Mudah! Cara Menyalakan AC Pada Toyota Avanza Begini Caranya!

 on Sabtu, 07 Januari 2023  

 Cara Menyalakan AC Pada Toyota Avanza




 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.


Penyejuk Udara/AC (Air Conditoner)


Air conditoner atau yang lebih kita kenal dengan AC adalah suatu alat elektronik yang berfungsi untuk mengatur suhu, kelembapan, dan kualitas udara pada suatu ruangan atau di dalam kendaraan seperti mobil, kapal, dan pesawat. 

Pengaturan suhu ini umumnya berfungsi untuk membuat suatu ruangan atau bagian dalam kendaraan lebih dingin atau sejuk sehingga bisa meningkatkan kenyamanan bagi pengendara. 


Fungsi AC (Air Conditoner) 


Mungkin bagi beberapa orang menganggap fungsi AC hanya sebagai pendingin atau sebagai penyejuk ruangan saja sebenarnya tidak hanya itu fungsi AC. Lalu apa saja fungsi AC? Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel berikut ini. 


1. Mengatur suhu udara

Fungsi yang pertama adalah sebagai pengatur suhu udara. Kita bisa mengatur suhu udara pada ruangan atau di dalam kabin kendaraan kita dengan menggunakan AC. Kita bisa menyesuaikan suhu agar kita lebih nyaman saat di dalam kendaraan ataupun di dalam ruangan. 


2. Membersihkan dan meningkatkan kualitas udara 

AC pada saat ini sudah dilengkapi berbagai fitur salah satunya adalah fitur untuk menyaring berbagai jenis kotoran dan debu yang ada di udara. Selain itu terdapat juga fitur lain yang juga dapat meningkatkan kualitas udara dengan cara membunuh bakteri yang ada di udara. 

Sehingga udara yang ada di dalam ruangan atau di dalam kendaraan menjadi lebih bersih dan berkualitas baik. 


Cara Menyalakan AC Toyota Avanza Dengan Baik Dan Benar


1. Langkah pertama, putar kunci kontak lalu starter hingga mesin mobil Avanza kalian menyala. 





2. Langkah kedua, lalu putar tuas blower AC dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian, jika ingin hembusan angin yang lebih kencang bisa posisikan pada angka yg lebih tinggi. 




3. Langkah ketiga, putar tuas kompresor AC secara perlahan dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian, jika ingin suhu yang lebih dingin atau sejuk kalian dapat memutarnya lagi ke arah kanan. 




Sebagai tambahan, sebaiknya jika mobil kalian berada di parkiran sampai membuat suhu dalam kabin terasa panas jangan langsung menyalakan AC. Karena dapat mengakibatkan AC berkerja secara ekstra bahkan dapat mengakibatkan kerusakan. 


Lalu bagaimana solusinya? Solusi yang pertama kalian dapat menurunkan kaca mobil sebatas talang air yang berada pada pintu agar sirkulasi udara di dalam kabin tetap terjaga dan panas tidak terperangkap. 


Solusi yang kedua kalian dapat terlebih dahulu menghidupkan blower ke posisi angka yang terakhir tetapi dengan catatan mesin mobil harus dalam kondisi menyala, jika dirasa panas sudah berkurang kalian dapat menurunkan hembusan blower sesuai kebutuhan lalu nyalakan kompresor AC sesuai kebutuhan. 
 


Demikian pembahasan kita kali ini semoga dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 






1 komentar:

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme