Jangan Sampai Menyesal, Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Innova Reborn Berikut Ini!

 on Kamis, 10 Agustus 2023  

Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Kijang Innova Reborn



Toyota Kijang pertama kali dalam konsep BUV (Basic Utility Vehicle). Setelah beberapa generasi, akhirnya Toyota Kijang Berevolusi Menjadi Toyota Kijang Innova. Pada tahun 2004 Kijang Innova generasi pertama lahir. 

Kijang Innova generasi pertama ini menggunakan mesin 1 TR-FE 2000 cc VVT-i dengan tenaga 134 dk dan torsi sebesar 182 Nm. Untuk versi dieselnya D4D Direct Four Stroke Turbo Commonrail 2500 cc dengan kode mesin 2 KD-FTV menghasilkan tenaga 105 dk dan torsi 260 Nm. 

Pada tahun 2008 Toyota memberikan facelift pada Kijang Innova. Desain grill diberikan sentuhan krom dengan model empat garis horizontal, termasuk ubahan pada lampu utama, lampu belakang serta lekukan bumper yang terlihat modern. 

Pada tahun 2013 Kijang Innova meningkatkan sektor keselamatan yaitu dengan penambahan fitur dual SRS Airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner, dan force limiter untuk semua tipenya. 

Sementara untuk soal tampilan diberikan sentuhan baru dengan desain yang lebih lebar lengkap dengan bodykit underguard serta cover foglamp yang terlihat elegan. 

Pada tahun 2015 Toyota melakukan penyegaran secara total pada Kijang Innova dan diberi nama Innova Reborn. Untuk segi desain tidak ada lagi tampilan yang membulat pada bagian depan, seluruh bagian eksterior berubah total dibuat lebih padat serta dengan garis-garis kotak diseluruh body yang memberikan kesan gagah. 

Untuk sektor mesin ditawarkan dua jenis mesin yaitu 1 TR-FE 2000cc bensin dan mesin diesel 2 GD-FTV 2500cc lengkap dengan VNT intercooler. 


Kekurangan Toyota Kijang Innova Reborn


Bunyi Dengung Transmisi


Kekurangan yang sering dikeluhkan oleh pemilik Innova reborn adalah suara mendengung di bagian transmisi. Biasanya gejala ini terasa pada saat mobil melaju pada 60-80 km/jam. Suara dengung akan terdengar dari arah belakang mobil. 

Solusi untuk kekurangan tersebut dapat diatasi dengan penggantian oli gardan dan oli transmisi matic. Oli transmisi disarankan menggunakan oli ATF-WS merk Sainz kemudian oli gardan di ganti dengan merk Mobilube GL5 80w-90.


Transmisi Jeduk



Untuk kekurangan yang satu ini lebih sering ditemukan untuk Innova reborn ber transmisi matic. Biasanya gejala ini terasa jika kalian melakukan kickdown hingga gas mencapai rpm tengah. 

Ketika pedal gas dilepas, transmisi ini kerap menimbulkan jeduk rasanya seperti menggunakan engine break secara tiba-tiba dan jelas hal itu menyebabkan rasa yang kurang nyaman. 

Lalu bagaimana untuk Innova reborn manual? Untuk versi manual biasanya pengendara sulit untuk memindahkan gigi transmisi. Kekurangan-kekurangan tersebut sering ditemui baik Innova reborn bensin ataupun versi mesin diesel. 

Solusi untuk hal tersebut sama seperti poin yang telah kita bahas diatas yaitu dengan pergantian oli gardan dan oli transmisi. 


Filter Solar Bermasalah



Sebenarnya masalah ini bukan murni dari pabrikan melainkan kesalahan beberapa pemilik Innova reborn. Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena Innova reborn sudah menggunakan mesin diesel commonrail yang seharusnya menggunakan bahan bakar solar dengan kualitas baik. 

Jika menggunakan bahan bakar solar dengan kualitas yang dibawah standar pabrikan akan menyebabkan filter solar mengalami masalah. Disarankan bahan bakar minimal untuk Innova reborn adalah Dexlite. 

Jika menggunakan bahan bakar dibawah kualitas dari Dexlite filter solar akan cepat kotor dan mempengaruhi tekanan bahan bakar yang akan disuplai ke mesin selain itu juga berdampak buruk pada injector. 


Kelebihan Innova Reborn


Memiliki Kabin Luas Dan Nyaman


Ciri khas dari mobil MPV atau mobil keluarga adalah kabin yang luas dan dapat memuat 7 orang bahkan 8 orang. Selain lapang kabin Innova reborn juga terasa nyaman untuk perjalanan yang cukup jauh sehingga penumpang betah untuk berlama-lama di dalam mobil. 

Selain itu terdapat juga sandaran punggung dan paha untuk menopang postur tubuh dengan baik. Sehingga, walaupun menempuh perjalanan yang jauh akan tetap terasa nyaman. 


Mempunyai Tampilan Yang Modern


Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, mobil MPV Toyota yang satu ini terlihat lebih modern serta desain grill terlihat agresif yang memberikan kesan gagah. Tidak hanya itu untuk desain lampu belakang juga terlihat modern dan terkesan sporty. 


Mobil Yang Tangguh



Tidak hanya terlihat gagah secara tampilan namun Innova reborn juga tangguh melibas jalanan baik di jalanan aspal, berbatu dan bahkan jalan yang berlumpur. 

Hal itu berkat mesin dan penggunaan sasis ladder frame. Dimana sasis ini terbilang sangat kuat dan tahan lama. Jika mengalami kejadian yang tidak diinginkan sasis jenis ini mudah untuk diperbaiki. 


Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme