Cara Mengganti Lampu Spoiler Pada Toyota Avanza, Mudah Begini caranya!

 on Senin, 01 Agustus 2022  

Cara Mengganti Lampu Spoiler Pada Toyota Avanza

 


 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.
 
 

Spoiler Mobil
 


Banyak pandangan orang yang menganggap spoiler mobil hanyalah aksesoris yang menambah estetika sebuah mobil. Ketika mobil dipasang spoiler secara instan mobil akan terlihat lebih sporty.
 


Sebenarnya bukan hanya untuk tampilan saja agar terlihat lebih menarik. Namun, ada fungsi lain dari spoiler  yang mungkin belum kalian ketahui. Lantas apa saja fungsi spoiler tersebut? Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasannya dibawah ini.


Fungsi Spoiler Mobil


1. Membuat mobil menjadi lebih aerodinamis


Fungsi spoiler pada mobil dapat kalian rasakan pada tipe kendaraan seperti sedan, hatchback, bahkan minibus. Kebanyakan pemilik mobil mengira bahwa spoiler tersebut adalah hiasan yang menambah tampilan mobil agar terlihat lebih sporty.


Nyatanya, penggunaan spoiler adalah untuk meningkatkan performa mobil, yaitu agar membuat mobil lebih aerodinamis. Lekukan-lekukan pada spoiler mampu memberikan kestabilan yang lebih baik ketika mobil melaju dalam kecepatan yang tinggi.


Spoiler mampu mengurangi gejala melayang ketika kalian berkendara dalam kecepatan tinggi. Pada jenis mobil yang ringan, terpaan angin dari kecepatan tinggi dapat membuat limbung dan seolah melayang.


Kalau kalian tidak memiliki kontrol kuat pada setir, alhasil mobil kalian bisa benar-benar oleng dan dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain. Oleh karena itu sebaiknya kalian memasang spoiler untuk memberi daya tekan (Down force) melalui aliran udara yang mengalir diatas atap mobil.


2. Bisa untuk menangkis kotoran dari belakang 


Fungsi spoiler pada mobil tidak hanya untuk meningkatkan performa dan keamanan mobil, fungsi spoiler pun bisa untuk menangkis kotoran atau debu dari belakang. Khususnya pada mobil berjenis hatchback. 

Tipe mobil ini sering mengalami turbulensi udara dibagian belakang. Turbulensi juga mengakibatkan banyak debu yang berputar pada area belakang. Namun, dengan adanya spoiler turbulensi dapat dikurangi dan lebih sedikit kotoran dan debu pada kaca belakang. Serta membuat air hujan tidak mudah menempel pada kaca belakang karena adanya spoiler


3. Membuat pengendalian mobil meningkat


Saat kalian melaju dijalan yang lurus dan sepi, secara otomatis kecepatan mobil pasti akan meningkat. Tanpa kalian sadari, hal ini akan memicu terpaan angin yang lebih kencang pada bagian sisi mobil.


Jika kalian tidak memegang kemudi  dengan kuat, maka bisa saja mobil oleng dan terasa melayang saat diterpa oleh angin. Kondisi tersebut sangat mungkin terjadi jika mobil kalian tidak dilengkapi dengan spoiler.


Namun, jika bagian belakang atau atap mobil kalian sudah dipasang spoiler, gaya angkat dari terpaan angin bisa ditekan. Spoiler mobil akan memberikan tekanan kebawah untuk melawan gaya angkat. Sehingga kontrol mobil bisa menjadi lebih stabil.


Cara Mengganti Lampu Spoiler


1. Langkah pertama, lepaskan mika lampu spoiler atau penutup lampu spoiler dengan menggunakan obeng. 




2. Kemudian langkah kedua, potong kabel lampu spoiler dengan menggunakan tang potong dan jangan lupa kelupas sedikit kabel yang telah dipotong tadi. 




3. Langkah ketiga, siapkan lampu spoiler yang baru kemudian sambungkan kabel lampu spoiler tersebut ke bagian kabel yang telah kita potong tadi jangan lupa tutup kembali sambungan kabel tersebut. 




4. Langkah keempat, pasangkan lampu spoiler ke dudukan lampu kemudian pasang kembali mika lampu spoiler dengan cara di baut. 




5. Setelah semua terpasang kemudian coba terlebih dahulu apakah lampu spoiler berfungsi sebagaimana mestinya. 




Sekian pembahasan kita kali ini tentang cara mengganti lampu spoiler pada Toyota Avanza. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung


 
 

 
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme