Masih Bingung Memilih Oli Untuk Toyota Avanza? Berikut Rekomendasi Terbaru Oli Yang Cocok Untuk Toyota Avanza

 on Kamis, 08 Juni 2023  

Rekomendasi Oli Untuk Toyota Avanza



 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.


Oli Mobil



Oli mesin adalah salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan khususnya mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin mobil dan merawat seluruh komponen dalam mesin dan juga menambah usia pakai mesin. Oleh karena itu penting untuk mengganti oli mesin secara berkala.


Salah memilih jenis oli akan menyebabkan mobil terasa tidak bertenaga dan bisa membahayakan mesin dalam jangka panjang. Oli mesin memiliki beberapa fungsi lain selain sebagai pelumas pada mesin. Lantas apa saja fungsi oli pada mesin mobil? Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasan dibawah ini.


Fungsi Oli Mobil


1. Sebagai Pendingin Mesin


Komponen mesin yang bekerja saling bersinggungan pasti akan cepat mengalami panas. Dengan keberadaan oli mesin, maka panas yang timbul dari singgungan antar komponen mesin dapat dikurangi. Lantas bagaimana oli bisa menjadi pendingin mesin?


Oli mendinginkan komponen mesin dengan cara bersirkulasi melalui setiap bagian dan menyerap panas untuk dikeluarkan dari mesin. Perlu diketahui bahwa panas yang timbul tidak hanya dari komponen yang saling bergesekan. Bisa juga dari panas yang diakibatkan oleh proses pembakaran dalam sistem kerja mesin mobil.


2. Sebagai Peredam 


Ada beberapa komponen mesin yang selalu mengalami gaya tekan cukup besar. Antara lain ball bearing, roda gigi, dan roda bearing. Tekanan yang diterima komponen tersebut termasuk sering dan mampu menciptakan kerusakan dan keausan.


Namun karena adanya oli pada mesin, maka tekanan akan disebarkan dan getaran akan terserap secara otomatis. Sehingga kondisi ball bearing, roda gigi, dan roda bearing pada mobil kalian bisa tetap prima sepanjang pemakaian mobil.


3. Mencegah Karat 


Gesekan yang sering terjadi beserta panas akan membuat komponen mobil lebih cepat berkarat jika tidak mendapatkan pelumasan oli sempurna. Karat juga dapat juga muncul karena komponen yang terbuat dari logam terkena air dan udara.


Jika proses pelumasan berjalan maksimal, maka permukaan mobil yang terbuat dari logam dapat terjaga dari karat atau korosi.


4. Sebagai Pembersih 


Oli yang melumasi berbagai komponen mesin dapat berfungsi sebagai pembersih. Sirkulasi oli juga membersihkan saluran-saluran agar tidak akan oleh butiran logam atau kotoran lainnya yang sudah terlanjur masuk kedalam mesin. Sehingga  tidak ada kotoran yang terus menerus mengendap didalam mesin.  



Rekomendasi Oli Untuk Toyota Avanza


1. Shell Helix HX7




Shell sudah terkenal dengan sejumlah produknya untuk perawatan mobil yang cukup berkualitas. Dan jika kalian mencari oli yang tepat untuk mesin Avanza kalian dapat menggunakan produk oli dari shell. 

Dengan teknologi Flexi Molecule, pelumas ini mampu memberikan perlindungan aktif sampai dengan ruang mesin yang sulit di jangkau sehingga kotoran hasil pembakaran di ruang mesin tidak menumpuk dan menjadi kerak. 


2. Castrol Magnetec 




Rekomendasi oli untuk Avanza berikutnya adalah Castrol magnetec. Dengan kandungan molekul aktif berteknologi self healing layer di pelumas ini, mampu membersihkan ruang mesin dari kerak sisa pembakaran serta melindungi dinding mesin dan silinder head dari gesekan setiap part mesin. 


3. Fastron Techno




Rekomendasi oli yang cocok untuk Toyota Avanza berikutnya adalah Fastron Techno, oli ini merupakan persembahan dari Pertamina. Oli ini merupakan pelumas mobil unggulan dengan aditif khusus berteknologi nano guard. 

Dengan teknologi tersebut memungkinkan pelumasan hingga bagian celah terkecil sehingga mampu membersihkan dan mendinginkan suhu mesin mobil dengan sempurna. 


Sekian pembahasan kita kali ini tentang rekomendasi oli untuk Toyota Avanza kalian. Semoga tips dan pembahasan ini bermanfaat. 

Terimakasih telah berkunjung. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme