Head Unit Toyota Avanza Mati Total, Ini Penyebabnya!

 on Sabtu, 06 Agustus 2022  

Penyebab Head Unit Avanza Mati Total




 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.
 
 

Head Unit Mobil
 


Head unit merupakan perangkat entertaiment dalam sebuah mobil baik itu mobil baru  ataupun mobil bekas. Bagi sebagian orang perangkat ini dinilai sangat penting khususnya bagi orang yang hidup diperkotaan. Karena tanpa adanya perangkat satu ini perjalanan terasa membosankan terlebih lagi saat terjebak kemacetan.
 
 
Saat ini head unit pada mobil tidak hanya dapat memutar lagu melalui CD atau DVD. Tetapi dapat juga melalui koneksi bluetooth yang langsung terhubung melalui ponsel, sampai memunculkan tampilan ponsel di monitor head unit.
 
 
 

Penyebab Head Unit/Tape Mobil Mati
 
Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab head unit menjadi mati atau tidak berfungsi sama sekali. Salah satunya terganggunya sistem kelistrikan yang ada di dalam mobil, karena sistem kelistrikan tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain. Jika ada salah satu sistem yyang rusak maka dapat mengganggu fungsi sistem kelistrikan yang lain. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.
 

 
1. Terjadi kesalahan pada sistem instalasi

Apakah kalian pernah memodifikasi atau pernah menambahkan suatu komponen pada sistem audio maupun speaker yang ada di dalam mobil? Jika pernah, mungkin terjadi kesalahan pada saat proses instalasi tersebut contohnya seperti kesalahan penempatan kabel-kabel.

Penempatan kabel yang kurang pas dapat mengakibatkan kerusakan pada head unit mobil kalian dan bahkan bisa mengakibatkan head unit menjadi mati total.
 
 

2. Debu yang menempel pada head unit

Meski terdengar sepele, jika dibiarkan debu yang menumpuk pada head unit dapat memberikan dampak yang cukup fatal pada head unit kalian. Sebab debu yang menumpuk dapat masuk ke komponen audio sehingga suara yang dihasilkan terdengar menjadi lebih kecil.
 
Jika terus dibiarkan maka kerusakan bisa semakin parah karena debu dapat masuk ke komponen lain seperti menempel pada kabel bahkan yang lebih parah dapat mengakibatkan head unit menjadi mati total. Maka dari itu kebersihan head unit harus kalian perhatikan.
 
 

3. Kesalahan pada pemakaian 

Kerusakan pada head unit dapat diakibatkan oleh kalian sendiri karena saat pemakainnya yang kurang tepat. Misalnya menyalakan dan mematikan head unit yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan prosedur.
 
Contohnya seperti belum mematikan head unit tetapi mesin mobil sudah dimatikan, alhasil perilaku seperti itu dapat mengakibatkan head  unit menjadi rusak dan tidak bisa dinyalakan kembali.
 
 

Cara Menjaga Head Unit Agar Berfungsi Optimal

Jika kalian sudah mengetahui penyebab head unit mati total. Maka kalian juga harus mengetahui cara agar head unit selalu dalam keadaan optimal. Lalu bagaimana caranya agar head unit selalu  dalam keadaan optimal saat digunakan? Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1. Rajin membersihkan komponen head unit

Head unit yang mendadak mati dan tidak bisa dinyalakan bisa jadi penyebabnya adalah debu yang menumpuk pada komponen head unit. Sebelum hal tersebut terjadi maka rajin membersihkan perangkat audio dengan menggunakan lap atau kain yang lembut. Bersihkan mulai dari head unit, speaker, power unit, hingga kesambungan kabel.
 

 
2. Pilih flashdisk dengan kualitas yang baik 

Cara berikutnya adalah memilih kualitas flashdisk yang baik. Meski terdengar sepele flashdisk yang memiliki kualitas yang baik dapat mempengaruhi kinerja pada head unit dikarena kan kecepatan menghubungkan file-file yang lebih baik ketimbang flashdisk dengan kualitas yang kurang baik.
 
Oleh karena itu Dunia Oto sarankan pilih flashdisk dengan kualitas yang baik dan jangan mudah tergiur dengan harga flashdisk yang murah karena dapat berpengaruh pada kualitasnya, sehingga dapat mempengaruhi kinerja head unit.
 
 
Sekian pembahasan kita kali ini mengenai penyebab head unit pada Toyota Avanza mati total serta bagaimana cara agar menjaga head unit berfungsi secara optimal. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 
 
 
 
 

   

 
 
 
   







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme