Perlu Diketahui! Kelebihan Dan Kelemahan Toyota Avanza Matic

 on Kamis, 25 Agustus 2022  

Kelebihan Dan Kelemahan Toyota Avanza Matic

 
 


 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.
 
 

Apa Itu Matic?

Transmisi matic atau yang dikenal dengan A/T adalah sistem transmisi yang memungkinkan perpindahan roda gigi transmisi secara otomatis. Perpindahan roda gigi tersebut terjadi karena menyesuaikan besarnya tekanan pada pegal gas. Hal tersebut berbeda dengan transmisi manual yang pedal kopling untuk perpindahan gigi transmisi.
 
 

Cara Kerja Transmisi Matic

Cara kerja transmisi otomatis lebih rumit jika dibandingkan dengan transmisi manual. Hal tersebut terjadi karena transmisi otomatis memiliki komponen yang tidak dimiliki oleh transmisi manual. Komponen itu adalah torque converter (pengubah torsi), hydraulic control unit, dan planetary gear unit.
 
Tiga komponen tersebut dapat kalian temukan pada minyak transmisi. Dengan adanya tiga komponen yang tekag disebutkan tadi maka fungsi minyak transmisi menjadi berbeda.
 
Minyak tidak hanya berfungsi sebagai pelumas dan pendingin, tetapi juga berfungsi sebagai pemindah gigi. Seluruh susunan komponen ini kemudian disebut sebagai Automatic Transmission Fluid (ATF). Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan transmisi matic? Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasan berikut ini.
 
 

Kelebihan Transmisi Matic

Setelah kita membahas cara kerja transmisi pada mobil matic sekarang kita akan membahas kelebihan serta kekurangannya. 

Tetapi kita bahas terlebih dahulu kelebihannya, lalu apa saja kelebihan Toyota Avanza yang bertransmisi matic? Untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut ini. 


1. Penggunaan lebih mudah

Jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual cara penggunaan mobil matic jauh lebih mudah. Berkat dukungan komponen pada transmisi matic yang mampu memudahkan pengendara ketika mengemudikannya. 

Karena pengendara cukup menginjak pedal gas untuk menjalankan mobil dan menginjak pedal rem untuk menghentikan laju mobil. Dan salah satu kelebihan mobil matic adalah cocok untuk seseorang yang baru pertama kali ingin mengemudikan mobil. 


2. Cocok bagi seseorang yang ingin belajar mengemudi

Kelebihan berikutnya dari mobil yang bertransmisi matic adalah cocok bagi seseorang yang ingin belajar mengemudi. Karena dalam hal pengoperasian mobil yang bertransmisi matic bisa dikatakan lebih mudah dengan mobil manual. 

Hal tersebut dikarenakan sistem kerja transmisi matic sudah berjalan dengan otomatis dan berbeda dengan mobil yang bertransmisi manual yang membutuhkan banyak langkah sehingga sedikit sulit bagi seseorang yang ingin belajar mengemudi. 


3. Lebih aman untuk jalan yang menanjak

Salah satu hal yang ditakuti oleh pengemudi pemula, khususnya mobil yang bertransmisi manual adalah melewati jalan yang menanjak. 

Dikarenakan jika belum terbiasa memainkan pedal kopling, hal tersebut bisa mengakibatkan mobil meluncur mundur dan membahayakan orang lain. 

Namun, hal tersebut tidak kalian temukan pada mobil matic. Karena kelebihan berikutnya dari mobil matic adalah tidak rawan mundur dalam kondisi jalan yang menanjak walaupun dalam kondisi jalan yang macet. 


4. Tidak membuat kaki cepat pegal

Kelebihan berikutnya dari mobil matic adalah tidak membuat kaki cepat pegal. Karena tidak seperti mobil manual yang harus menginjak pedal kopling terlebih dahulu jika ingin memindahkan gigi. 

Pada mobil matic pengemudi bisa hanya dengan menggunakan satu kaki saja untuk mengemudikan mobil matic karena hanya terdapat dua pedal saja yaitu pedal gas dan pedal rem. 


Kekurangan Transmisi Matic

Jika tadi kita sudah membahas beberapa kelebihan mobil dengan transmisi matic, sekarang kita akan membahas apa saja kekurangan mobil yang bertransmisi matic. 

Dibalik beberapa kelebihan yang di tawarkan nya pasti ada kekurangan nya. Lalu apa saja kekurangan mobil matic? Untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut ini. 


1. Lebih boros dalam konsumsi BBM

Kekurangan yang pertama dari mobil matic adalah bbm yang lebih boros dari mobil manual. Hal tersebut dikarenakan perputaran mesin dan transmisinya. 

Oleh karena itu, jangan heran jika konsumsi bbm mobil matic lebih boros jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual. 


2. Tidak bisa melakukan engine brake

Kekurangan berikutnya dari mobil matic adalah tidak bisa melakukan engine brake. Seperti yang kita ketahui engine brake adalah sistem pengereman yang dibantu oleh putaran mesin. 

Engine brake bisa dikatakan penting terlebih jika mobil melaju melewati turunan yang curam atau saat melakukan pengereman mendadak. Engine brake berfungsi untuk mengurangi tekanan berlebih yang diterima oleh rem. 

Jadi jika kalian menggunakan mobil matic pada jalan yang menurun kalian hanya bisa mengandalkan sistem pengereman saja. Maka pada saat melewati jalan yang menurun usahakan kecepatan mobil stabil dan tidak terlalu ngebut. 


3. Biaya perawatan lebih mahal

Kekurangan lain dari mobil matic adalah biaya perawatan yang bisa dibilang lebih mahal jika dibandingkan mobil manual. Sebab, jika kalian melakukan servis berkala, kalian juga harus mengganti oli dengan intensitas yang tinggi. 

Hal itu terjadi karena perputaran mesin pada mobil matic yang lebih sering jika dibandingkan dengan mobil manual sehingga daya tahan oli tidak berlangsung lama. 

Selain itu, harga sparepart mobil matic juga lebih mahal jika terjadi kerusakan. 


4. Harga beli tinggi, harga jual rendah

Kekurangan mobil matic yang terakhir adalah harga beli yang tinggi tetapi harga jual lebih murah. Hal tersebut terjadi karena mobil matic baru menawarkan kemudahan dan kenyamanan yang berlebih. 

Tetapi harga jual yang rendah diakibatkan karena suku cadang atau sparepart mobil matic lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil manual. Terlebih untuk servis mobil matic terbilang cukup sulit. 


Sekian pembahasan kita kali ini tentang kelebihan dan kelemahan Toyota Avanza bertransmisi matic. Semoga penjelasan yang telah dijelaskan bisa memberikan kalian gambaran sebelum memilih mobil bertransmisi matic. 

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 









  
 
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme