3 Cara Ceper Toyota Avanza Tetapi Tetap Empuk Dan Nyaman, Begini Caranya!

 on Selasa, 13 Desember 2022  

 Cara Menceper Toyota Avanza Tetap Empuk Dan Nyaman

 



 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.
 
 

Cara Ceper Toyota Avanza
 
 
Seiring banyaknya pengguna Avanza yang ada di Indonesia, maka banyak yang ingin memodifikasinya salah satunya dengan menceperkannya. Cara menceper Avanza bisa dikatakan tidak terlalu sulit tetapi ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan seperti kenyamanan pada suspensi.
 
 
Cara ceper Avanza sebenarnya ada beberapa macam. Setiap cara yang digunakan untuk membuat Avanza milik kalian menjadi ceper tentunya ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk lebih jelasnya kalian dapat menyimak penjelasan yang akan dibahas pada artikel ini.
 
 

1. Memotong Per/Spring.
 
 
Memotong spring atau per merupakan salah satu cara untuk menceper Avanza. Cara ini cukup mudah yaitu dengan cara memotong bagian ulir dari per serta biaya nya pun cukup terjangkau yakni sekitar 200-300 ribu rupiah saja. 
 
Namun ada yang perlu kalian perhatikan sebelum melakukan pemotongan per ini. Salah satunya adalah menyebabkan ayunan suspensi terasa keras, untuk terhindar dari masalah tersebut kalian sebaiknya harus menyisakan 3 jari untuk bagian per depan dan 4 jari untuk per bagian belakang.
 
Serta untuk menambah empuk dan nyaman maka dapat dilakukan pemotongan dumper atau karet stoper agar kerja suspensi lebih luas.
 
 

   

2. Menggunakan Per Custom atau Merk Lain

 
Mengganti per dengan merk lain merupakan cara lain untuk membuat mobil Avanza milik kalian menjadi ceper. Modifikasi cper dengan menggunakan per custom tentunya lebih mudah karena ukuran per sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Namun harganya sudah pasti lebih mahal.
 
Selain cara yang telah disebutkan tadi ada cara lain yaitu mengganti per dengan merk lain. Contohnya dengan mengganti per milik Toyota Vios atau Toyota Great Corolla agar tetap nyaman dan empuk.
 
Apabila per memiliki dudukan yang berbeda tentunya harus dilakukan penyesuaian. Penyesuaian ini dapat dilakukan dengan cara menaikkan dudukan per, baut dan stabilizer 5-6 cm sesuai kebutuhan. Hal ini berguna agar suspensi berfungsi sebagaimana mestinya.
 
Untuk biaya yang perlu kalian siapkan dengan menggunakan cara ini yaitu kurang lebih sekitar 800 ribu rupiah.


3. Custom FWA Dan Roda


Cara yang terakhir untuk membuat mobil Avanza menjadi ceper maka kalian dapat melakukan Front Wheel Alighment (FWA) yaitu dengan mengganti ukuran velg standar menjadi lebih kecil atau mengganti ban yang lebih tipis. Contohnya mengganti ukuran velg yang sebelumnya 14 inch menjadi ukuran 13 inch.

Selain menggunakan velg yang lebih kecil ban juga harus diganti dengan ban tapak lebar tetapi dengan ketebalan yang lebih kecil.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang cara menceperkan Toyota Avanza tetapi tetap nyaman untuk dipakai harian. 


Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme