Mudah! Cara Mengatur Jam Pada Toyota Avanza

 on Kamis, 24 November 2022  

 Cara Mengatur Jam Pada Toyota Avanza




 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.
 
 

Jam (penunjuk waktu)
 
 
Jam adalah suatu alat yang sangat penting yang berfungsi sebagai penunjuk waktu dan tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Saat teknologi belum secanggih saat ini, keberadaan jam sangatlah penting contohnya sebagai pengingat waktu agar kita tidak terlambat ke suatu tempat.
 
 

Fungsi jam

 
1. Pengingat waktu

 
Fungsi jam yang pertama selain sebagai penunjuk waktu adalah berfungsi sebagai pengingat waktu.Pasti diantara kita ada yang sering lupa akan waktu jika sudah melakukan aktivitas atau sedang melakukan sesuatu.
 
Nah, maka dari itu jam hadir untuk mengingatkan waktu kalian dalam melakukan suatu kegiatan.


2. Konsistensi waktu


Dengan adanya jam, manusia dapat mengetahui waktu dengan konsistensi yang sama diseluruh dunia. Misalnya, di Indonesia satu jam adalah 60 menit maka waktu satu jam di Inggris juga 60 menit. 

Dikutip dari Though Co, sistem waktu basis -60 yaitu satu jam 60 menit dan satu menit 60 detik yang berasal dari 2.000 tahun sebelum masehi pada masa bangsa Sumeria kuno. 

Hal tersebut menyamakan preferensi waktu untuk seluruh orang di dunia pada saat ini. 


3. Mengukur waktu


Fungsi jam selanjutnya adalah sebagai alat pengukur waktu. Dengan adanya jam kita mengetahui sebanyak apa waktu yang diperlukan untuk melakukan sesuatu. Misalnya, saat kalian berkendara dari satu kota ke kota lain. 


Cara Mengatur Jam Pada Toyota Avanza


1. Langkah pertama nyalakan mobil kalian lalu lihat pada bagian speedometer pada indikator jam. 

2. Lalu tekan lama tombol ikon jam hingga indikator jam pada speedometer berkedip. 

Sumber : Youtube channel Gudang Tutorial Otomotif



3. Langkah ketiga, jika indikator jam sudah berkedip tekan satu kali tombol ikon jam untuk menyesuaikan menit jika sudah berkedip indikator menit lalu sesuaikan dengan cara menekannya dan untuk menyesuaikan waktu jam tekan satu kali, caranya sama dengan menyesuaikan menit tersebut. 

Sumber : Youtube channel Gudang Tutorial Otomotif




Sekian pembahasan singkat kali ini semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan terima kasih telah berkunjung. 
 
 
 

 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme