Ingin Memilih Ban Murah Untuk Toyota Avanza kalian? Berikut Rekomendasi Merk Serta Harganya Terbaru!

 on Minggu, 26 Juni 2022  

 Rekomendasi Ban Murah Untuk Avanza/Xenia Terbaru

 



 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.

 
 

Ban Mobil



Ban adalah material yang menutupi velg dan berfungsi untuk menyediakan bantalan pada kendaraan antara ban yang bersentuhan dengan permukaan aspal. Ban merupakan suatu wadah yang diisikan udara yang berfungsi menopong beban dari muatan kendaraan dan barang yang ada dalam kendaraan tersebut. 


Fungsi Ban 


Fungsi kegunaan dasar ban adalah memiliki daya cengkram yang kuat, kemudahan untuk dikendalikan oleh pengendara dan banatalan ban berfungsi sebagai peredam getaran pada kendaraan. Tujuannya untuk menjaga keselamatan, kenyamanan dan ketahanan komponen ban mobil saat berkendara.


Fungsi Dasar Ban 


1. Untuk menahan beban

Pada dasarnya ban berfungsi untuk beban muatan kendaraan beserta penumpangnya. Selain itu ban terpengaruh oleh tekanan angin yang ada di dalam ban, tekanan angin yang ada di dalam ban berfungsi untuk menahan beban dan muatan kendaraan. Oleh karena itu disarankan agar memeriksa tekanan angin saat kalian ingin berkendara dalam jarak jauh.


2. Daya Pengereman yang kuat  

Ban memiliki jenis yang berbeda-beda pada kembangan/motifnya. Hal itu berkaitan dengan kinerja pengereman pada ban yang berasal dari mesin. Ketika ban berjalan atau mengerem ban harus memiliki daya cengkeraman yang kuat untuk pengereman kendaraan. Karena ban adalah bagian kendaraan yang bersentuhan dengan jalan. 


3. Mudah dikendalikan 

Ban harus mudah dikontrol oleh pengendara. Dalam mengontrol mobil saat berkendara, ban merupakan komponen yang sangat penting karena kemampuan untuk kestabilan dalam berkendara sangat ditentukan dari performa ban itu sendiri.


Jika performa ban kurang baik, maka kestabilan dalam berkendara berkurang sehingga meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. Jika performa ban dalam kondisi yang baik maka kestabilan dalam berkendara tentunya akan menjadi lebih baik sehingga meningkatkan kenyamanan dan keamanan dan meminimalisir terjadinya kecelakaan. 


4. Peredam Getaran Kendaraan 

Fungsi dasar ban yang terakhir adalah untuk meredam getaran atau guncangan pada kendaraan. Pada umumnya ban memiliki tipe yang berbeda yaitu tipe radial dan bias. Kedua tipe ini memiliki perbedaan dan berpengaruh pada peredam/guncangan dijalan yang tidak rata atai dijalan yang rusak sebelum akhirnya diredam lagi oleh suspensi.


Karena ban dibuat dari bahan 50% karet elastis dengan tekanan angin di dalamnya. Fungsi angin tersebut juga sebagai peredam guncangan atau getaran saat kendaraan melaju dijalan. Tipe radial cenderung lebih baik untuk meredam getaran atau guncangan jika dibandingkan dengan tipe bias.
 
 

Rekomendasi Merk Ban Murah Dan Berkualitas Untuk Avanza/Xenia

Setelah kita membahas pengertian dan fungsi ban, selanjutnya kita akan melihat rekomendasi ban yang cocok bagi Toyota Avanza. Sebaiknya ketika hendak membeli ban penting untuk kalian memilih ban sesuai ukuran dan kebutuhan. 


1. Bridgestone

Bridgestone merupakan salah satu merk ban yang terkenal di dunia, termasuk di Indonesia. Merk ini berasal dari negara matahari terbit yaitu Jepang. 

Dari segi kualitas sudah tidak diragukan lagi merk yang satu ini, dan untuk mobil Avanza ada beberapa tipe ban Bridgestone yang dapat kalian jadikan pilihan diantaranya :

- Bridgestone B250 ukuran 185/70 R14 dijual dengan harga Rp. 700.000

Bridgestone B250 ukuran 185/65 R15 dijual dengan harga Rp. 700.000-800.000

Bridgestone Techno ukuran 185/70 R14 dijual dengan harga Rp. 500.000-600.000


2. Dunlop

Dunlop merupakan merk ban asal Inggris dan dikenal memiliki daya cengkeram atau traksi yang baik bagi kendaraan. Untuk jenis mobil Avanza ada beberapa tipe ban Dunlop yang dapat kalian jadikan pilihan diantaranya :

- Dunlop SP10 ukuran 185/70 R14 dijual dengan harga Rp. 400.000-500.000

Dunlop SP10 ukuran 185/65 R15 dijual dengan harga Rp. 500.000-600.000

- Dunlop LM704 ukuran 185/70 R14 dijual dengan harga Rp. 400.000-500.000


3. GT Radial

Merk ban GT Radial ini asli berasal dari Indonesia dan dikenal sebagai merk ban asli Indonesia yang memiliki kualitas sangat baik dan mampu memberikan kestabilan serta kenyamanan saat berkendara. Ada beberapa jenis ban GT Radial yang cocok digunakan untuk Toyota Avanza diantaranya :

- GT Champiro Eco ukuran 185/70 R14 dijual dengan harga Rp. 450.000

GT Champiro Eco ukuran 185/65 R15 dijual dengan harga Rp. 500.000

- GT Radial Clasiro 70 ukuran 185/70 dijual dengan harga Rp. 750.000


4. Michelin

Michelin merupakan salah satu produk ban terbaik. Merk ini berasal dari negara Prancis serta merk ini juga menghadirkan beberapa produk yang cocok untuk Toyota Avanza, diantaranya :

- Michelin Energy XM2 ukuran 185/70 R14 dijual dengan harga Rp. 800.000 

- Michelin Energy XM2 ukuran 185/65 R15 dijual dengan harga Rp. 1.000.000


Demikian pembahasan kita kali ini tentang rekomendasi ban murah untuk Toyota Avanza semoga bisa memberikan kalian gambaran tentang harga yang murah dan sesuai dengan dana kalian. 


Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung. 








 
 
 
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme