Mudah! Begini Cara Memasang Antena Pada Toyota Avanza

 on Senin, 26 September 2022  

 Cara Memasang Antena Pada Toyota Avanza




 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.
 
 

Antena mobil 

Antena mobil adalah salah satu komponen yang biasanya berada pada atap mobil dan berfungsi sebagai penangkap sinyal. Fungsi antena pada mobil adalah sebagai perangkat untuk menangkap gelombang elektromagnetik serta gunanya untuk memenuhi kebutuhan perangkat elektronik di dalam mobil.
 
Antena mobil memiliki beragam jenis serta memiliki karakter serta desain yang beragam. Lalu apa saja jenis antena mobil? Untuk mengetahui jenis antena pada mobil silahkan simak penjelasannya berikut ini.
 

 
Jenis antena mobil
 
 

1. Fixed antena 

Fixed antena memiliki bentuk dan dimensi yang tetap karena jenis antena tidak dapat dipanjangkan atau dipendekkan. Biasanya fixed antena ini terletak pada bagian belakang mobil atau terletak pada bagian depan atas atap mobil.
 
Tetapi kalian tidak perlu khawatir antena akan tersangkut jika menggunakan antena jenis ini. Karena fixed antena ini ukurannya cukup pendek jadi tidak perlu khawatir antena akan tersangkut sesuatu.
 
 

2. Metal antena

Sesuai dengan namanya antena jenis ini terbuat dari bahan logam tetapi ukurannya cukup kecil. Antena ini bisa dipanjangkan atau dipendekkan sesuai keinginan dengan ditarik atau ditekan dengan menggunakan tangan.
 
Tetapi antena jenis  ini terbilang merepotkan karena kita harus menyesuaikan sendiri antena agar bisa menangkap gelombang elektromagnetik dengan baik. Kekurangan antena jenis ini adalah ketika antena belum ditarik kita hanya bisa mendengarkan noise karena penerimaan gelombang elektromagnetik kurang optimal.


3. Motorized antena

Motorized antena mempunyai kemampuan untuk memanjangkan dan memendekkan secara otomatis karena berkat dukungan motor listrik yang terdapat dalam komponen antena. 

Antena akan memanjang secara otomatis jika mesin atau head unit dinyalakan dan otomatis memendek jika mesin atau head unit dimatikan. Namun ada juga motorized antena yang bisa diaktifkan melalui remot.


Cara Memasang Antena Pada Toyota Avanza

1. Langkah pertama, buka penutup soket yang ada pada bagian dashboard di samping stir. 

Sumber : Youtube channel Davin OFFICIAL


2. Langkah kedua, buka karet pelindung pada bagian samping dashboard kemudian lepaskan cover penutup dengan menggunakan obeng. 

Sumber : Youtube channel Davin OFFICIAL


3. Jika sudah terbuka, masukan soket/kabel antena melalui bagian atas dudukan antena lalu hubungkan kabel dengan soket antena yang terdapat pada bagian dalam mobil. 

Sumber : Youtube channel Davin OFFICIAL

Sumber : Youtube channel Davin OFFICIAL


4. Langkah terakhir, pasang kembali penutup soket yang ada pada dashboard dan pasang kembali karet pelindung bagian dashboard.


Sekian pembahasan kita kali ini tentang cara pemasangan antena pada Toyota Avanza. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 
 



 

 
 
 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme