Sebelum Modifikasi Cumi Darat Kenali Dahulu Kekurangan Dan Kelebihannya Berikut Ini!

 on Minggu, 03 September 2023  

 Modifikasi Cumi Darat Pada Mobil Bermesin Diesel



Apakah kalian pernah mendengar istilah cumi darat? Kenapa disebut cumi darat? Istilah cumi darat adalah bahasa gaul yang sering digunakan untuk menggambarkan mobil bermesin diesel yang mengeluarkan asap hitam pekat dari knalpot. 

Saat ini justru banyak pengguna mobil bermesin diesel yang menginginkan mobilnya  lebih kencang dengan memodifikasi hingga mengeluarkan asap hitam pekat dari knalpotnya. 

Memodifikasi mobil diesel menjadi cumi darat memang dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pecinta otomotif yang ingin memiliki mobil berperforma tinggi. 

Lalu bagaimana caranya? Dan apa saja kekurangan dan kelebihan memodifikasi mobil diesel menjadi cumi darat? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini. 

Cara Modifikasi Mobil Bermesin Diesel Menjadi Cumi Darat


1. Kalibrasi Pompa Injektor


Pompa injektor memiliki peran vital dalam proses penyemprotan bahan bakar ke ruang pembakaran mesin. Seiring waktu pompa injektor akan semakin mengalami penurunan performa oleh karena itu perlu dilakukan kalibrasi ulang pada pompa injektor. 


2. Setel Turbo Dan Intercooler


Komponen turbo pada mesin diesel perlu disetel ulang untuk memperbanyak volume udara yang masuk ke ruang pembakaran mesin. Penyetelan turbo berguna agar udara yang dihisap ulang turbo menjadi lebih maksimal agar performa mesin meningkat. 

Begitupun intercooler berfungsi untuk mendinginkan udara yang dihisap oleh turbo sebelum masuk ke ruang pembakaran mesin. Jika semua proses tersebut berjalan dengan sempurna maka performa mesin diesel dapat meningkat. 


3. Remap Ecu


Remap ecu atau setting ulang ecu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa mobil diesel menjadi lebih bertenaga. Caranya dengan menggunakan software tertentu pada komputer untuk menyesuaikan daya maksimal yang kalian inginkan dan sampai ke batas maksimal mobil diesel kalian. 

Karena ecu standar pabrikan telah disetel dengan tingkatan batas tertentu dengan kata lain performa mesin diesel tidak sepenuhnya keluar. 


Kelebihan Dan Kekurangan Modifikasi Cumi Darat


Kelebihan dari memodifikasi mobil diesel menjadi cumi darat salah satunya adalah meningkatkan performa mesin. Kemudian torsi lebih terasa lebih galak dan terasa sangat responsif. 

Selain itu tarikan rpm bawah hingga rpm atas terasa lebih enteng serta meningkatkan akselerasi menjadi lebih baik. Hal ini tentunya sangat disukai oleh pecinta kecepatan terlebih saat berkendara ke luar kota tetapi jangan abaikan keselamatan kalian dan orang lain. 

Kekurangan modifikasi cumi darat pada mobil diesel salah satunya adalah emisi gas buang. Selain itu asap pekat yang ditimbulkan dapat membahayakan pengemudi yang ada di belakang. 

Selain itu jika kalian tidak sering memperhatikan sistem injeksi pada mobil diesel akan mengalami penyumbatan pada sistem injeksi, hal tersebut dikarenakan penyumbatan atau keausan maka aliran bahan bakar yang tidak tepat akan menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna sehingga dapat merusak komponen tersebut secara perlahan. 


Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme