah satu sistem penting dari sistem pemindah tenaga kendaran atau sistem power train.


Sistem power train atau pemindah tenaga memiliki fungsi untuk memindahkan tenaga hasil proses  pembakaran yang berupa energi gerak dari mesin roda-roda penggerak kendaraan. 


Adapun fungsi kopling pada sistem power train kendaraan memiliki fungsi sebagai penghubung dan pemutus tenaga yang berupa energi gerak dari mesin menuju transmisi kendaraan. 


Untuk mengetahui fungsi kopling lebih lanjut kalian dapat simak penjelasan yang ada dibawah ini.


Kopling mobil berfungsi sebagai penghubung roda gigi taransmisi dan poros engkol. Proses tersebut yang akan membuat mobil kalian melaju dijalanan. Fungsi kopling mobil adalah untuk menciptakan perubahan tingkat kecepatan dari mesin sesuai kebutuhan dengan pengendara. Kecepatan ini lah yang mempengaruhi laju pada mobil kalian.


Adapun fungsi lain kopling mobil adalah sebagai berikut.

1. Membantu menciptakan pergerakan halus saat melakukan perpindahan gigi saat mobil sedang melaju.

2. Membantu menciptakan pergerakan mobil yang lebih halus dengan mengangkat engine.

3. Mampu mengentikan mobil tanpa mematikan mesin, hal ini sangat membantu saat berada pada jalanan yang macet.

4. Membantu performa rem jauh lebih baik ketika menghentikan mobil secara mendadak.
 
 

Komponen Pada Kopling Mobil

 

Seperti bagian mobil yang lain, kopling juga mempunyai beberapa komponen yang ada di dalamnya. Lantas apa saja komponen yang terdapat pada kopling mobil? Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasannya dibawah ini.
 
 
1. Pedal kopling : merupakan komponen kopling yang berfungsi untuk memutus dan menyambungkan kopling.
 
 
2. Release Bearing : adalah komponen yang berfungsi untuk menekan komponen clutch cover.
 
 
3. Clutch cover : komponen yang ditekan oleh release bearing. Fungsi utamanya sendiri adalah menekan clutch disc agar bisa menyalurkan tenaga mesin ke transmisi dan clutch disc sendiri.
 
 
4. Release fork : komponen ini bernama lain garpu pembebas ini berfungsi sebagai penekan release bearing. Nantinya, release bearing itu akan menekan dan menempel pada clutch cover.
 
 
5. Clutch disc : fungsi komponen ini merupakan tempat untuk meneruskan atau memutus tenaga. Khususnya, tenaga dari mesin ke clutch cover dan transmisi.
 
 
6. Power clutch : komponen ini bernama lain master kopling bawah ini berfungsi untuk mengubah tekanan hidrolik menjadi gerak mekanik.
 
 
7. Master clutch : komponen ini berbanding terbalik dengan komponen lainnya, komponen ini justru mengubah tenaga mekanik menjadi hidrolik.
 
 
8. Flywheel : komponen ini memiliki dua fungsi. Yang pertama adalah sebagai penerus putaran mesin. Dan fungsi yang kedua adalah sebagai dudukan untuk komponen clutch cover, serta clutch disc.
 
 

Cara Merawat Kopling Agar Awet 

Merawat kopling mobil adalah wajib hukumnya. Untuk Melakukan hal tersebut sama dengan memperpanjang umur kopling, serta membuat performanya tetap konsisten dan berfungsi dengan optimal. Bagaimana cara  merawat kopling yang benar dan agar awet? Untuk menemukan jawabannya silahkan simak penjelasannya berikut ini.
 
 
1. Meminimalisir penggunaan setengah kopling
 
Jika kalian sering melakukan kebiasaan tersebut maka kampas kopling  akan cepat habis. Jika dibiarkan hal  itu tentu akan berdampak buruk pada kopling secara jangka panjang. Kalaupun kalian terpaksa melakukan penggunaan setengah kopling usahakan suhu kopling sudah menurun.
 
 
2. Jangan memaksakan mobil untuk menerjang banjir 
 
Selain membuat mobil kalian kotor dan berkarat, air banjir juga berdampak buruk pada kopling. Salah satu dampak buruknya adalah membuat sistem kinerja kopling terganggu karena akibat masuknya air banjir. Sebisa mungkin hindari menerjang banjir kecuali mobil kalian sudah menggunakan transmisi otomatis.


3. Lakukan pemeriksaan pada volume minyak rem
 
Volume minyak rem sangat berpengaruh pada kinerja kopling. Pastikan volume minyak rem dalam keadaan normal. Tetapi jika volume minyak rem berlebih bisa menimbulkan dampak negatif. Salah satu diantaranya adalah bisa membuat kopling menjadi blong.
 

 

Cara Menyetel Kopling Avanza Dan Xenia

 
 
1. Langkah pertama, siapkan alas untuk melihat bagian kolong mobil karena tempat untuk menyetel kopling ada di bawah mobil atau tepatnya ada pada bagian kolong.



 
2. Langkah kedua, setel semacam mur/baut yang terdapat pada bagian kolong mobil kalian cukup dengan menggunakan tangan tanpa bantuan alat.



 
3. Jika kopling mobil kalian dirasa terlalu tinggi putar mur/baut penyetel kopling ke arah kiri dan jika kopling  kalian dirasa terlalu rendah atau terlalu pendek putar mur/baut penyetel ke arah kanan.



 
Cukup mudah bukan cara menyetel kopling mobil pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Sedikit tambahan informasi bagi kalian jika kopling mobil kalian dirasa sudah tinggi dan kaki kalian diangkat perlahan dari pedal kopling, tetapi mobil tidak berjalan walaupun pedal  gas sudah ditekan.
 
 
Dunia Oto menyarankan agar kopling mobil yang terlalu tinggi harus segara di setel. Jika tidak kalian setel maka akan menyebabkan prodo kopling kalian akan selip dan umur pakai nya menjadi lebih pendek. 
 
 
Sekian pembahasan kita untuk kali ini, semoga bermanfaat.   






            
 
 
 
 
 
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme