Kaki-Kaki Avanza Terasa Kurang Nyaman? Ini Penyebabnya!

 on Selasa, 09 Agustus 2022  

Penyebab Kaki-Kaki Avanza Terasa Kurang Nyaman




 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.


Kaki-kaki Mobil

Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting yang berada pada bagian bawah mobil. Dan perlu kalian ketahui dalam kaki-kaki mobil terdapat banyak komponen yang harus di rawat dengan baik. 

Jika kalian jarang mengecek atau tidak merawat bagian kaki-kaki mobil maka bisa dipastikan kaki-kaki mobil kalian menjadi tidak nyaman dan bahkan akan mudah mengalami kerusakan. 

Jika sudah terlanjur mengalami kerusakan biaya untuk perbaikan kaki-kaki terbilang cukup mahal. Agar terhindar dari kerusakan pada kaki-kaki ada baiknya kalian mengenal beberapa komponen penting yang terdapat pada kaki-kaki mobil. 

Lalu apa saja komponen penting yang terdapat pada kaki-kaki mobil serta apa yang menjadi penyebab kaki-kaki kurang nyaman? Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini. 


1. Shock/Suspensi



Shock/suspensi digunakan untuk meredam guncangan pada mobil pada saat melalui jalanan yang tidak rata atau lubang yang terdapat pada jalanan. 

Shock/suspensi ini terbuat dari bahan yang anti karat dan memiliki daya tahan yang tinggi, meskipun demikian shock/suspensi ini jika digunakan terus menerus tanpa diganti maka akan mengalami penurunan. 

Akibatnya jika mobil dikendarai pada saat kecepatan tinggi akan terasa limbung sehingga dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Maka disarankan untuk sesegera mungkin mengganti shock jika sudah mengalami gejala yang disebutkan di atas. 


2. Bushing arm



Bushing arm merupakan salah satu komponen yang terdapat pada bagian bawah mobil  yang berfungsi untuk mencengkeram roda tau titik tumpu pada roda. Bushing arm berbentuk seperti selongsong besi dan disangga oleh karet.
 
Selain itu bushing arm berfungsi sebagai peredam getaran sambungan suspensi pada bagian kaki-kaki mobil, jika bushing arm mengalami masalah gejala yang timbul  adalah munculnya rasa tidak nyaman saat mobil dikendarai.
 
 
Cara untuk mengetahui bushing arm mengalami kerusakan adalah dengan cara mengamati laju mobil kalian. Jika mobil terasa melenceng ke arah kanan atau ke arah kiri, maka bisa dipastikan bushing arm mengalami masalah atau mengalami kerusakan.
 
 

3. Bearing



Bearing atau yang lebih dikenal dengan nama kelaher adalah salah satu bagian penting yang terdapat pada kaki-kaki mobil. Komponen ini berfungsi sebagai bantalan pada roda mobil sehingga sangat berpengaruh dalam perputaran roda.
 
Serta bearing memiliki fungsi lain yaitu menjaga kestabilan saat mobil melaju. Cara untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada bearing adalah dengan memperhatikan perputaran roda mobil satu persatu. Caranya dengan mendongkrak mobil kalian lalu periksa roda satu persatu.
 
Selengkapnya klik disini
 
 

4. Ball joint



Ball joint adalah komponen kaki-kaki mobil yang berfungsi sebagai pengikat dan sumbu lower arm atau as roda. Bagian ball joint ini akan membantu mempertahankan posisi as roda mobil saat berbelok. 
 
Cara untuk mendeteksi apakah ball joint mengalami masalah atau tidak, sebelumnya dongkrak mobil terlebih dahulu lalu tekan roda ke arah bawah dan ke arah atas. 
 
Apabila terdengar suara gesekan atau roda naik turun dengan jeda yang jauh maka bisa dipastikan ball joint mobil kalian mengalami masalah.
 
 
Sekian pembahasan kita kali ini. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.      
 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme