Apa Itu Tuning Mobil? Dan Apa Saja Manfaatnya?

 on Jumat, 12 Mei 2023  

Tuning Pada Mesin Mobil




Tuning mesin, istilah tersebut pasti tidak asing bahkan ditelinga orang awam sekalipun. Istilah tuning khususnya untuk mesin mobil secara garis besar dapat diartikan sebagai memodifikasi bagian sektor mesin untuk mengoptimalkan kinerja mesin bahkan hingga batas maksimal mesin itu sendiri. 


Tuning mesin juga dapat diartikan proses upgrade dengan melakukan penggantian part internal mesin yang vital. Lalu apa saja part mobil yang bisa tuning?  Lalu apa saja dampak dari tuning itu sendiri? Untuk mengetahui jawabannya kalian dapat melihat penjelasannya dibawah ini. 


Beberapa part yang bisa di tuning


1. Ecu tuning


Engine Control Unit (Ecu) merupakan bagian komputer mobil yang sering dimodifikasi saat melakukan performance tuning didesain untuk merubah kerja fisik mesin dan sering kali membutuhkan perubahan yang sesuai pada parameter ecu untuk mencapai kinerja mesin yang optimal. 


2. Chip tuning


Chip tuning merupakan metode modifikasi ecu yang paling lama. Kebanyakan sistem kontrol mesin yang terdahulu menggunakan chip memori ROM khusus. 

Cara untuk memodifikasi chip tersebut dengan cara melepas chip yang ada pada ecu dan di program ulang kemudian di pasang kembali ke ecu, metode modifikasi ini disebut dengan chipping.


3. Flash tuning


Flash tuning atau yang sering disebut flashing adalah metode tuning yang tidak membutuhkan proses modifikasi secara fisik. Saat melakukan flashing re-program ecu dilakukan dengan berkomunikasi ke ecu menggunakan protokol khusus. 

Ecu yang dapat di flashing pertama kali muncul pada tahun 1996. Dengan menggunakan DLL J2534 yang dikombinasikan dengan software OEM memberikan akses untuk melakukan metode flash programming, namun kekurangan software flash tuning dapat membypas semua data yang ada di ecu. 


Manfaat tuning mobil


Selama tuning dilakukan dengan benar dapat meningkatkan performa mobil ke batas maksimalnya sehingga kalian dapat merasakan perbedaan mobil sebelum dan sesudah di tuning. Lalu apa saja manfaat tuning mobil? Untuk mengetahui jawabannya simak penjelasannya berikut ini. 


1. Peningkatan tenaga mesin


Mobil yang sudah di tuning bisa dipastikan performanya akan meningkat jika dibandingkan mobil yang sebelum di tuning. Tuning juga dapat menjaga performa mesin mobil agar tetap stabil dan bahkan sampai penggunaan jangka panjang.


2. Mengoptimalkan fungsi filter udara dan celah katup


Tune up pada mobil juga bermanfaat dalam memastikan komponen filter udara tetap berfungsi dengan baik. Seperti yang kita ketahui kurangnya perawatan pada filter udara dapat mengakibatkan filter udara tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.


Fiter udara yang bermasalah dapat menganggu kinerja mesin dan untuk mobil injeksi perlu dilakukan pemeriksaan dan pembersihan throttle body sebagai salah satu jenis perawatan mobil yang paling penting.


Selain filter udara, tune up juga berguna untuk pengecekan celah busi harus dibersihkan sehingga menjaga besaran api yang keluar. Interaksi busi dengan tekanan kompresi dapat menimbulkan ukuran celah busi berubah.

 



3. Memperpanjang usia pakai pada mobil


Tune up adalah solusi memperpanjang usia pakai mobil kalian. Hal ini dikarenakan tune up bisa menjaga performa mesin mobil agar seperti baru. Meski mobil kalian keluaran tahun lama, namun saat digunakan tenaganya tetap terjaga dengan baik jika rajin mengecek mesin melalui tune up

 



4. Meningkatkan kenyamanan saat berkendara


Mobil yang sering tune up sudah pasti nyaman saat dikendarai. Hal ini dikarenakan tune up memastikan performa mesinnya tetap baik. Selain nyaman mengendarai mobil yang sering di tune up terbukti aman. Bukan karena performa mesinnya saja yang baik tetapi juga tidak ada kerusakan komponen di bagian mesinnya dan pastikan bahwa mobil kalian rutin melakukan tune up agar saat berkendara kalian nyaman dan aman.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme