Apa Itu JDM? Berikut Penjelasannya!

 on Sabtu, 01 April 2023  

 Mengenal Arti JDM Dalam Dunia Otomotif




Pasti beberapa dari kalian pernah mendengar istilah JDM, tetapi masih ada yang belum paham apa itu JDM dan ada pula yang salah kaprah tentang arti JDM itu. Secara umum JDM berati Japanese Domestic Market. Atau dapat diartikan model mobil tertentu yang hanya dijual untuk pasaran Jepang saja dan tidak untuk dijual dipasaran negara lain.
 
 
Selain itu, ada sebagian orang yang menganggap bahwa JDM adalah model atau aliran modifikasi yang berasal dari negara Jepang. Agar kalian tidak bingung silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.
 
 

Mengenal Apa Itu JDM ? 

 
Istilah JDM sebenarnya adalah singkatan dari Japanese Domestic Market, yang mengacu pada mobil buatan pabrikan resmi yang hanya dipasarkan di negara Jepang saja. Biasanya jenis atau mobil JDM ini memiliki performa yang gahar serta mampu diajak melesat dikecepatan tinggi. Sehingga belum tentu legal untuk dikendarai di jalan umum jika dipasarkan di negara lain.
 
 
Maka dari itu, di negara kita Indonesia tidak mudah mendapatkan mobil JDM. Hal yang bisa dilakukan hanyalah memodifikasi kendaraan yang sudah ada dengan menggunakan sparepart JDM. Untungnya, suku cadang mobil JDM tidak hanya untuk pabrikan Jepang tersebut, tetapi juga dapat dipasang ke mobil dengan model yang sama dengan mobil JDM. Alhasil, konsep modifikasi seperti ini disebut dengan JDM look.
 
 
Perlu diketahui, ciri utama pada mobil-mobil JDM biasanya adalah memiliki performa dan kecepatan yang bisa dikatakan sangat tinggi.  Sebut saja Toyota Supra, Mazda RX-7, Mitsubishi Lancer Evo, Toyota AE86 hingga Nissan Skyline GTR.


Salah Kaprah Mobil JDM

 

Ada beberapa orang yang mengira bahwa JDM adalah segala merk mobil yang diproduksi pabrikan Jepang meski dipasarkannya ke berbagai negara di dunia. Ini adalah pernyataan yang salah. Mobil Jepang built up/CBU ada pula yang menyangka bahwa JDM adalah mobil yang diimpor secara utuh dan disebut made in Japan, padahal belum tentu juga dibuat di Jepang.


Menggunakan part mobil JDM hanya karena mobil modifikasi menggunakan komponen JDM pada sebagian atau seluruh sparepart nya, belum tentu juga bisa disebut dengan JDM tetapi bisa disebut dengan aliran modifikasi "JDM look".


JDM (Japanese Domestic Market) asli adalah kendaraan atau mobil-mobil yang di produksi dan khusus dipasarkan hanya untuk pasar domestik Jepang atau hanya dipasarkan di dalam negeri Jepang saja. Meskipun begitu, kalian bisa memiliki dan mengendarai mobil JDM dengan mendatangkannya melalui importir umum.


Apa Itu Modifikasi JDM?


Dalam perkembangan waktu saat ini, JDM memang menjadi salah satu aliran modifikasi yang mengedepankan penampilan kendaraan, performa dan kinerja mesin. Pasar JDM berkembang dengan menjual aneka komponen pendukung, misal turbocharger, aksesoris, velg dll. Ada beberapa merk dan komponen asli Jepang yang sering dipakai di pasar modifikasi JDM antara lain, HKS, Enkei, Tanabe dll.


Berikut ada beberapa aliran modifikasi ala JDM yang bisa kalian jadikan referensi untuk memodifikasi mobil kesayangan kalian.


1. Bosozoku

Elemen pada bosozoku ini adalah spoiler, splitter  depan yang menjulur melewati bagian depan mobil, body kit yang terkesan aneh dan menggunakan pipa knalpot yang panjang.
 
 
2. Kanjozoku
 
Aliran ini biasanya membuat mobil terlihat dan tampil seperti mobil balap lintasan.
 
 
3. Itasha
 
Aliran ini berasal dari istilah Jepang yang memodifikasi mobil yang menambah decal karakter anime, manga atau karakter dalam video game.
 
 
4. Hokkaido rally
 
Aliran ini mengubah tampilan mobil dengan ornamen rally Hokkaido  yang terkenal  di Jepang.
 
 
5. Kyusha
 
Aliran ini mengacu pada mobil Jepang lama dengan modifikasi yang minimal. Meski memakai mobil-mobil lama atau lawas, tetapi kondisinya sangat terawat dan ikonik pada masanya.
 
 
Sekian pembahasan kita kali ini tentang JDM dan pengertian JDM semoga bermanfaat bagi kalian agar tidak salah kaprah lagi tentang apa  yang dimaksud  dengan JDM.
 
 
Terima kasih telah berkunjung.      




 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme