Tarikan Toyota Avanza Terasa Berat? Kenali Penyebabnya Dan Solusinya!

 on Selasa, 05 Juli 2022  

Cara Membuat Tarikan Toyota Avanza Enteng




 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.


Setelah mengetahui sejarah singkat tentang Toyota Avanza serta saudara kembarnya yaitu Daihatsu Xenia. Pasti kalian penasaran apa saja hal yang perlu diketahui oleh pemilik atau kalian yang ingin memiliki Avanza. Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasannya berikut ini.


Penyebab Tarikan Mesin Menjadi Berat

Penyebab tarikan mobil menjadi berat ternyata beragam dan bisa berasal dari berbagai bagian atau komponen yang ada pada mobil. Sehingga dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara sehari-hari. 

Oleh karena itu kalian harus mengetahui apa saja penyebab tarikan mobil terasa berat agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu apa saja sebabnya? Untuk mengetahui simak penjelasannya berikut ini. 


1. AC Yang Bermasalah

Salah satu sebab tarikan mobil terasa berat adalah AC mobil yang bermasalah. Penyebab terjadinya masalah pada AC bisa dari terganggunya sirkulasi AC alias tersumbat sehingga mengakibatkan tarikan mesin menjadi berat. Salah satu gejalanya ditandai dengan suhu AC yang tidak sedingin biasanya. 


2. Turbo Vane Macet

Penyebab berikutnya adalah turbo vane yang macet. Karena Turbo vane memiliki fungsi yang penting bagi mesin karena berfungsi mendongkrak torsi serta tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil. 

Serta fungsi lainnya menjaga katup untuk mengatur boosting udara. Jika katup tersebut terus menerus tertutup maka aliran udara ke mesin juga akan tertutup sehingga mesin tidak mampu mencapai RPM maksimal walaupun gas sudah diinjak secara penuh.


3. Kampas Kopling Sudah Menipis

Kampas kopling yang sudah menipis akan memiliki cengkeraman kurang kuat pada flywheel. Sehingga membuat fungsi kampas ganda kopling menjadi selip dan mengakibatkan tarikan menjadi terasa berat. 

Terkadang juga disertai gejala lain seperti terasa getaran yang berasal dari bawah mobil ketika sedang berjalan. Dunia Oto sarankan agar segara mengganti kampas kopling baru jika sudah menipis. 

Agar masalah tidak menyebar dan mengganggu fungsi komponen lain seperti kerusakan pada flywheel dan pressure plate. 


4. Cengkeraman Rem Terlalu Kuat

Penyebab tarikan Avanza berikutnya adalah cengkeraman rem yang terlalu kuat. Memang sistem cengkeraman rem harus kuat agar kinerja pengereman bisa optimal dan bisa mengurangi kecepatan saat mobil hendak berhenti atau jika melakukan pengereman mendadak. 

Lalu bagaimana jika sistem cengkeraman rem terlalu kuat? Hal tersebut akan mengakibatkan tarikan mobil terasa berat. Hal tersebut biasa ditemui pada mobil yang menggunakan tromol untuk sistem pengeremannya. 

Biasanya masalah ini muncul karena penyetelan rem terlalu kuat. Solusinya cukup mudah yaitu hanya dengan menyetel ulang rem tromol agar tidak terlalu mencengkeram pada roda mobil. 


5. Masalah Pada Transmisi

Transmisi adalah bagian penting pada sebuah mobil. Namun jika ada salah satu plat gigi tiba-tiba terhimpit atau bahkan saling menempel pada lainnya maka proses perpindahan gigi dapat terganggu. 

Akhirnya posisi gigi akan terus tetap bertahan walaupun kalian terus mencoba untuk mengganti gigi dan akhirnya menyebabkan tarikan mobil Avanza kalian menjadi berat. 

Cara Membuat Tarikan Avanza Menjadi Enteng


1. Mengganti Magnet Ferrite TDK



Salah satu cara yang dapat kalian gunakan untuk membuat tarikan Toyota Avanza menjadi enteng adalah mengganti komponen magnet Ferrite tdk. 

Fungsi dari magnet tersebut untuk menstabilkan arus listrik sehingga dapat membuat tarikan Avanza kalian menjadi tidak berat. Dengan kalian mengganti komponen tersebut arus kelistrikan pada mobil kalian menjadi lebih stabil dan terkontrol sehingga bisa membuat tarikan mobil tidak terasa berat. 


2. Mengganti Busi Iridium



Cara kedua untuk membuat tarikan Toyota Avanza menjadi enteng adalah dengan mengganti busi standar dengan busi iridium atau biasa disebut dengan busi racing. 

Jenis busi ini bisa dibilang memiliki kemampuan akselerasi yang agresif, selain itu umur busi iridium tergolong panjang hingga mencapai 10.000 km tetapi harga untuk sebuah busi iridium bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan dengan busi biasa atau standar. 

Meskipun memiliki harga yang lebih mahal tetapi untuk segi performanya busi jenis ini bisa mendongkrak performa mesin 1-3% menjadi lebih bertenaga dan juga gas buang yang dihasilkan menjadi lebih ramah lingkungan. 


3. Memasang Turbo Simota



Turbo Simota adalah perangkat induksi udara yang mampu menambah pasokan udara ke ruang pembakaran. 

Setelah memasang komponen ini, kalian tidak perlu memanipulasi data pada ECU karena udara yang masuk akan secara otomatis diatur oleh ECU. Alat atau komponen ini bisa membuat tarikan Avanza kalian menjadi lebih enteng dan hemat bahan bakar karena sistem alat ini yang menyempurnakan pembakaran pada ruang mesin mobil. 


Sekian pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme