Pilih Innova Bensin Atau Innova Solar? Yuk Simak Perbandingannya Berikut Ini!

 on Senin, 14 Agustus 2023  

Perbandingan Innova Bensin Dan Innova Solar


Toyota Kijang pertama kali dalam konsep BUV (Basic Utility Vehicle). Setelah beberapa generasi, akhirnya Toyota Kijang Berevolusi Menjadi Toyota Kijang Innova. Pada tahun 2004 Kijang Innova generasi pertama lahir. 

Kijang Innova generasi pertama ini menggunakan mesin 1 TR-FE 2000 cc VVT-i dengan tenaga 134 dk dan torsi sebesar 182 Nm. Untuk versi dieselnya D4D Direct Four Stroke Turbo Commonrail 2500 cc dengan kode mesin 2 KD-FTV menghasilkan tenaga 105 dk dan torsi 260 Nm. 

Pada tahun 2008 Toyota memberikan facelift pada Kijang Innova. Desain grill diberikan sentuhan krom dengan model empat garis horizontal, termasuk ubahan pada lampu utama, lampu belakang serta lekukan bumper yang terlihat modern. 

Pada tahun 2013 Kijang Innova meningkatkan sektor keselamatan yaitu dengan penambahan fitur dual SRS Airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner, dan force limiter untuk semua tipenya. 

Sementara untuk soal tampilan diberikan sentuhan baru dengan desain yang lebih lebar lengkap dengan bodykit underguard serta cover foglamp yang terlihat elegan. 

Pada tahun 2015 Toyota melakukan penyegaran secara total pada Kijang Innova dan diberi nama Innova Reborn. Untuk segi desain tidak ada lagi tampilan yang membulat pada bagian depan, seluruh bagian eksterior berubah total dibuat lebih padat serta dengan garis-garis kotak diseluruh body yang memberikan kesan gagah. 

Untuk sektor mesin ditawarkan dua jenis mesin yaitu 1 TR-FE 2000cc bensin dan mesin diesel 2 GD-FTV 2500cc lengkap dengan VNT intercooler. 


Perbandingan Innova Bensin Dan Innova Diesel


Seperti yang kita ketahui Toyota Kijang Innova menjadi pilihan populer bagi keluarga di Indonesia sebagai kendaraan yang nyaman dan dapat diandalkan. 

Namun bagi sebagian orang masih bingung memilih Innova bermesin bensin atau bermesin diesel. Meski keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, bagi kalian calon pembeli penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor sebelum membeli mobil Innova. 

Dalam pembahasan kita kali ini akan dibahas mengenai perbandingan Innova bensin dan Innova diesel dan dapat membantu kalian dalam menentukan pilihan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 


1. Perbedaan Mesin Innova Bensin dan Innova Diesel



Perbedaan mesin Innova dapat dilihat dari bahan bakar yang digunakannya, dimana mesin bensin yang digunakan Innova menggunakan bensin yang didapatkan dari proses penyulingan minyak. 

Sementara itu mesin diesel pada Innova menggunakan bahan bakar yang lebih padat dan mengandung lebih banyak karbon yang dikeluarkan dari gas buang. 

Perbedaan lainnya adalah proses pembakaran bahan bakar. Mesin bensin menggunakan api yang dihasilkan oleh busi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar, sementara itu untuk mesin diesel memanaskan campuran bahan bakar dan udara hingga terbakar dengan kompresi yang tinggi. 


2. Efisiensi Bahan Bakar



Efisiensi bahan bakar pada Kijang Innova yang menggunakan mesin diesel dapat dikatakan lebih baik ketimbang Innova yang menggunakan mesin bensin. 

Hal tersebut dikarenakan karakteristik mesin diesel yang menggunakan sistem injeksi yang lebih canggih sehingga dapat menghasilkan lebih banyak tenaga dan torsi dari setiap bahan bakar yang masuk ruang pembakaran mesin. 

Maka dari hal tersebut kalian dapat lebih menghemat pengeluaran dalam jangka panjang dengan memilih Innova diesel. Tetapi, gaya berkendara juga dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar seperti kecepatan, beban yang dibawa mobil, dan kondisi jalan. 


3. Performa 



Mesin bensin dan mesin diesel memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dimana dari segi aspek tenaga dan torsi Innova diesel lebih besar ketimbang Innova bermesin bensin. Hal tersebut dikarenakan karakteristik pembakaran pada mesin diesel yang meningkatkan tekanan dan tenaga pada mesin. 

Tetapi dari aspek akselerasi, Innova bensin memberikan akselerasi yang lebih baik dan responsif dibandingkan dengan Innova diesel. Hal ini dikarenakan karakteristik mesin bensin yang bereaksi lebih cepat terhadap akselerator sehingga Innova bensin cocok untuk dijalan perkotaan karena pengendara membutuhkan akselerasi yang spontan dan cocok untuk stop and go. 

Meskipun mesin diesel memiliki akselerasi yang lebih lambat, tetapi memiliki torsi yang lebih besar ketimbang mesin bensin sehingga cocok untuk berkendara ke luar kota dan lebih mudah untuk melibas jalanan yang menanjak atau jalan pegunungan. 


Kekurangan Dan Kelebihan Innova Bensin Dan Innova Diesel


Setelah membaca penjelasan di atas sedikit banyak pasti kalian sudah mempunyai gambaran untuk memilih Innova bensin atau Innova diesel. Tetapi ada baiknya kalian mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan keduanya pada penjelasan berikut ini. 


Innova Bensin


Kelebihan : Akselerasi lebih cepat, biaya perawatan lebih murah (tidak jauh beda dengan Innova diesel), dan lebih mudah mendapatkan bahan bakar. 

Kekurangan : Bahan bakar lebih boros, torsi lebih kecil, dan kurang cocok untuk medan di pegunungan serta tanjakan. 


Innova Diesel


Kelebihan : Konsumsi bahan bakar lebih irit, torsi lebih besar, dan cocok untuk penggunaan keluar kota dan jalan pegunungan. 

Kekurangan : Harga lebih mahal, biaya perawatan lebih mahal (tidak jauh beda dengan Innova bensin), dan agak sulit mendapatkan bahan bakar khususnya pada daerah pedesaan. 

Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme