Aki Mobil Avanza Tekor? Begini Cara Jumper Aki Mobil Yang Benar Terbaru!

 on Kamis, 17 Agustus 2023  

Cara Jumper Aki Toyota Avanza Yang Tekor




Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, pada tahun 1998/1999. Karena pada tahun tersebut mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.

Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.

Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.


Aki (Accu) Mobil


Accu (Aki) mobil adalah suatu komponen yang terpenting yang harus ada pada mobil. Dapat dikatakan kehadiran accu sangat penting untuk kinerja mobil kalian. Karena accu (aki) adalah sumber energi listrik sekaligus tempat penyimpanan energi listrik dinamis. 

Accu terdiri dari dua jenis yaitu aki kering dan aki basah. Berikut penjelasan singkat tentang aki kering dan aki basah. 


Aki Kering


Aki ini menggunakan gel untuk merendam sel-sel Aki sehingga Aki tidak mudah menguap. Aki kering ini dapat digunakan dalam jangka waktu kurang lebih 5 tahun. 


Aki Basah


Aki jenis menggunakan cairan elektrolit dalam merendam sel-sel aki. Aki berumur lebih pendek jika dibandingkan dengan aki kering yaitu berkisar 1 tahun, tetapi aki ini dapat dihidupkan kembali dengan cara mengisinya dengan air aki zuur dan demineral secukupnya.


Cara Jumper Aki Toyota Avanza


1. Langkah pertama, siapkan kabel jumper aki mobil kemudian, siapkan aki mobil yang masih dalam keadaan baik (bisa menggunakan aki dari mobil lain). 





2. Langkah kedua, pastikan posisi kunci kontak mobil dalam kondisi off dan pastikan posisi tuas perseneling dalam posisi netral. 





3. Langkah ketiga, kemudian pasang kabel jumper ke kutub positif aki yang tekor lalu, pasang kabel jumper ke aki donor atau ke aki mobil yang masih dalam kondisi baik. 





4. Langkah keempat, selanjutnya pasang kabel jumper ke kutub aki negatif aki yang tekor lalu, pasang juga kabel jumper ke aki donor. 





5. Langkah kelima, setelah kabel jumper terpasang semua selanjutnya stater mobil Avanza kalian setelah mesin mobil menyala, kalian dapat melepas kabel jumper negatif pada aki yang tekor lalu lanjut melepas ke aki donor, langkah melepas kabel jumper positif langkahnya sama seperti yang telah disebutkan tadi. 





Sekian pembahasan singkat kita kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme